Para mutan yang memiliki level Omega tentunya memiliki kemampuan yang beragam, seperti Iceman yang bisa membekukan bahkan sampai ke tingat partikel. Tapi, satu kekuatan yang bisa dianggap istimewa oleh para mutan dengan level Omega adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk memanipulasi realita (reality-warpers). Mereka adalah para mutan yang mampu mengubah atau menciptakan sebuah realita yang sesuai keinginan mereka.

Kemampuan menciptakan universe atau realita ini sudah pernah diperlihatkan bisa membantu multiverse Marvel yang terancam hancur, meskipun dalam sebagian cerita juga diperlihatkan bahwa kemampuan ini bisa mengancam multiverse. Berikut adalah beberapa mutan dengan level Omega yang bisa memanipulasi realita dan pernah membuat sebuah universe.

Jamie Braddock

Keluarga Braddock merupakan sebuah keluarga yang berisi para superhero hebat dan juga populer. Contohnya adalah Brian Braddock dan Elizabetj Braddock yang pernah menjadi Captain Britain, pelindung wilayah Inggris Raya dan seluruh Omniverse. Sayangnya, kakak dari saudara kembar tersebut, Jamie Braddock, adalah seorang mutan dengan level Omega dengan kemampuan untuk bisa memanipulasi realita kuantum (quantum strings of reality) dan pernah mencari ancaman bagi Excalibur dan seluruh Marvel Universe yang kemudian berujung pada kematiannya.

James Braddock kemudian kembali hidup setelah dibangkitkan di pulau Krakoa, dan baru saja kembali hidup James hampir saja berhasil mengambil alih kerajaan Avalon. Ketika kelompok Excalibur mencoba bertarung menghadapi Jamie, dia kemudian merusak realita yang ada dan menciptakan sebuah pecahan atau fragmen baru dari universe yang ada untuk para anggota Excalibur.

Hal itu membuat karakter seperti Jubilee, Gambit, Rictor, dan Rogue yang belum pernah menjadi pelindung universe, kini merasakan tugas tersebut. Mereka kemudian berubah menjadi Captain Britain versi universe mereka masing-masing, dan hal ini meciptakan sebuah ketidakstabilan realita yang ada.

X-Man

Nate Grey atau biasa disebut sebagai X-man merupakan mutan yang berasal dari sebuah realita alternatif bernama Age of Apocalypse. Nate Grey merupakan anak dari Scott Summer dan Jean Grey, yang mana membuat Nate menjadi sosok yang sangat luar biasa kuat. Setelah kabur dari universe utama Marvel, Nate Grey kemudian menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencari tempatnya di realita mainstream.

Setelah bertahun-tahun X-Men mengalami kegagalan dan kematian, akhirnya Nate muncul dengan kekuatan Celestial Life Seed dimana dia bisa menciptakan sebuah realita yang sesuai dengan keinginannya. Dia menciptakan sebuah dunia yang tidak mengenal kebencian, dan semua yang tinggal di universe tersebut adalah mutan. Tapi, retakan yang ada di universe tersebut membuat dunia yang diciptakan Nate hancur lebur. Para X-Men kemudian kembali ke realita mereka, tapi Nate memutuskan untuk tetap berada di universenya bersama Magneto versi Age of X-Man sambil mencoba menciptakan realita yang lebih baik.

Legion

David Haller adalah anak dari Professor Charles Xavier yang kemudian dikenal sebagai mutan dengan level Omega bernama Legion. Dengan bagian otaknya yang mengalami gangguan, Legion memiliki banyak kepribadian dan masing-masing kepribadian tersebut juga sangatlah kuat. Legion sebenarnya menjadi salah satu pihak yang bertanggung jawab atas dibuatnya Age of Apocalypse dan juga Age of X, dimana para X-Men diperlihatkan sebagai orang terakhir yang selamat dari Fortress X, dan terpaksa untuk terus berperang demi keselamatan mereka.

Ketika para mutan Fortress of X berusaha untuk bisa menang melawan manusia, Magneto dan tim X-Mennya berusaha mencari berbagai titik lemah dari universe yang mereka tinggali. Dan akhirnya diketahui bahwa Legion sudah mempersiapkan sebuah kekuatan baru dalam sosok Moira McTaggert. Moira berusaha untuk menciptakan sebuah dunia dimana Legion bisa menjadi seorang pahlawan yang selalu dia inginkan. Hal itu membuat realita dari Age of X menghilang dan para X-Men yang selamat masih menyimpan memori tentang Age of X.

Franklin Richards

Franklin Richards merupakan anak dari pasangan Reed Richards dan Sue Richards. Sebagai anak dari pasangan yang sangat luar biasa ini, Franklin kemudian dianggap sebagai mutan paling kuat dan paling berbahaya di seluruh jagat Marvel. Dia termasuk dalam mutan dengan level omega, yang merupakan level kekuatan tertinggi dalam klasifikasi mutan di Marvel Universe.
Dia pernah menciptakan berbagai dimensi kecil atau pocket dimension. Ketika keluarganya dan seluruh Avengers tewas karena dibunuh oleh Onslaught, Franklin kemudian menciptakan kembali mereka dalam sebuah bumi buatan yang tersimpan di dalam bolanya. Bahkan dia juga membuat sebuah dimensi yang dia simpan di dalam lemari pakaiannya.