Para Yonko dalam cerita One Piece selalu menjadi hal yang menarik. Dengan kekuatan yang mereka miliki, kekuasaan yang mereka miliki, Yonko bisa dibilang adalah kumpulan karakter terkuat dibawah sang raja bajak laut Gol D. Roger. Berbicara mengenai Yonko, ada hal menarik di arc Wanokuni yang sedang berlangsung saat ini dimana dua Yonko membentuk aliansi untuk menghadapi Luffy.

Mereka adalah Kaido dan Big Mom. Keduanya dulu sama-sama pernah menjadi rekan satu kapal di kelompok bajak laut Rocks, bersama dengan Whitebeards, Shiki, dan masih banyak lainnya. Sekarang, baik Big Mom ataupun Kaido, sudah memiliki pasukan yang sangat besar dan jabatan yang sama yaitu sebagai penguasa lautan. Meskipun sama-sama Yonko, tentu ada perbedaan dari keduanya terutama dari kemampuan dan kekuatan.

Lalu, jika keduanya saling bertarung siapa yang akan menang? Sebenarnya mereka pernah saling bertarung, yang diperlihatkan di beberapa chapter sebelumnya ketika Big Mom diculik dan dibawa ke Onigashima. Pertarungan tersebut berakhir imbang, dan bisa dibilang pertarungannya tidak selesai. Karena, sebelum pertarungan selesai Kaido sudah mengajukan penawaran untuk bekerja sama menangkap Luffy.

Bukti ini Menunjukkan Big Mom Terkuat

Sebagian besar para fans One Piece beranggapan bahwa Kaido mungkin lebih kuat dibandingkan Big Mom, khususnya dalam kekuatan fisik. Tapi, sebenarnya Big Mom memiliki kekuatan yang banyak diremehkan oleh banyak orang. Contohnya adalah ketika Big Mom masih kecil. Big Mom berhasil mengalahkan seorang raksasa berusia 300 tahun, tanpa ada bantuan buah iblis.

Kemudian satu-satunya momen ketika Big Mom terluka adalah ketika dia kehilangan kendali akan kemampuan Hakinya dan dia merasa frustasi. Itu artinya dia tidak pernah terkalahkan sampai saat ini. Big Mom juga memakan Mother Caramel yang merupakan pengguna buah iblis Soru Soru, yang berakibat pada akhirnya Big Mom menjadi pemilik selanjutnya dari buah iblis tersebut.

Hal itu menunjukan bahwa kekuatan yang dimiliki oleh Big Mom sangatlah dahsyat, tapi sayangnya kemampuannya dianggap remeh dibandingkan kemampuan Kaido. Padahal, kekuatan Big Mom juga diakui oleh Roger, seperti yang diperlihatkan dalam flashback Oden dimana Roger lebih memilih untuk mencuri Poneglyph yang dimiliki Big Mom dibandingkan dengan menghadapinya.

Tapi, yang paling menjadi sorotan adalah apa yang diucapkan oleh Big Mom kepada Kaido, dimana Big Mom menyebutkan bahwa Kaido berhutang nyawa terhadapnya. Mungkin saja Big Mom pernah menyelamatkan Kaido dari sesuatu yang tidak bisa dikalahkan. Jika Big Mom bisa menyelamatkan Kaido artinya Big Mom lebih kuat dari Kaido. Hal ini diperlihatkan dalam chapter 907.

Menariknya lagi, di chapter 907 Luffy pernah mengatakan bahwa setelah dia mengalahkan Kaido, target selanjutnya adalah Big Mom. Artinya Kaido memang bisa dikalahkan oleh Luffy lebih dulu, sedangkan Big Mom butuh usaha yang ekstra. Kita juga tahu bahwa Kaido sendiri pernah dikalahkan sebanyak 7 kali di masa lalu, dan bisa saja sosok yang mengalahkannya salah satunya adalah Big Mom (pertarungan yang terjadi antara Big Mom dan Kaido sebelum di Onigashima).

Jadi, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya Big Mom memiliki kekuatan yang lebih kuat dari Kaido. Ajakan Kaido untuk bekerja sama ketika mereka bertarung di Onigashima, mungkin juga menjadi petunjuk bahwa Kaido sadar bahwa dia tidak akan menang melawan Big Mom. Sehingga dia memilih untuk bekerja sama, sambil mencari cara mengalahkannya. Bagaimana menurut kalian Geeks? apakah kalian setuju?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.