Meskipun banyak pilihan game yang telah diumumkan untuk PlayStation 5, tetapi tidak banyak dari game-game tersebut yang dikonfirmasi untuk mendukung cross-gen (dapat dimainkan juga di PS4). Karena perilisan PlayStation 5 sudah semakin dekat, dan Sony menjanjikan bahwa konsol terbaru ini akan rilis pada musim liburan mendatang tentunya kita akan semakin banyak mendapatkan update terbaru mengenai game-game tersebut.

Pada tanggal 11 Juni, Sony mengadakan acara Future of Gaming, dengan meluncurkan detail menarik tentang perangkat keras dan spesifikasi PlayStation 5. Acara ini tidak hanya memberi para pemain first look akan konsol terbaru Sony, tetapi juga memamerkan sejumlah judul game yang mengesankan yang akan muncul di PlayStation 5, termasuk kejutan dari game baru seperti Stray dan kembalinya Grand Theft Auto 5.

Masih ada banyak informasi yang akan diungkapkan tentang PlayStation, dan Sony mengatakan bahwa mereka akan mengadakan beberapa acara lagi yang berfokus pada PlayStation 5 dalam beberapa bulan mendatang. Namun, beberapa game sebelumnya telah diumumkan bahwa dapat dimainkan di PlayStation 4 dan PlayStation 5. Kabarnya lagi akan ada banyak game baru yang akan menyusulnya di masa depan.

Game Rainbow Six Siege dari Ubisoft telah dikonfirmasi mendukung sistem cross-gen, yang berarti akan dapat dimainkan di PlayStation 4 dan PlayStation 5 nantinya. Game Outriders juga kemungkinan akan tersedia untuk PlayStation 4 dan PlayStation 5, mengingat jadwal rilisnya yang jatuh pada musim liburan akhir tahun ini. Kotaku juga sempat melaporkan bahwa seri Call of Duty berikutnya juga akan dapat dimainkan di dua generasi yang berbeda. Selain itu ada beberapa game lainnya seperti Destiny 2, Quantum error, Dustborn, Planet Coaster: Console Edition, dan Fortnite yang akan tersedia.

Para pengembang tentunya ingin membuat game mereka tersedia bagi para pemain di kedua generasi konsol, yang tentu saja bertujuan untuk memaksimalkan potensi pendapatan penjualan.