The Voice Of All Thing atau suara semesta merupakan sebuah kemampuan yang unik, yang diperkenalkan dalam seri One Piece. Sampai sekarang Eiichiro Oda masih belum mau memberikan informasi lebih tentang Voice Of All Things, oleh karena itulah belum ada penjelasan yang jelas atau detail tentang apa sebenarnya Voice Of All Things ini.

Berdasarkan apa yang ditunjukan di ceritanya, Voice Of All Things merupakan sebuah kemampuan yang tidak dimiliki semua orang. Seseorang yang memiliki kemampuan atau kekuatan ini, bisa mendengar suara apapun yang ada di dunia One Piece. Mereka bisa mendengar makhluk hidup lainnya selain manusia, atau yang lebih dahsyat lagi adalah Voice Of All Things bisa membuat seseorang mendengar benda mati, contohnya Poneglyphs.

Kemampuan ini pertama kali diperkenalkan di awal seriesnya, bersamaan dengan kemampuan lainnya seperti Haki. Untuk the Voice of All Thing, kemampuan tersebut pertama kali diperlihatkan di chapter 13 di manganya dan di episode 6 jika dalam versi animenya. Sejauh ini, mungkin bisa dihitung jari orang-orang yang diketahui memiliki kemampuan hal ini. Contohnya adalah Momonosuke, Kozuki Oden, dan Roger.

The Voice of All Thing merupakan sebuah hal yang bisa menuntun seseorang yang ingin pergi ke pulau terakhir yaitu Laugh Tale, dan sangat sulit bagi mereka untuk bisa pergi ke Laugh Tale tanpa memiliki kemampuan ini. Menurut Rayleigh, Roger mampu mendengar Poneglyph dan itulah bagaimana dia menemukan lokasi Laugh Tale dan memahami apa yang Poneglyph katakan.

Lalu, apakah Luffy juga memiliki kemampuan untuk mendengar Voice Of All Things?  Sebagai karakter protagonis utama dalam cerita One Piece, dan calon raja bajak laut, Monkey D. Luffy juga sepertinya memiliki kemampuan ini. Luffy pernah beberapa kali diperlihatkan menutup kupingnya seolah mendengar sesuatu yang tidak bisa dia pahami. Hal ini terjadi kepada Roger dan Oden, seperti yang diperlihatkan dalam flashback ketika mendengar tentang sosok yang akan datang 20 tahun lagi.

Tapi, perlu menjadi catatan bahwa meskipun Luffy memiliki kemampuan untuk mendengar Voice of All Things dia belum bisa mengendalikannya. Luffy pernah mendengar suara Zunesha ketika berada di Zou, tapi dia tidak bisa memerintahkan Zunesha seperti Momonosuke. Luffy juga sepertinya tidak bisa mendengar suara Poneglyph yang pernah dilakukan oleh Roger dan Oden.

Sejauh ini masih belum diketahui bagaimana kekuatan penuh dari the Voice of All Things. Meskipun Roger dan Oden bisa menggunakan kemampuan tersebut dengan baik, mereka tidak bisa berkomunikasi dengan suara yang mereka dengar, karena satu dan lain hal. Di sisi lain, Momonosuke dan Shirahoshi menunjukan bahwa kemampuan ini memiliki hal lainnya, selain bisa memahami benda atau suara mereka juga memerintahkan makhluk lainnya.

Hal tersebut seolah menujukan jika ada tingkatan dari kemampuan tersebut yang belum diperlihatkan. Mungkin seiring berjalannya waktu, Monkey D. Luffy akan memberitahukan dan memperlihatkan kepada kita bagaimana kekuatan yang sebenarnya dari the Voice of All Things. Dan yang paling penting adalah kita mendapatkan informasi atau penjelasan lainnya tentang hal ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.