Kemunculan Marco di Wano mengejutkan banyak fans. Bagaimana tidak, Marco pada awalnya mengaku tidak bisa pergi ke Wano untuk membantu Luffy karena harus melindungi kampung halaman Whitebeard ketika Nekomamushi datang dan meminta bantuannya. Kedatangan Marco dan Nekomamushi serta Izo, tentunya akan membuat pasukan aliansi Luffy semakin kuat.

Marco bisa jadi merupakan orang yang membantu kru Topi Jerami untuk menghabisi Big Mom atau Kaido. Membantu Luffy mengalahkan Kaido dan Big Mom mungkin menjadi salah satu motivasi Marco untuk ikut dalam perang di Onigashima, tapi bisa jadi Marco sebenarnya memiliki maksud lain mengapa dia kemudian mau ikut terlibat disana.

Lalu, kira-kira apa alasan lain tersebut? bisa jadi Marco adalah orang yang akan menuntun Luffy dan Topi Jerami menuju Road Poneglyph terakhir. Dimana lokasi Road Poneglyph terakhir tersebut berada? Bisa jadi benda paling penting tersebut disimpan di salah satu tempat teraman, yaitu pulau Sphinx yang merupakan kampung halaman dari mantan Yonko, Whitebeard.

Salah satu Road Poneglyph yang dianggap hilang berasal dari pulau manusia ikan, dimana Road Poneglyph tersebut berasal dari era Roger. Terungkap bahwa dalam perjalanan Roger, sebuah Road Poneglyph tersimpan di hutan laut disamping Poneglyph yang berisi permintaan Joy Boy terhadap para penghuni manusia ikan.

Setelah Gol D. Roger dieksekusi oleh angkatan laut, Whitebeard kemudian mengambil alih pulau manusia ikan dan menjadi salah satu wilayah yang ada dibawah kekuasaanya sampai dia tewas. Setelah Whitebeard tewas dalam peristiwa Marineford, Big Mom kemudian mengambil alih pulau manusia ikan. Big Mom sendiri memiliki satu Road Poneglyph, dan selama ini dia berlayar untuk mencari keberadaan Poneglyph terakhir.

Jika Big Mom tidak memiliki Road Poneglyph terakhir yang dimaksud, artinya Road Poneglyph tersebut menghilang ketika Whitebeard masih berkuasa. Bisa jadi Whitebeard, secara sembunyi-sembunyi, memindahkan Road Poneglyph terakhir ke pulau Sphinx demi melindungi pulau manusia ikan dari para pemburu Poneglyph. Pulau Sphinx sendiri merupakan sebuah pulau terpencil yang tidak berada di bawah kekuasaan Pemerintah Dunia.

Dengan keberadaan pulau yang tidak banyak diketahui oleh orang, membuat Whitebeard memutuskan untuk menyembunyikannya di pulau tersebut. Jadi, Road Poneglyph tersebut aman di bawah pengawasan Whitebeard, dan tidak akan ada orang yang menyadari atau bisa menemukannya. Marco kemungkinan akan membawa Luffy dan Topi Jerami ke pulau Sphinx ketika peperangan selesai.

Selain akan ikut bertarung dan membantu aliansi menyeimbangkan kekuatan mereka, Marco akan memiliki peran lainnya di arc Wanokuni. Selain kru bajak laut Roger, Marco kemungkinan memiliki pengetahuan yang lebih tentang One Piece dan dunia, apalagi Marco merupakan sosok yang cukup banyak dikenal oleh banyak orang sehingga dia banyak tahu tentang berbagai hal di dunia One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.