Bagi seroang Saiyan, bertransformasi menjadi Super Saiyan merupakan sebuah hal yang tidak mustahil terjadi. Super Saiyan merupakan puncak kekuatan dari seorang Saiyan, dimana mereka akan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk bisa berubah menjadi Super Saiyan dan akan membantu mereka mengalahkan musuh terkuat mereka. Dalam franchise Dragon Ball sendiri, Super Saiyan pertama kali muncul ketika Goku menyaksikan Krillin tewas di tangan Frieza.

Sejak saat itu, banyak dari karakter Saiyan yang kemudian memperlihatkan kemampuannya untuk mendapatkan form Super Saiyan. Selama kemunculan Dragon Ball, berbagai form Super Saiyan yang berbeda berhasil diperlihatkan oleh Goku dan para Z- Warriors. Setiap transofrmasi memiliki penampilan yang menarik. Berikut adalah form tertiinggi yang pernah diraih oleh para karakter Dragon Ball.

Goku – Super Saiyan Blue

Level kekuatan tertinggi yang pernah dicapai oleh Goku memang merupakan Ultra Instinct, tapi hal itu tidak dianggap sebagai bagian dari tansformasi Super Saiyan. Transformasi tertinggi Super Saiyan yang Goku alami saat ini adalah Super Saiyan Blue, yang mana dia gunakan ketika dia menghadapi Golden Frieza. Goku bisa lebih meningkatkan lagi kemampuan Super Saiyan Blue dengan menggabungkan kekuatan dari teknik Kaio-ken.

Vegeta – Super Saiyan Blue Evolved

Seperti yang kita tahu, Vegeta akan selalu menjadi rival bagi Goku. Rivalitasnya termasuk dalam hal kekuatan, dimana jika Goku menjadi kuat maka Vegeta juga berpikir harus bisa menyamakan kekuatannya dengan Goku. Oleh karena itulah, ketika Goku berhasil menguasai Super Saiyan Blue maka Vegeta pun berlatih agar bisa mengakses kekuatan Super Saiyan Blue, dan berhasil.

Super Saiyan Blue Evolved yang dimiliki oleh Vegeta muncul ketika Tournament of Power berlangsung. Hal tersebut diakibatkan oleh rasa frustasi dari Vegeta yang tidak mampu untuk mengakses kekuatan Ultra Instinct seperti Goku. Demi bisa bersaing dengan Goku, Vegeta pun berlatih keras untuk mengembangkan kekuatannya, dan itulah yang enjadi awal kelahiran Super Saiyan Blue Evolved.

Gohan – Super Saiyan 2

Gohan menjadi karakter Dragon Ball pertama yang mengakses Super Saiyan 2 ketika Cell Saga. Sayangnya, Gohan kemudian melewatkan kesempatan untuk berlatih sehingga dia tidak pernah bisa meningkatkan kemampuan Super Saiyannya menjadi Super Saiyan 3. Gohan memang tidak perlu lagi untuk meningkatkan kemampuan Super Saiyan miliknya, karena itu memang sudah menjadi puncaknya.

Lagipula, ada banyak hal yang membuat hal itu terjadi. Pertama, Gohan tidak terlalu mengandalkan kekuatan Saiyan miliknya. Kedua, sebagai Ultimate Gohan, dia sama sekali tidak perlu untuk berubah menjadi Super Saiyan karena form Ultimate Gohan juga sudah sangat kuat. Sayangnya, form Ultimate milik Gohan harus hilang akibat pertarungan melawan Buu, sampai kemudian dia berhasil mendapatkannya kembali setelah Piccolo memaksanya belatih untuk Tournament of Power. Gohan kemudian mengatakan bahwa dia tidak perlu lagi berurusan dengan Super Saiyan, karena Gohan memilih jalannya sendiri.

Goten Dan Trunks – Super Saiyan

Sebelum berusia 10 tahun, Goten dan Trunks sudah cukup kuat untuk bisa mengakses form Super Saiyan. Meskipun terdengar luar biasa, mereka nyatanya stuck di form itu. Tapi, meskipun begitu kekuatan yang dimiliki oleh fusion Gotenks memiliki kekuatan yang sama dengan Super Saiyan 3. Pada awalnya memang hal itu terdengar mengerikan, tapi saat ini kekuatan tersebut nyatanya sudah tidak lebih kuat dibandingkan form awal dari Goku, seperti yang diperlihatkan dalam pertarungan melawan kloning Vegeta dalam Dragon Ball: Super.

Goku Black – Super Saiyan Rose

Salah satu dari villain yang dihadapi oleh Goku dan yang lainnya dalam arc Future Trunks Saga adalah Goku Black. Goku Black mendapatkan kemampuan form Super Saiyannnya setelah dia bertarung melawan Goku. Berkat pertempuran melawan Goku, Goku Black berhasil meningkatkan kemampuan Super Saiyan miliknya menjadi Super Saiyan Rose.

Kemampuan ini bisa dikenali dari warna rambut Goku Black yang berubah menjadi merah jambu, dan auranya yang berwarna merah gelap. Kemampuan Super Saiyan Rose milik Goku Black bisa menjadi saingan dari Super Saiyan Blue milik Goku. Kemampuan Super Saiyan Rose sangatlah unik bagi Goku Black karena dia sebenarnya merupakan sebuah Kai yang hidup atau tinggal di tubuh Saiyan yang dicuri.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2