Rocket Racoon merupakan salah satu anggota awal dari tim Guardians of the Galaxy bersama dengan Peter Quill, Gamora, Drax the Destroyer, dan Groot. Karakter Rocket Racoon diisi suaranya oleh Bradley Cooper, dan secara genetik Rocket merupakan seekor rakun yang memiliki implan siberkinetik atau robot di tubuhnya. Sebelum bergabung dengan tim GOTG, Rocket merupakan seorang mercenary alias tentara bayaran.

Rocket terkadang digambarkan menjadi pilot bagi Benathar dan juga ahli dalam berbagai hal urusan teknis. Selain muncul di trilogi Guardians of the Galaxy, Rocket juga muncul di film Avengers: Infinity War dan Endgame. Dengan kabar film ketiga yang akan dirilis, bagaimana dengan nasib Rocket? Apakah dia masih akan tetap hidup atau akan mati di film ketiga ini?

Guardians of the Galaxy 3 Akan Hadirkan Kematian Karakter

Proses produksi filmnya sendiri saat ini diketahui masih belum dimulai, tapi James Gunn sebagai sutradara filmnya sudah membagikan apa-apa saja yang bisa dinantikan oleh para penonton. Baru-baru ini, sang sutradara mengkonfirmasi pertanyaan seorang fan tentang karakter yang akan “dibunuh” di film ketiga nanti. Tapi, Gunn tidak menjelaskan secara detail apakah karakter major atau minor yang akan mati di film ketiga.

Beberapa fans berpendapat bahwa jawaban Gunn tersebut hanyalah sebuah pengalihan semata dan jawabannya belum tentu akan terbukti di filmnya. Sedangkan fans lain percaya bahwa ini merupakan pertanda dari akan adanya karakter awal yang menemui ajalnya – setelah sebelumnya Groot yang tewas di film pertama dan Gamora tewas akibat dikorbankan oleh Thanos demi mendapatkan Soul Stone.

Ini bukan pertama kali Gunn memberikan petunjuk bahwa akan ada karakter yang mati di film GOTG. Setelah Yondu, Groot, dan Gamora banyak yang beranggapan bahwa karakter selanjutnya yang akan tewas adalah Rocket Racoon.

GOTG 3 Akan Akhiri Cerita Rocket

Sejak muncul pertama kali pada 2014, Rocket sudah menjadi salah satu karakter favorit dari para fans MCU. Rocket memiliki teman dekat yaitu Groot, dan bagi Groot, Rocket sudah dianggap sebagai sosok ayahnya. Sejauh ini, Gunn dan Marvel masih belum banyak mengeksplor tentang masa lalu Rocket meskipun di filmnya diperlihatkan bahwa Rocket menghadapi sebuah trauma dari masa lalu.

Setiap film yang menampilkan Rocket selalu memperlihatkan bagaimana perubahan dari sikap Rocket. Perubahan karakter dari Rocket yang paling terasa adalah ketika dia muncul di film Infinity War, dimana dia mau membantu Thor dan menenangkannya, juga tidak ragu untuk menolong dan menenangkan Nebula di film Endgame.

Rocket mungkin ahli dalam hal persenjataan dan taktik, tapi yang membuat Rocket menjadi favorit para fans adalah dukungan emosional yang dilakukannya kepada karakter lain. Dan GOTG 3 kemungkinan menjadi cerita terakhir bagi perjalanan Rocket.

Mengapa Rocket Menjadi Karakter Yang Mungkin Mati di GOTG 3?

Seperti yang disebutkan di atas, Gunn tidak menyebutkan apakah karakter major atau minor yang akan tewas. Artinya Rocket hanya merupakan salah satu kandidat yang kemungkinan tewas di film ketiga. Ada berbagai alasan mengapa Rocket masuk dalam daftar tersebut, dan memiliki peluang yang cukup tinggi.

Marvel akhir-akhir ini harus kehilangan beberapa bintang besarnya, seperti Chris Evans dan juga Robert Downey Jr. yang memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya. Scarlett Johansson juga kemungkinan akan mengakhiri perannya sebagai Black Widow, setelah film solonya rilis. Marvel sepertinya masih belum mau melepas Chris Pratt sebagai Peter Quill. Groot sudah diperlihatkan tewas sebelumnya, jadi kemungkinan Groot untuk tewas sangatlah kecil.

Gamora juga diceritakan sudah mati, sebelum kemudian dia kembali muncul dalam versi tahun 2014 atau versi yang lebih muda. Sisanya adalah Drax, dan meskipun Drax adalah karakter yang populer – berkat karakternya yang dianggap lucu – kematian Drax rasanya tidak akan memiliki efek yang mendalam seperti kematian Rocket.

Gunn pernah mengatakan bahwa dibandingkan dengan seluruh tim GOTG yang ada, Rocket adalah yang paling relate dengan hidupnya dan merupakan karakter yang spesial baginya. James Gunn juga kemungkinan akan menghadirkan cerita masa lalu Rocket, yang selama ini masih menjadi misteri. Dan setelah semuanya dianggap “selesai,” mengakhiri kisah tentang Rocket secara epik dan menyentuh tidak diragukan lagi menjadi impian bagi James Gunn.

Bagaiamana Cara Membunuh Rocket di GOTG 3

Hampir tidak mungkin untuk memprediksi bagaimana filmnya membunuh karakter seperti Rocket Racoon. Tapi, skenario yang paling memungkinkan adalah seperti halnya Yondu yaitu dengan mengorbankan dirinya sendiri demi menyelamatkan tim Guardian. Mungkin, tim Guardians akan terlibat dalam sebuah konflik galaksi besar yang memaksa Rocket untuk mengorbankan nyawanya.

Kematian Rocket dengan cara mengorbankan diri tentu akan sangat berkesan bagi para penonton. Diperkenalkan sebagai sosok yang egois dan hanya memikirkan keuntungan atas apa yang dia lakukan, Rocket mulai peduli terhadap orang lain. Dimulai dari Groot, Thor, dan Nebula, Rocket perlahan mulai peduli terhadap tim tersebut. Selain akan terlihat heroik, kematian Rocket dengan cara mengorbankan dirinya akan memperlihatkan seberapa besar karakter tersebut berkembang sejak penampilan pertamanya di MCU.