Dalam dunia sihir di universe Marvel, nama Doctor Strange dan the Ancient One bukanlah nama yang asing. Dalam versi layar lebarnya, sebelum menjadi penyihir agung Stephen Strange merupakan seorang ahli bedah otak yang sangat jenius. Sampai kemudian dia mengalami kecelakaan dan bertemu dengan Jonatahan Pangborn yang memperkenalkannya dengan Kamar Taj.

Disana dia kemudian bertemu dengan sosok Ancient One. Meskipun pada awalnya Strange begitu skeptis terhadap dunia sihir, tapi ketika Ancient One memberikan fakta yang tidak diketahui Strange tentang realita, termasuk dimensi cermin, hal itu membuka mata Strange. Akhirnya Strange memohon kepada Ancient One untuk mau mengajarinya.

Dengan cepat Strange mampu mempelajari ilmu-ilmu sihir baru, termasuk pengendalian waktu yang dilakukan oleh Eye of Agamotto alias Time Stone. Sayangnya, Ancient One kemudian harus tewas di tangan mantan muridnya, Kaecillius, yang percaya bahwa Dormammu akan membawa keabadian baginya. Tapi, diantara Ancient One dan Stephen Strange siapa yang lebih kuat?

Film Doctor Strange menjelaskan bahwa seorang penyihir bisa menjadi lebih baik dengan belajar, dan semakin lama belajarnya maka akan semakin baik. Artinya untuk bisa menguasai ilmu sihir, seorang penyihir harus terus mengembangkan pengetahuannya dengan cara belajar dan menyempurnakan berbagai mantra yang dipelajari dengan mempraktikannya.

Strange bisa dibilang merupakan sosok quick learner dimana dia bisa mempelajari semuanya dan menyerapnya dengan cepat. Dan berdasarkan apa yang dia pelajari di buku, dia bisa mengalahkan Kaecillius dan yang paling penting dia kemudian bisa mengalahkan Dormammu. Selain itu, berkat pengetahuannya dia juga bisa menjadi lawan seimbang bagi Ebony Maw, dan Thanos.

Meskipun Strange bisa belajar semuanya dengan cepat, tapi hal itu masih belum cukup dengan pengalaman ratusan tahun yang dialami oleh Ancient One. Diketahui, ketika Ancient One tewas oleh Kaecillius, usianya adalah 700 tahun dan selama itu pula Ancient One mendedikasikan dirinya untuk mempelajari mystic arts atau ilmu sihir.

Bagaimana dengan pertarungan tanpa akhir yang dilakukan Stephen Strange ketika menghadapi Dormamu dalam film Doctor Strange? Belum dikonfirmasi berapa banyak Strange tewas, kembali hidup, dan berunding dengan sang villain demi menyelamatkan bumi dari kekuatannya. Bisa jadi kejadian tersebut terjadi bertahun-tahun di waktu normal karena Strange mengunci mereka berdua dalam sebuah time loop.

Strange mungkin kehilangan waktu setiap kali dia mencoba untuk mendekati Dormammu dan berbicara dengannya, tapi hal itu memberikan Strange kesempatan untuk mempraktikan apa yang sudah dia pelajari di Kamar Taj. Tapi, yang jadi masalahnya adalah tidak banyak mantra baru atau kemampuan baru yang dia pelajari. Tanpa ada akses untuk membaca buku atau sumber bacaan lainnya, Strange tidak akan mampu menambah atau menyempurnakan dirinya.

Sementara the Ancient One bertarung dengan musuh yang beragam, mempelajari hal baru dari pertarungan tersebut dan menyempurnakannya melalui pembelajaran yang dia lakukan bertarhun-tahun. Hal ini jelas memberikan perbedaan jauh antara Ancient One dan Strange. Tapi, perlu dicatat bahwa kemampuan Strange tidak akan berhenti sampai disitu.

Seperti yang diucapkan oleh Ancient One di film Avengers: Endgame, ketika Bruce Banner memintanya untuk memberikan Time Stone, dia mengatakan bahwa Strange seharusnya menjadi yang terbaik diantara mereka. Itu artinya jika  Strange terus belajar dan terus melanjutkan ceritanya di MCU, dia akan berkembang jauh lebih baik dan kuat dibandingkan Ancient One. Dan perlu diingat juga, Stephen Strange saat ini di MCU masih belum menduduki posisi penyihir agung, yang artinya dia akan menjadi lebih kuat dalam beberapa waktu kedepan ketika dia mempelajari tentang realita lainnya.