Rockstar Games telah mengungkapkan bahwa mereka akan meluncurkan GTA 5 di PS5 secara gratis kepada pelanggan PlayStation Plus. Rockstar juga memastikan bahwa GTA 5 akan juga tersedia di Xbox X Series. GTA 5 sendiri akan dirilis pada kedua konsol tersebut pada paruh kedua tahun 2021. Selain mendapatkan game gratisnya, pemain yang mengunduh di PS5 juga akan mendapatkan uang 1 juta dollar dalam gamenya yang akan disetorkan ke akun Maze Bank.

Dengan rilisnya game GTA 5 di PS5, maka game ini akan menjadi game lintas generasi, tepatnya 3 generasi. Seperti yang kita ketahui bahwa game GTA 5 pertama kali rilis untuk PS3 dan Xbox 360 pada tahun 2013 lalu. Kemudian GTA 5 mendapatkan versi PS4 dan Xbox One setahun kemudian. Versi PCnya pun tak lama menyusul setelahnya. Pemain yang bermain mode online selalu mendapatkan banyak update terbaru yang membuat game ini tetap dapat dimainkan oleh banyak orang, bahkan setelah bertahun-tahun rilis.

Selama beberapa tahun terakhir jumlah pemain GTA 5 relatif stabil, dan sepertinya belum ada tanda-tanda berkurang dalam waktu dekat. Rockstar sendiri kabarnya tengah mengembangkan game GTA 6. Namun seperti yang kita tahu sebelumnya bahwa Rockstar selalu merahasiakan beragam proyek yang ia kerjakan. Kabarnya GTA 6 akan mengambil latar kota Vice City atau San Andreas, namun hal ini masih belum dikonfirmasi oleh Rockstar.

Rockstar biasanya lebih memilih untuk menggunakan kota fiksional, yang terinspirasi dari kota-kota besar nyata di Amerika. Sama seperti DC Comics, yang menggunakan kota fiksional seperti Metropolis atau Gotham, yang terinspirasi dari kota besar seperti Los Angeles, New York, dan Miami. Dengan menggunakan kota fiksional, Rockstar bisa dengan mudah mengeksplor apapun yang ada di kota itu.