Sempat menjadi rumor di kalangan para fans, akhirnya kabar tentang game Star Wars terbaru besutan EA, Star Wars: Squadrons sudah dikonfirmasi akan dirilis pada akhir tahun 2020 ini. menurut informasi yang muncul di Xbox store, game terbaru ini akan memiliki dua mode klasik, yaitu single-player campaign dan multiplayer. Gamenya sendiri dikembangkan oleh EA Motives.

Squadrons sendiri sebenarnya sudah lama dirumorkan akan muncul, dengan nama proyeknya adalah Project Maverick. Game ini akan menjadi sekuel bagi game Star Wars: Rogue Squadron, yang memperlihatkan para pemain terbang sebagai Luke Skywalker, pemimpin dari Rogue Squadron. Meskipun masih belum diketahui apakah di game Squadron para pemain akan kembali berperan sebagai Luke Skywalker, tapi berbagai pesawat yang muncul di gamenya sedikitnya sudah diketahui. Berikut adalah pesawat yang sudah dikonfirmasi akan muncul dalam game Star Wars: Squadron.

A-Wing

Pesawat tempur berukuran 9,6 meter ini digunakan oleh para pasukan pemberontak dalam film Return of the Jedi dan juga oleh para kelompok Resistance dalam film The Last Jedi. Desainnya sangat unik karena bagian kokpitnya terlihat begitu jelas, namun bukan berarti pesawat ini bisa diremehkan begitu saja. Pesawat tempur A-Wing disebut-sebut lebih kencang daripada TIE Interceptor berkat dukungan twin-engine atau mesin ganda yang menaikan level kecepatan pesawatnya.

X- Wing

Pesawat yang sering digunakan pihak protagonis franchise Star Wars ini pada dasarnya adalah pesawat tempur aka Star Fighter. Pesawat X-Wing dipersenjatai oleh 4 tembakan laser yang terdapat di 4 bagian sisi sayapnya (S-Foils) dan peluncur proton torpedo di bagian badannya. Bagian kaca atasnya juga terdapat sedikit ruang yang memungkinkan pilot untuk meletakkan droid perbaikan seri R yang tentunya sangat vital perannya ketika pesawat sedang mengalami kerusakan.

Layaknya pesawat lain, X-Wing juga memiliki ragam nomor seri / tipe. Di masa perang Galactic Civil, pihak pemberontak (Rebel Alliance) menggunakan seri T-65B dan di masa perang di planet Yavin dan Endor, mereka menggunakan seri T-65C-A2. Seri T-70 digunakan oleh seluruh pilot Resistance dan seri T-85 digunakan oleh armada pertahanan New Republic.

Y-Wing

Luke Skywalker berhasil meraih kemenangan dan berhasil menghancurkan Death Star dalam film Star Wars: A New Hope dengan menggunakan pesawat X-Wing. Tapi, dalam pertempuran tersebut para pilot dan skuadron pesawat Y-Wing juga ikut serta dalam membantu menghancurkan Death Star dan meraih kemenangan. Bahkan salah satu pesawat Y-Wing berhasil selamat dari ledakan Death Star, dan model ini masih terus muncul dalam film-film klasik seperti Empire Strikes Back, Return of the Jedi, dan masih banyak lainnya.

U-Wing

Dibandingkan dengan pesawat tempur lainnya, U-Wing memiliki keunikan sendiri. Selain menjadi sebuah kapal tempur, U-Wing merupakan pesawat yang digunakan oleh para pasukan pemberontak sebagai kendaraan untuk mengangkut para pasukan. Pesawat U-Wing selain bisa bertempur, juga memang memiliki pertahanan yang kuat sehingga bisa menembus zona perang yang berbahaya untuk kemudian menurunkan para pasukan dan memberikan support atau dukungan dari udara saat pertarungan melawan pasukan Empire.

TIE Fighter

Pesawat TIE Fighter merupakan salah satu senjata andalan dari pihak Galactic Empire untuk menghabisi Rebel Alliance atau siapapun musuh yang mereka hadapi. TIE Fighter sendiri bisa dibilang merupakan salah satu pesawat tempur yang paling ikonik karena kapalnya sudah muncul di berbagai film klasik Star Wars.

Pesawat ini memiliki ukuran sekitar 9 meter, dan merupakan salah satu pesawat tempur terkecil yang pernah ada. Seperti pada umumnya pesawat tempur dalam cerita Star Wars, TIE Fighter memiliki meriam laser, dan torpedo proton. Selain itu, tenaganya juga sangat dahsyat dan ukurannya yang kecil membuat pesawat ini bisa bergerak dengan leluasa.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.