Apa jadinya jika seorang manusia biasa memiliki cerita masa lalu yang sama dengan cerita masa lalu Clark Kent alias Superman? Itulah yang coba DC Comics tampilkan dalam komik Superman #32 dan cerita “The Men of Tomorrow” yang menjadi bagian dari New 52. Ulysses merupakan karakter DC Comics yang cerita masa lalunya sama dengan Superman.

Dikisahkan bahwa kedua orang tua Ulysses yang digambarkan sebagai ilmuwan hebat, memprediksi bahwa bumi akan hancur. Oleh karena itulah, dia kemudian mempersiapkan sebuah roket khusus untuk anaknya agar dia selamat dari kehancuran bumi. Kedua orang tua Ulysses mengarahkan roket tersebut ke dunia yang baru, dunia yang belum pernah terjamah manusia.

Ternyata dunia tersebut bernama Great World, yang berada di dimensi keempat. Ulysses sendiri sebenarnya adalah nama yang diberikan setelah dia berada di Great World. Sebelumnya, Ulysses memiliki nama asli Neil. Karakter Ulysses sendiri diciptakan oleh Geoff Johns dan John Romita, Jr. sebagai bagian dari komik Superman versi New 52.

Di volume #32, diceritakan Ulysses yang sudah dewasa kembali ke bumi. Berkat kekuatan yang dia miliki, Ulysses kemudian menjadi asisten bagi superman ketika menghadapi ancaman dari luar bumi yaitu seorang villain kuat bernama Klerik. Klerik sendiri ternyata diketahui berasal dari dunia Ulysses, Great World di dimensi keempat. Ulysses benar-benar takjub dengan bumi, dan kaget karena ternyata bumi tidak hancur seperti yang dia bayangkan dulu.

Meskipun Ulysses sangat kuat, dia nyatanya masih tetap meminta bantuan Superman untuk memandunya dan membantunya mengendalikan kekuatan supernya. Saat Superman mencoba mencari tahu latar belakang Ulysses, Superman mempertemukannya dengan kedua orang tuanya, dan mengkonfirmasi cerita latar belakang Ulysses.

Menurut kedua orang tuanya, mereka adalah sepasang ilmuwan yang bekerja di sebuah tempat rahasia bawah tanah. Di tempat tersebut pasangan suami istri ini sedang mengerjakan proyek yang berkaitan dengan dimensi paralel. Tapi, secara tidak sengaja insiden muncul di tempat kerja mereka dan beranggapan bahwa bumi akan hancur pada saat itu.

Mereka kemudian mengirimkan anaknya, Neil (Ulysses), ke sebuah dimensi yang belum tereksplor sampai kemudian Neil ditemukan oleh salah satu penghuni di dimensi tersebut dan Neil pun diberi nama Ulysses oleh makhluk tersebut. Dengan Neil yang menjadi bagian dari keluarga alien dan dia tinggal di dimensi lain, hal itulah yang kemudian memberikan Neil alias Ulysses kekuatan super.

Dengan Klerik yang sudah berhasil dikalahkan, Neil kemudian memilih untuk tinggal di bumi dan menjadi rekan Superman dalam menghadapi ancaman yang datang ke bumi. Tapi, perlahan Superman mulai mengetahui siapa Neil alias Ulysses yang sebenarnya.  Ulysses yang pada kenyataannya membenci manusia karena ketamakan mereka, keegoisan mereka, dan juga perilaku mereka , kemudian menawarkan kepada enam juta orang untuk ikut bersamanya ke dimensi keempat.

Ketika pesawat yang dia tumpangi penuh, fakta mengejutkan lainnya pun muncul. Ternyata Ulysses bukanlah pahlawan melainkan villain yang menyamar. Dia bertarung melawan Superman, dan berhasil mengalahkan Superman dan mengurungnya di penjara. Great World sendiri ternyata ditenagai oleh sebuah inti yang butuh untuk diganti setiap satu dekade.

Ulysses ternyata perwakilan dari Great World untuk mencari dunia atau planet yang bisa dijadikan sumber tenaga bagi planetnya. Klerik sendiri ternyata bukan musuh abadi dari Ulysses, melainkan ayahnya atau orang yang menemukan Ulysses di dimensi keempat. Mereka berdua ternyata hanya berpura-pura, dan sudah sering melakukan hal itu setiap kali berkunjung ke sebuah planet. Pertarungan tersebut sengaja dilakukan demi mendapatkan kepercayaan dari penduduk bumi.

Namun, dengan orang tua asli Neil yang ada di pesawat itu juga, akhirnya ia berhasil meyakinkan Neil untuk kembali ke bumi dan membebaskan Superman. Apa yang dilakukan oleh Neil justru berdampak mengerikan, dimana Great World harus hancur karena hal ini (karena tidak adanya energi pengganti). Ulysses pun akhirnya dendam kepada bumi dan Superman, yang membuat mereka akhirnya bertarung satu sama lain.

Ulysses dan superman kemudian bertarung di Metropolis, dan akhirnya Ulysses berhasil dikalahkan oleh “Solar Flare” milik Superman. Tapi, Ulysses tidak dibunuh. Dia hanya dipenjara untuk waktu yang cukup lama. Superman pun berusaha meminta maaf kepada Ulysses, namun Ulysses tidak menerima permintaan maaf tersebut. Hal ini seolah menjadi sebuah pelajaran berharga bagi Superman, bahwa dia tidak bisa menyelamatkan semua orang. Selain itu, dia juga tidak luput dari sebuah kesalahan dan ada akibat dari kesalahan yang dia buat. Apakah Ulysses akan kembali muncul di cerita Superman atau DC Comics? kita tunggu saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.