Sama seperti seri Pokemon, seri Digimon juga berhasil menghadirkan cerita yang menarik serta karakter monster fenomenal dan ikonik yang berasal dari dunia digital. Para anak-anak terpilih (DigiDestined) harus menghadapi rintangan yang muncul dari dunia digital, yang mengancam kehidupan mereka. Dan dengan bantuan Digimon yang mereka miliki, para villain tersebut pada akhirnya berhasil ditaklukan.

Di sepanjang serinya, Tai dan kawan-kawan selalu menghadapi berbagai villain yang seolah tiada habisnya, mulai dari Etemon sampai Myotismon. Meskipun di awal serinya ada banyak villain minor atau kecil yang muncul dan menjadi rintangan bagi Tai dan yang lain, tapi villain utama yang pertama kali mereka hadapi adalah Devimon. Devimon mungkin bukan villain terkuat, tapi monster tersebut yang menjadi jembatan bagi kemunculan Myotismon.

Devimon sebenarnya memiliki peran yang besar dalam cerita di serinya dan terbukti, dia menjadi tantangan pertama yang sulit untuk ditaklukan oleh para anak-anak terpilih. Sebelum para DigiDestined muncul, Devimon sebelumnya berhasil mengambil alih kendali File Island dan mengendalikan para Digimon disana dengan menggunakan gir hitam.

Gir tersebut memiliki kemampuan untuk membuat para Digimon berubah menjadi jahat dan mengakses mode berserk. Selain itu, dengan menggunakan gir hitam (black gear) tersebut, Devimon berhasil membuat banyak Digimon takluk dihadapannya, dan menjadikan mereka “boneka.” Devimon juga menggunakan gir hitam untuk memindahkan File Island menuju Infinity Mountain.

Devimon juga menyembunyikan berbagai peti harta karun atau apapun yang bisa menjadi petunjuk bagi para DigiDestined untuk mengalahkannya, sesuai dengan apa yang tertulis dalam sebuah ramalan. Setelah para DigiDestined tiba di File Island, Devimon langsung mengirimkan pasukannya untuk menghabisi para DigiDestined.

Leomon dan Ogremon bahkan berhasil Devimon kendalikan untuk menyerang para DigiDestined, berkat bantuan gir hitam miliknya. Terbukti dengan kemampuan yang dia miliki, Devimon berhasil membuat kesulitan yang sangat luar biasa bagi para DigiDestined yang berusaha menghentikan Devimon. Untuk mengalahkan Tai dan yang lain, Devimon bahkan sampai membagi dua File Island demi memisahkan Tai dan para DigiDestined lain.

Tapi, beruntung dengan menggunakan Digivice miliknya Tai berhasil membebaskan Leomon dari kendali Devimon. Dan berkat bantuan Leomon, Tai berhasil mengembalikan File island seperti sedia kala. Devimon kemudian melakukan observasi terhadap para anak-anak terpilih, dan menurutnya Takeru merupakan karakter yang sangat berbahaya. Dia memiliki semangat juang yang tinggi dan berdasarkan ramalan yang ada, anggota yang paling tidak berpengaruh yang justru yang akan mengalahkannya adalah Takeru.

Devimon sadar bahwa dia harus mengalahkan Takeru dan Digimonnya, Patamon, sebelum Patamon berevolusi ke form Champion. Devimon akhirnya mengirim Leomon dan Ogremon untuk menghabisi para DigiDestined, yang kemudian membuat para anak-anak tersebut harus berhadapan langsung dengan Devimon. Devimon kemudian menghisap Ogremon dan black gears dalam jumlah yang sangat banyak, dan akibatnya tubuh Devimon berubah menjadi raksasa dan kekuatannya meningkat.

Devimon kemudian menghabisi terlebih dahulu para DigiDestined lainnya, sebelum kemudian memfokuskan untuk menghabisi Takeru. Ketika Devimon akan menghancurkannya, Patamon kemudian berevolusi menjadi Angemon. Angemon kemudian berhasil megalahkan Devimon dengan satu serangan. Setelah Devimon berhasil dikalahkan, berbagai Digimon villain yang kuat lainnya mulai bermunculan.

Meskipun begitu, seperti yang disebutkan di atas, Devimon menjadi pintu masuk bagi musuh selanjutnya seperti Myotismon, Lucemon, dan juga BlackWarGreymon. Devimon memiliki peran penting menjadi ujian pertama yang harus dilewati oleh para DigiDestined. Devimon pernah muncul beberapa kali di seri Digimon lainnya, tapi tidak memiliki peran yang sama ketika dia muncul di seri orisinal Digimon. Menarik untuk disaksikan bagaimana seri terbaru Digimon Adventure akan “menggunakan” Devimon dalam ceritanya. Apakah Devimon akan memiliki peran yang sama seperti di seri orisinalnya? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.