Shanks merupakan seorang bajak laut yang sangat luar biasa. Meskipun dulu dia adalah kru di bajak laut Gol D. Roger, sekarang Shanks sudah meiliki nama dan popularitas sendiri sebagai salah satu dari empat penguasa lautan atau Yonko. Yang lebih luar biasanya lagi adalah Shanks berhasil mendapatkan semua keberhasilan tersebut tanpa adanya bantuan dari buah iblis.

Sejauh ini Shanks diketahui hanya mengandalkan kemampuan Haki miliknya saja, yang menjadi senjata utama bagi Shanks. Tapi, jika diberikan kesempatan untuk bisa mengkonsumsi buah iblis, level kekuatan Shanks mungkin akan jauh lebih kuat dibandingkan saat ini. Berikut adalah berbagai buah iblis yang bisa dikonsumsi oleh Shanks.

Gura Gura no Mi

Gura Gura no Mi merupakan buah iblis yang dianggap paling kuat untuk jenis Paramecia. Buah iblis ini dulunya dimiliki oleh Whitebeard, rival sekaligus salah satu Yonko lainnya. Seperti yang kita tahu, kemampuan buah iblis Gura Gura membuat penggunanya bisa mengakses kekuatan yang berkaitan dengan getaran. Misalnya menahan serangan dengan menciptakan retakan di udara, menghancurkan es, atau bahkan menciptakan sebuah gelombang tsunami dan gempa bumi yang hebat.

Gura Gura no Mi | Wikia One Piece | FandomSelain dari segi kemampuan fisik, kemampuan buah iblis inilah yang membuat Whitebeard dianggap sebagai manusia paling kuat di dunia. Jika ada karakter lainnya yang bisa menggunakan buah iblis ini – selain Blackbeard – Shanks adalah adalah orangnya. Shanks merupakan salah satu karakter misterius di seri One Piece. Dengan kekuatan buah iblis Gura Gura dan ditambah dengan kemampuan Haki yang sangat dahsyat, dia akan menjadi manusia paling kuat selanjutnya setelah Whitebeard dan bahkan dia bisa melampaui kekuatan Roger.

Yami Yami no Mi

Yami Yami no Mi merupakan buah iblis yang dianggap paling kuat untuk tipe Logia. Buah iblis ini masih dimiliki oleh Blackbeard saat ini, meskipun sebenarnya dia mendapatkan buah iblis tersebut setelah membunuh Thatch yang lebih dulu mendapatkan buah iblis Yami Yami. Ada alasan khusus mengapa buah iblis ini disebut sebagai buah iblis tipe Logia paling kuat.

Selain bisa menyerap/menghisap apapun ke dalam lubang hitam yang diciptakan, Yami Yami no Mi juga bisa menetralkan pengguna buah iblis seperti yang dilakukan Blackbeard kepada Ace. Dibandingkan dengan Blackbeard, Ace rasanya lebih cocok untuk menjadi pemilik buah iblis ini karena Shanks lebih bisa mampu mengendalikan hasratnya. Buah iblis ini tentunya bisa sangat berguna untuk menghadapi musuh dan jika dipergunakan dengan baik, bukan dipakai untuk menyerang orang seperti yang dilakukan oleh Blackbeard.

Magu Magu no Mi

Magu Magu no Mi merupakan salah satu buah iblis tipe Logia paling dahsyat selain Yami Yami no Mi. Buah iblis ini dimiliki oleh kepala angkatan laut, Sakazuki alias Akainu. Buah iblisnya membuat pengguna bisa mengeluarkan kekuatan dari magma. Misalnya pukulan magma, yang membuat Ace harus meregang nyawa. Atau yang paling mengerikan adalah hujan pukulan magma.

Buah iblis ini menjadi salah satu sumber kekuatan dari Sakazuki, dan sudah berhasil dibuktikan bahwa kemampuan buah iblis ini mampu mengalahkan buah iblis es milik Aokiji. Shanks tentunya akan sangat overpowered jika memiliki kekuatan ini. Dia bisa menghancurkan kapal musuh hanya dengan pukulan magma miliknya saja.

Pika Pika no Mi

Pika Pika no Mi merupakan buah iblis bertipe Logia, yang dimiliki oleh salah satu admiral terkuat angkatan laut yaitu Borsalino alias Kizaru. Buah iblis ini membuat penggunanya bisa bergerak secepat kilat, dan menghasilkan serangan yang berbasis cahaya. Contohnya adalah ketika Kizaru berhasil meledakan Basil Hawkins dengan serangan sinarnya tersebut, atau mampu bergerak secepat kilat dari satu tempat ke tempat yang lain.

Shanks mungkin bukanlah seorang petarung yang terlalu mengandalkan kecepatan. Tapi, dengan mengkonsumsi buah iblis ini Shanks bisa menjadi manusia paling cepat di dunia, titel yang saat ini dipegang oleh Kizaru. Mungkin Shanks bisa bersaing dengan Lucky Roo, yang juga mengandalkan kecepatannya bergerak. Tapi, Lucky Roo bergerak dengan menggunakan Haki bukan buah iblis.

Zushi Zushi no Mi

Zushi Zushi no Mi merupakan buah iblis bertipe Paramecia yang dimiliki oleh salah satu admiral terkuat lainnya di angkatan laut yaitu Issho alias Fujitora. Kekuatan buah iblis ini memberikan penggunanya kemampuan untuk mengendalikan gravitasi bumi, dan dia bisa menentukan dimana arah serangan yang akan dia lakukan. Satu hal yang istimewa dari buah iblis ini adalah tidak ada satupun jenis Haki yang bisa menahan serangan buah iblis ini.

Kemampuan buah iblis ini pernah diperlihatkan ketika Fujitora bertarung melawan Zoro, dimana dia pernah menggunakan reruntuhan di sebuah wilayah untuk mencegah Zoro kabur. Jika Shanks memiliki kemampuan buah iblis ini, dia bisa menjadi sosok yang tidak terkalahkan. Dia bisa menghancurkan sebuah wilayah atau sebuah armada kapal perang dengan mengangkatnya ke udara dan kemudian menjatuhkannya sampai hancur.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.