Arc Wanokuni memang bukan hanya menjadi salah satu arc di seri One Piece yang sangat luar biasa dengan skalanya yang masif, tapi juga menjadi salah satu arc yang banyak menaruh misteri yang masih belum terjawab sampai saat ini. Kejutan-kejutan juga muncul di arc ini, misalnya tentang perjalanan Roger menuju pulau Laugh Tale.

Meskipun begitu ada beberapa pertanyaan yang masih belum terjawab, dan mungkin baru akan terjawab di akhir arc nanti. Berikut adalah beberapa misteri atau pertanyaan yang masih membuat para fans penasaran.

Kekuatan Kurozumi Orochi

Kurozumi Orochi merupakan salah satu villain utama di arc ini, selain Kaido. Sejak awal muncul, Orochi sering menjadi “legenda” di kalangan generasi muda Wano saat ini. Mereka beranggapan bahwa Orochi memang merupakan sosok yang kuat. Tapi, kemudian terungkap bahwa Orochi sebenarnya adalah pengkhianat yang mencoba untuk menyingkirkan klan Kozuki dari Wano dan berkuasa di wilayah tersebut.

Untuk mendukung rencananya tersebut, Orochi kemudian meminta bantuan Kaido dan pasukannya. Hasilnya memang berhasil, dimana kini Orochi sudah berkuasa di wilayah Wano lebih dari dua dekade. Diketahui bahwa Orochi mengkonsumsi buah iblis Zoan yang bisa mengubahnya menjadi naga. Tapi, sampai saat ini kita belum tahu sampai sejauh mana level kekuatan Orochi dengan kekuatan buah iblis tersebut.

Hubungan Dengan Pemerintah Dunia

Wano merupakan wilayah yang tertutup dari negara atau wilayah-wilayah lainnya di New World. Wano juga memiliki aturan sendiri, dimana mereka tidak terikat dengan aturan Pemerintah Dunia. Selain itu, Pemerintah Dunia juga sepertinya tidak ambil pusing (atau memang tidak peduli) dengan apa yang terjadi di Wano, dan membiarkan negara tersebut berjalan sesuai keinginannya.

Tapi, di salah satu chapter kita melihat bahwa Orochi bernegosiasi dengan salah satu anggota CP0 dan memberikan penawaran terhadap Orochi untuk menggabungkan kekuatan mereka. Mengapa Pemerintah Dunia begitu berambisi untuk menjalin kerja sama dengan negara Wano? Apakah mereka memiliki rencana tersembunyi?

Identitas Numbers

Selain Flying Six dan juga All-Stars, Kaido memiliki sekutu lainnya yang siap membantu Kaido menghancurkan apapun yang dia inginkan. Mereka adalah kelompok Numbers, kelompok monster misterius yang memiliki ukuran tubuh sangat besar. Sejak Oda Sensei memperlihatkan siluetnya, banyak yang berspekulasi bahwa the Numbers adalah sosok monster haus darah yang kejam.

Namun, di chapter 981 kemarin kita sudah diperlihatkan salah satu dari anggota Numbers yaitu Hachacha. Dari penampilannya, Hachacha nampak seperti manusia raksasa. Sayangnya, kita masih belum tahu seberapa banyak jumlah mereka dan apakah anggota Numbers yang lain juga adalah manusia raksasa atau memang monster?

Apa Tujuan Kozuki Toki

Saat pertama kali muncul, Toki muncul dengan tiba-tiba dan bertanya dimana lokasi Wano. Sampai kemudian dia bertemu dengan Oden yang menyelamatkan nyawanya, dan mau mengantarnya ke Wano. Tapi, sampai saat ini kita belum tahu apa sebenarnya tujuan Toki pergi ke Wano? Tentunya dia bukan hanya seseorang yang tidak sengaja melintas di depan Oden.

Berdasarkan apa yang diungkapkan oleh Toki, dia berasal dari 800 tahun yang lalu. Jika memang Toki adalah penduduk Wano, mengapa dia menggunakan kekuatan buah iblisnya untuk pergi ke suatu masa? Apakah dia kabur sebelumnya dari Wano ataukah memang dia berasal dari negara lain? Sayangnya sampai Toki tewas ketika mengirimkan Momonosuke dan Red Scabbards ke 20 tahun yang akan datang, kita masih belum tahu apa tujuan dari Toki.

Apakah Memang Ada Koneksi Dengan Zoro

Keterkaitan antara Zoro dan Wano memang sudah lama menjadi bahasan para fans, bahkan ketika arc Wanokuni baru saja dimulai. Para fans beranggapan jika Zoro berasal dari wilayah ini (atau memiliki koneksi), dilihat dari bagaimana gaya Zoro yang mirip seorang samurai. Tapi, Oda Sensei kemudian memberikan sedikit penjelasan kepada para fans melalui SBS.

Menurut Oda, guru pedang Zoro memang memiliki hubungan dengan Wano dimana dia merupakan keturunan dari klan Shimotsuki, klan yang juga membangun desa Shimotsuki.  Tapi, yang masih menjadi pertanyaan para fans adalah apakah Zoro juga menjadi bagian dari klan Shimotsuki? Ataukah Zoro dulu berasal dari Wano dan kemudian ikut kabur bersama klan Shimotsuki lainnya?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.