Meskipun sudah dirilis sejak lebih dari 20 tahun yang lalu, seri Shaman King masih terus tumbuh menjadi sebuah franchise yang cukup populer. Cerita Shaman King sendiri sebenarnya sudah selesai, dan banyak yang menginginkan Shaman King untuk melanjutkan ceritanya. Namun, Hiroyuki Takei sepertinya masih belum menemukan formula yang tepat untuk kembali menghadirkan cerita baru.

Kabar baik kemudian muncul kemarin, dimana pengumuman bahwa anime Shaman King baru akan dirilis di Jepang pada 2021 mendatang. Kabar ini tentunya akan menjadi sebuah nostalgia yang menarik bagi para penggemar, apalagi Shaman King sudah lama selesai. Shaman King sendiri berfokus pada sosok Yoh Asakura yang bercita-cita untuk menjadi seorang Shaman King atau raja penyihir. Dengan begitu, dia bisa membentuk dunia seperti yang dia inginkan. Tapi, tentunya petualangan Yoh tidaklah mudah dan berliku. Untuk kembali mengenang serinya, berikut adalah beberapa karakter yang muncul di ceritanya.

Yoh Asakura

Menjadi pewaris keluarga Asakura, seorang keluarga penyihir terpandang, membuat Yoh Asakura memiliki kemampuan untuk melihat dan berkomunikasi dengan row dan arwah sejeak usianya masih kecil. Oleh karena itulah, Yoh tidak bisa diterima oleh masyarakat pada umumnya karena mereka menganggap Yoh merupakan sosok yang aneh. Meskipun begitu, Yoh tumbuh dengan tidak memiliki rasa benci terhadap manusia.

Yoh memang sering berperilaku sembrono atau tidak terlalu memikirkan resiko yang akan datang, tapi sering kali dia mampu bersikap santai dan tenang meskipun situasi sedang genting. Hal inilah yang membuat banyak orang menyukai karakter Yoh. Tujuan utamanya menjadi seorang Shaman King adalah agar dia bisa hidup dengan nyaman dan mudah.

Yoh sendiri memiliki sosok arwah penjaga yang bernama Amidamaru. Amidamaru sendiri merupakan seorang samurai yang tewas para era Muromachi, atau sekitar 600 tahun yang lalu. Amidamaru menggunakan sebuah pedang legendaris yaitu Harusame, yang juga dia gunakan ketika Yoh ikut serta dalam Shaman Fight, demi mendapatkan titel Shaman King.

Anna Kyouyama

Anna Kyouyama merupakan istri dari Yoh Asakura dan merupakan seorang itako (media arwah) yang kuat. Anna memiliki kemampuan untuk membangkitkan dan menjadi jembatan bagi para arwah yang bahkan berasal dari surga sekalipun. Anna begitu keras terhadap Yoh ketika masa latihan, demi Yoh bisa menang dalam pertarungan Shaman Tournament dan menjadi Shaman King.

Yang menarik dari sosok Anna adalah jika pada umumnya seorang itako memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa melihat, lain halnya dengan Anna yang bisa melihat sempurna. Selain itu, kekuatan spiritual Anna yang luar biasa mampu menyegel arwah penjaga milik Hao yaitu Zenki dan Kouki. Anna juga bahkan berhasil mengendalikan mereka.

Awalnya Anna bisa membaca pikiran orang lain, oleh karena itu dia memiliki kemampuan untuk bisa menciptakan monster dari emosi negatif. Kemampuan ini kemudian disegel oleh Yoh dan Matamune. Anna juga sepertinya tidak pernah menunjukan rasa takut kepada siapapun, meskipun dia dikenal sebagai sosok yang kuat. Misalnya dia pernah berani menampar Hao yang dikenal kuat, dengan tangan kirinya setelah tangan kanannya berhasil ditahan.

Manta Oyamada

Manta Oyamada merupakan satu-satunya teman manusia Yoh yang mau menerimanya apa adanya. Manta juga mencoba untuk bisa memahami Yoh dengan segala kelebihan yang dia miliki. Manta juga sama-sama bersekolah Shinra Private Academy bersama Yoh dan Anna. Meskipun Manta bukanlah seseorang yang memiliki kekuatan spiritual seperti Anna dan Yoh, dia mampu melihat arwah dan yakin secar apenuh kepada Yoh.

Di manganya, keluarga Oyamada memiliki perusahaan Oyamada Electronics Company. Keluarganya juga sangat tidak setuju bila Oyamada berteman dengan Yoh dan Anna. Bahkan, di akhir seriesnya diceritakan bahwa perusahaan milik keluarganya tersebut menjadi pemicu pertempuran melawan para Shaman. Meskipun Manta tidak bisa membantu Yoh menjadi lebih kuat sebagai Shaman, tapi dia memanfaatkan kelebihan yang dia miliki untuk membantu temannya tersebut. Misalnya dengan membantu Anna pergi ke Amerika untuk membawa Ultra Senji Ryakketsu kepada Yoh

Dalam versi animenya, saat Shaman Tournament berlangsung, Manta menjadi seorang Shaman bersama Mosuke, arwah penjaga rekan dari Amidamaru dan orang yang membuat pedang Harusame, sebagai arwah penajaganya. Hubungan Manta dan Mosuke kemudian diperlihatkan memiliki kesamaan dengan hubungan antara Yoh dan Amidamaru

Hao Asakura

Hao Asakura merupakan karakter atangonis utama dan karakter yang paling unik diantara karakter lainnya di seri Shaman King. Dia sudah pernah bereinkarnasi sebanyak dua kali. Awalnya Hao hidup ribuan tahun yang lalu, dan merupakan pendiri dari keluarga Asakura. Dia juga merupakan seorang pendeta Onmyouji  yang memiliki kekuatan spiritual yang dahsyat, termasuk kemampuan untuk merasakan pikiran dan keinginan yang ada di sekelilingnya.

Hao juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan lima elemen. Meskipun pada awalnya Hao merupakan sosok yang baik, tapi dia kemudian berubah menjadi sosok jahat karena keinginan terbesarnya untuk membalas dendam kematian ibunya dan juga kebenciannya terhadap manusia yang selalu rakus dan tidak memperdulikan orang lain alias egois.

Gagal dalam memenangkan gelar Shaman King dalam Shaman Tournament pertamanya karena keluarga Asakura mencoba untuk menghentikanya, dia kemudian bereinkarnasi menjadi bagian dari suku Patch sekitar lima ratus tahun kemudian. Dia kemudian menjadi leluhur bagi Silva, dan menjadi orang yang bertanggung jawab atas hancurnya suku Seminoa.

Setelah berhasil mendapatkan kendali dari arwah api, salah satu dari lima elemen alam dalam cerita Shaman King, Hao kemudian kembali mencoba untuk ikut serta dalam Shaman Tournament lainnya. Lagi-lagi dia kalah dalam turnamen tersebut oleh Yohken Asakura, yang merupakan penerusnya. Hao kemudian kembali bereinkarnasi menjadi bagian dari keluarga Asakura, yang secara tidak langsung menjadikannya saudara kembar dari Yoh.

Hana Asakura

Hana Asakura merupakan putri semata wayang dari Yoh Asakura dan Anna Kyouyama. Hana pertama kali diperkenalkan dalam spinoff dari seri Shaman King, Funbari no Uta. Dalam ceritanya Hana muncul sebagai seorang bayi yang ikut berpetualang bersama Ryu untuk mencari Five Elemental Warrior, cerita yang dihadirkan di akhir seri Shaman King.

Dalam cerita sekuelnya, Shaman King Flowers, Hana versi remaja menjadi karakter utama di serinya. Sama seperti ayahnya, Hana juga merupakan seorang Shaman. Dia memiliki arwah penjaga Yoh, Amidamaru. Dan ketika bersama Hana, Amidamaru menggunakan Futsu no Mitama no Tsurugi, senjata yang menciptakan dua Oversoul, Oversoul Kabuto dan Oversoul Oni Kabuto.

Hana tinggal bersama Tamao Tamamura ketika orang tuanya tidak ada. Hana sendiri bosan dengan hidupnya sampai kemudian dia bertemu dengan tunangannya, Alumi Niumbrich. Dia juga bertarung melawan karakter yang dia anggap musuh yaitu Yohane dan Luka Asakura demi menghilangkan rasa bosan. Hana memiliki beberapa Oni dalam tubuhnya yang akan muncul ketika dia dalam keadaan bahaya, dan akan menyelamatkan nyawanya. Oni dalam tubuhnya tersebut sengaja dimasukan oleh pamannya, Hao Asakura, ketika dia masih bayi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.