Di bagian kedua dari arc Wanokuni kita dibuat kaget dengan kemunculan agen CP0 di wilayah tersebut. Ternyata tujuan utama mereka datang ke wilayah tersebut adalah untuk transasksi jual beli senjata, yang mana agen CP0 akan membeli persenjataan dari Kaido dan Orochi. Sebelum mereka pergi menemui Orochi dan Kaido, para agen CP0 biasanya membeli senjata dari Joker alias Doflamingo.

Tapi, mereka akhirnya terpaksa membeli senjata dari Kaido dan Orochi setelah Dofy berhasil dikalahkan oleh Luffy dan Law, dalam arc Dressrosa. Tapi, yang kemudian menjadi pertanyaan adalah mengapa pilihannya harus membeli dari Kaido dan Orochi? Mengapa agen pemerintah harus membeli senjata dari bajak laut? Bukankah pihak angkatan laut memiliki teknologi persenjataan yang lebih baik?

Pemerintah Dunia memang bisa dipastikan memiliki teknologi dan suplai senjata yang sangat banyak. Teknologi dan suplai senjata mereka biasanya digunakan oleh angkatan laut, dan tidak perlu membeli dari bajak laut. Ada kemungkinan, senjata-senjata yang dibeli CP0 dari Wano memang tidak akan digunakan oleh angkatan laut atau agen dari Pemerintah Dunia. Senjata tersebut akan digunakan oleh faksi rahasia yang didukung oleh Pemerintah Dunia.

Pemerintah Dunia dan Pasukan Revolusi sampai saat ini masih melakukan perang secara tertutup, alias perang proxy atau perang dengan menggunakan pihak ketiga. Kedua kubu tersebut akan melindungi pihak-pihak yang mendukung mereka, dan akan menghancurkan pihak yang menentang mereka. Bukan dengan menghancurkan secara langsung, melainkan dengan adanya penggulingan atau kudeta dan revolusi.

Oleh karena itu, tidak jarang kedua kubu yang berperang ini mengirimkan senjata atau pejuang mereka ke pihak sekutu atau pihak yang mendukung mereka. Ini juga yang menjadi alasan mengapa Pasukan Revolusi menyimpan banyak sekali senjata di markas mereka. Karena Pemerintah Dunia seharusnya tidak ikut campur dalam urusan berbagai negara atau kerajaan, mereka meminta suplai senjata dari Doflamingo secara diam-diam, dan setelah Doflamingo dikalahkan, kemudian Pemerintah Dunia membeli senjata dari Kaido dan Orochi.

Hal itu yang mendorong Pasukan Revolusi untuk mencoba mencari jejak asal senjata yang dijual oleh Doflamingo. Mereka menyadari bahwa senjata buatan Doflamingo digunakan dalam jumlah besar oleh musuh-musuh mereka. Pasukan Revolusi berpikir jika mereka bisa menghancurkan sumbernya, maka hal itu akan menjadi sebuah keuntungan ketika menghadapi Pemerintah Dunia. Dan kemenangan sekarang ada di tangan Pasukan Revolusi, pasca Doflamingo tewas yang memaksa CP0 membeli senjata dari sang villain Kaido dan Orochi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.