Menghadirkan akhir cerita dari game The Last of Us 2 memang bukan merupakan perkara yang mudah, apalagi game ini menjadi follow up dari game sebelumnya, dan juga harus bisa menghadirkan sebuah cerita yang berbeda dari usaha balas dendam Ellie. Beruntung, sepertinya Naughty Dog berhasil menghadirkan kisah yang cocok untuk menjadi akhir di game The Last of Us 2 bagi para para karakternya.

Rangkuman Cerita Akhir The Last of Us 2

Setelah Abby meninggalkan Ellie yang sekarat dalam pertarungan mereka di Seattle, Ellie kemudian berhasil kembali ke rumah dan memulai sebuah hidup yang baru bersama Dina. Setting waktu kemudian berjalan menuju 18 bulan kemudian, dimana para pemain diperlihatkan jika Ellie dan Dina memiliki seorang anak yang bernama JJ (nama yang kemungkinan digunakan untuk menghormati Joel dan Jesse). Mereka tinggal di sebuah peternakan yang tidak jauh dari wilayah Jackson.

Semuanya nampak bahagia dan normal untuk Ellie, sampai kemudian diketahui bahwa Ellie masih menderita trauma berat akibat peristiwa pembunuhan Joel. Ellie tidak mampu mencari cara untuk menghilangkan trauma tersebut selain dengan menghabisi nyawa Abby dengan tangannya sendiri. Kunjungan Tommy ke rumah Ellie, yang kemudian mengabarkan dimana lokasi dan posisi dari Abby dan Lev berada, menjadi memicu Ellie untuk kembali berpetualang memburu Abby meskipun Dina tidak setuju.

Di sisi lain, Abby dan Lev berhasil menemukan keberadaan Fireflies yang kembali dibangun yang berada di Santa Barbara. Tapi, di tengah perjalanan mereka disergap oleh kelompok tentara bayaran bernama The Rattlers. Beberapa bulan kemudian, Ellie akhirnya tiba di sebuah tempat yang ternyata adalah markas Rattler. Disana Ellie kemudian menemukan Abby dan Lev yang berusaha untuk kabur, Ellie sempat berpikir untuk mennyelamatkan mereka tapi bayangan Joel muncul yang akhirnya membuat Ellie tidak jadi membantunya.

Keduanya kemudian bertarung dan Ellie berhasil menang atas Abby dan dia hampir saja membuat Abby terbunuh, sampai kemudian dia kembali teringat akan wajah Joel. Akhirnya Ellie membiarkan Abby pergi bersama Lev dengan menggunakan sebuah kapal. Ellie kemudian kembali pulang dan dia melihat bahwa rumahnya sudah dalam keadaan kosong, selain bagian studio dan lukisannya. Dia kemudian mengambil gitar dan memainkannya sambil muncul kembali ingatan tentang pertarungannya dengan Abby.

Satu malam sebelum kematian Joel, Ellie sempat mengunjungi rumah Joel dan berbicara dengannya karena terus menggangu hidupnya setelah dia memutuskan untuk pergi, setelah mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dengan Fireflies bertahun-tahun yang lalu. Setelah ingatan tentang Joel selesai, Ellie kemudian menyimpan kembali gitarnya dan kamera kemudian bergeser ke arah luar yang memperlihatkan Ellie kembali ke dunia luar.

Penjelasannya

Jadi, apa maksud semua itu? Meskipun Geeks dan para fans lainnya memiliki asumsi sendiri, tapi berikut adalah garis besarnya. Di sepanjang game, para pemain diarahkan untuk percaya bahwa pertemuan terakhir Ellie dengan Joel sebelum kematiannya merupakan sebuah konfrontasi, dimana Ellie marah karena Joel menolak untuk menerima bahwa pertemanan diantara mereka sudah selesai.

Sejauh yang kita ketahui, Ellie belum memaafkan apa yang dilakukan oleh Joel di game pertamanya, yang mana hal itu menjelaskan mengapa Ellie begitu bernafsu untuk membalas dendam kepada Abby. Jauh di lubuk hatinya, Ellie marah pada dirinya sendiri karena dia tidak meluruskan semua masalah yang terjadi antara dirinya dan Joel, yang merupakan sosok ayah bagi Ellie, sebelum semuanya terlambat.

Di sisi lain, dalam adegan flashback terakhir tersebut mengungkapkan bahwa Joel tidak begitu khawatir bahwa dia akan kehilangan Ellie untuk selamanya. Justru, Ellie memilih untuk memulai proses memaafkan Joel, sebelum Ellie dan WLF mengambil semua kesempatan tersebut. Hal itu juga semakin mempertegas dan membuat para fans paham bagaimana Ellie begitu membenci sosok Abby.

Ellie juga kemudian diberikan pilihan sulit pada masa sekarang, ketika Ellie akan membuat Abby mati tenggelam dan kemudian memori Joel kembali muncul. Hal itu mengingatkan Ellie bahwa dia mampu memberikan ampunan. Dia bisa menghormati kenangan tentang temannya dengan jauh lebih baik darinya, yaitu dengan mengampuni orang yang sudah membunuh rekannya. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa Ellie sudah melampaui masa berat dan masa trauma dalam hidupnya, dan Ellie mulai melangkah dengan kehidupan yang baru.

Apa Yang Terjadi Kepada Abby dan Lev?

Setelah apa yang dilakukan oleh Ellie, Abby akhirnya mampu kabur dari kejaran Rattlers bersama Lev dengan menggunakan sebuah perahu. Meskipun keduanya dalam keadaan terluka, sepertinya Abby masih bisa kembali berkumpul dengan Fireflies dan berhasil menghubungi yang lain sebelum mereka ditangkap oleh the Rattlers.

Jika Geeks kembali melihat ke menu utama setelah berhasil menyelesaikan semua misi, kita kan melihat sebuah pantai yang bukanlah pantai biasa melainkan pantai dari pulau San Catalina. Disanalah Firefly mengatakan kepada Abby melalui radio untuk pergi, karena disana juga markas Firefly berada. Dan dengan adanya perahu di pinggir pantai, bisa diartikan bahwa Abby dan Lev berhasil selamat.

Dimana Dina?

Seperti yang dijelaskan di atas, ketika Ellie kembali setelah bertarung melawan Abby, rumah yang ditempati oleh Ellie sudah kosong kecuali untuk bagian studio. Tidak diketahui kemana Dina dan JJ pergi. Tapi, kemungkinan besar Dina dan JJ kembali ke Jackson setelah Ellie memutuskan untuk pergi ke California dan membalas dendam kepada Abby.

Pertanyaannya kemudian adalah apakah Dina akan memafkan Ellie yang sudah meninggalkannya, dan memutuskan untuk pergi ke Californa demi memburu sosok Abby. Apapun yang terjadi kemudian, dengan kamera yang memperlihatkan Ellie kembali ke dunia luar memberikan petunjuk bahwa dia juga sepertinya akan kembali ke Jackson, dan kemungkinan dia tidak akan lagi mengalami trauma apapun dan hidup bahagia.

Apakah Ini Merupakan yang Terakhir?

Kabar baik buat para Geeks yang menjadi fans dari gamenya, karena kabarnya Naughty Dog sudah mempersiapkan sebuah mode multiplayer yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan. Karena belum ada informasi apapun tentang gamenya, dan dengan dirilisnya PS5 dalam waktu dekat, kemungkinan mode tersebut akan bisa dilakukan dalam mode lintas generasi konsol.

Cerita tentang Ellie dan Joel mungkin sudah berakhir, tapi Naughty Dog masih memiliki pintu kesempatan untuk menghadirkan kisah tentang Abby dan Lev. Kemungkinan lainnya, dalam catatan harian Ellie dia mengungkapkan bahwa dia pergi melewati Las Vegas untuk menuju California, dan berhasil bertahan dengan apa yang dia bawa saja.

Dengan cerita time-skip selama berbulan-bulan ketika Ellie pergi ke California, Naughty Dog mungkin bisa mengangkat cerita tentang apa yang terjadi kepada Ellie dalam perjalanannya. Bisa juga cerita tersebut jadi bagian dari DLC gamenya. Intinya, Naughty Dog masih memiliki banyak kesempatan jika memang ingin menghadirkan kembali game terbaru dan cerita terbaru,