Sebagai kreator dari seri One Piece, Eiichiro Oda memang sangat senang untuk memasukan berbagai elemen atau unsur-unsur sejarah, mitos, dan legenda dalam ceritanya. Contohnya adalah pulau Elbaf yang diambil dari kata Fable yang dibalik. Kemudian, adanya kemiripan cerita Momotaro dengan arc Wanokuni yang sedang berjalan saat ini menjadi bukti lain dari hal tersebut.

Dalam mitologi Tiongkok, lautan terbagi menjadi empat: utara, selatan, barat, dan timur. Keempat laut tersebut kemudian diwakili oleh warna yaitu kuning, biru, merah, dan putih. Keempat lautan juga diwakili oleh binatang yaitu monyet, burung, naga, dan anjing. Jika diperhatikan antara mitologi Tiongkok tersebut dan cerita One Piece, ternyata ada kesamaan yang nyata.

Wilayah laut utara yang diwakili oleh monyet kuning yaitu Kizaru (ki = kuning dan zaru/saru = monyet). Wilayah laut selatan yang diwakili oleh burung biru yaitu Aokiji (ao = biru dan kiji = burung). Wilayah barat diwakili oleh seekor anjing merah yaitu Akainu (aka = merah dan inu = anjing). Dan hal ini tentunya menyisakan wilayah laut timur yang diwakili oleh naga putih yaitu Dragon.

Ada mitologi lainnya yang mendukung mitologi sebelumnya, dimana disebutkan ada seorang raja yang memiliki empat orang pengikut yang setia. Mereka berbentuk seperti burung, monyet, anjing, dan burung pegar (pheasant). Suatu hari, sang burung menyadari betapa jahatnya sang raja, sehingga dia memutuskan untuk pergi, tapi tidak memberi tahu yang lainnya tentang fakta yang sebenarnya.

Sang anjing begitu setia kepada rajanya, sedangkan sang monyet bingung dengan apa yang terjadi. Si burung pegar terlalu malas untuk melakukan sesuatu. Jika semuanya dicocokan, maka kita melihat kesamaan dengan ketiga admiral terkuat sebelumnya. Akainu begitu menganggungkan keadilan absolut, hal yang selama ini dipegang oleh angkatan laut dan Pemerintah Dunia.

Kizaru sepertinya tidak peduli dengan apa yang terjadi, dan bagaimana Aokiji berperilaku juga sepertinya diadaptasi dari mitos tersebut. Dragon sendiri mewakili burung yang tahu tentang kejahatan dari sang raja, dan raja dalam cerita One Piece sendiri adalah Pemerintah Dunia. Menjadi anak seorang Monkey D. Garp, mungkin Dragon pada saat itu berharap bahwa dengan dia bergabung dia bisa memberikan perubahan besar.

Nyatanya, apa yang terjadi di dalam Pemerintah Dunia terlalu sulit untuk dirubah. Mereka sudah terlalu jahat. Akhirnya dia pun membuat Pasukan Revolusi dan mendedikasikan dirinya untuk mewujudkan satu tujuannya: mengubah dunia, mengganti sistemnya, dan menghapus rasialisme, diskriminasi, dan juga hal-hal lainnya yang dilakukan oleh Pemerintah Dunia.

Dragon benar-benar berdedikasi terhadap tujuannya ini, sampai-sampai dia melupakan anaknya sendiri. Apapun yang terjadi, sesuatu mungkin terjadi dalam hidup Dragon, yang kemudian memaksanya harus meninggalkan seluruh kehidupan lamanya dan memulai kehidupan baru sebagai seorang pemberontak karena dia menganggap kejahatan yang dilakukan Pemerintah Dunia sudah tidak bisa ditoleransi lagi.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.