Setelah menunggu sekitar 20 tahun, akhirnya “serangan balik” para samurai Red Scabbards atas kematian Kozuki Oden kepada Orochi dan Kaido pun dimulai. Mereka kemudian mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, seperti suku Mink dan bajak laut. Meskipun sempat terkendala di awal, tapi pada akhirnya para samurai tersebut berhasil tiba di Onigashima.

Strategi yang sudah dirancang pun kemudian dimulai, dan sejauh ini meskipun pada ahirnya penyamaran mereka terbongkar rencana masih tetap berjalan dengan baik. Tapi, Eiichiro Oda tentunya memiliki alasan mengapa dia menyebut bahwa perempuran di Onigashima lebih besar daripada pertempuran di Marineford. Salah satunya adalah karena skala pertempuran yang masif.

Pasukan Luffy saat ini masih sangat jauh dari cukup untuk bisa menghadapi kelompok bajak laut Kaido, yang jumlah anak buahnya mencapai puluhan ribu. Sehingga rasanya untuk saat ini pertempuran Onigashima bisa dibilang tidak lebih besar daripada perang di Marineford. Jadi, apa maksud penjelasan ini semua? Pada intinya, penyerangan gelombang kedua ini akan kembali gagal.

Ada bebeberapa poin yang bisa menjelaskan hal ini. Pertama, struktur pertunjukan Kabuki. Arc Wanokuni memang terinspirasi dari pertunjukan Kabuki, dimana ada tiga babak dalam pertunjukan tersebut (bagian pertama Jo, bagian kedua Ha, dan bagian terakhir Kyu). Banyak yang menganggap bahwa sekarang kita ada di bagian akhir dari tiga bagian tersebut.

Tapi, sebenarnya dalam  pertunjukan Kabuki juga terdapat babak ketiga, keempat, dan seterusnya tergantung dari cerita tersebut sampai kemudian kita bertemu dengan babak terakhir. Artinya, babak ketiga yang sedang berlangsung di arc Wanokuni sebenarnya bukanlah akhir dari arcnya. Kemungkinan perang besar yang dimaksud oleh Oda Sensei terjadi di babak keempat atau kelima.

Para fans sendiri berpendapat bahwa akan sangat disayangkan bila ceritanya selesai sekarang, karena masih ada banyak hal yang belum terungkap atau belum diketahui. Contohnya adalah bagaimana Kaido bisa mendapatkan kekuatan abadinya atau seberapa kuat sebenarnya Kaido. Poin selanjutnya adalah apa yang pernah disebutkan oleh Basil Hawkins tentang peluang hidup Luffy yang kecil.

Menurut Hawkins di chapter 913, peluang hidup Luffy hanya 19% pada bulan ini. Kin’emon kemudian pernah mengatakan bahwa mereka akan mulai melakukan penyerangan terhadap Kaido 2 minggu setelah Luffy tiba, yang mana saat ini cerita One Piece sedang berada di titik tersebut. Pertanyaannya kemudian, jika memang Luffy akan menang dalam pertempuran yang sedang berlangsung sekarang mengapa Oda Sensei mengatakan bahwa peluang selamat Luffy hanya sedikit dalam satu bulan ini dan bukan dalam waktu dua minggu?

Berdasarkan pertanyaan tersebut, artinya Oda Sensei sudah mempersiapkan “pertunjukan” lainnya untuk arc Wanokuni dan kita akan segera mengetahuinya. Sudah menjadi “tradisi” bagi Oda Sensei untuk melibatkan penduduk atau orang-orang yang berkonflik dengan villain utama dalam arc yang diceritakan. Misalnya, dalam cerita arc Drum Island seluruh penduduk ikut serta membantu Luffy mengalahkan Wapol.

Kemudian di arc Skypiea,  seluruh wilayah hancur oleh kekuatan Enel. Dan masih ada beberapa arc lainnya yang melibatkan para penduduk. Sedangkan di arc Wano, tidak banyak yang tahu – bahkan cenderung mereka semua tidak mengetahui – apa yang sedang terjadi/tidak mengetahui tentang rencana penyerangan ke Onigashima.

Jika kebiasaan ini dilewatkan tentunya akan sangat disayangkan. Selain itu, para penduduk juga bisa menjadi pasukan tambahan untuk gelombang penyerangan selanjutnya. Juga, mungkin kita akan mendapatkan bantuan lain misalnya dari para penduduk suku Kuja di Amazon Lily atau yang lebih ekstrim lagi mereka akan mendapatkan bantuan dari pasukan revolusi. Kesimpulannya, Luffy dan aliansinya harus mengalami (lagi) tragedi yang sangat menyesakkan sampai kemudian dia berhasil melewati itu semua.