Mungkin ada beberapa orang yang bertanya-tanya bagaimana nasib Zuko setelah ia menjadi raja api. Seperti yang kita ketahui, ending Avatar: The Last Airbender menceritakan saat Zuko menjadi raja api, setelah ayahnya yaitu Ozai berhasil dikalahkan. Nah, ada beberapa komik yang menceritakan peristiwa setelah seri The Last Airbender. Salah satunya adalah komik berjudul Sozin’s Coment yang menceritakan secara detail tentang masa pemerintahan Zuko sebagai raja Api. Berikut akan kami bahas mengenai apa yang terjadi setelah Zuko menjadi raja api.

Zuko dan Aang Hampir Berperang Lagi

Tak lama setelah Zuko dan Aang menjadi sekutu di akhir Avatar: The Last Airbender, mereka hampir menjadi musuh lagi. Trilogi komik pertama, yaitu The Promise menceritakan tentang proses akhir perang yang terjadi, di mana ternyata lebih rumit daripada yang Aang perkirakan. Pada acara rekonsiliasi di King Earth Kuei, Aang mengusulkan sebuah rencana perdamaian yang disebut Harmony Restoration Movement. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan semua koloni negara api dari wilayah kerajaan Bumi.

Dalam komik ini juga diceritakan pula permohonan Zuko kepada Aang. Takut menjadi seperti ayahnya, Zuko meminta agar Aang mau membunuhnya, jika ia mulai menunjukkan gelagat jahat. Aang pun lantas menyepakatinya dan yakin bahwa Zuko tidak akan kembali jahat. Namun Aang mulai ragu ketika Zuko mendukung koloni negara api Yu Dao dalam menolak rencana damai Harmony Restoration Movement. Yu Dao menolak meninggalkan tempat mereka sekarang untuk dipulangkan ke negara api.

Upaya Aang dalam menenangkan situasi yang memanas semakin sulit ketika pasukan kerajaan bumi mendatangi tempat tinggal koloni Yu Dao. Pasukan Zuko pun kemudian menduduki tempat tersebut untuk mengantisipasi serangan kerajaan bumi. Akhirnya, pertempuran pun pecah, dan Aang masuk dalam bentuk Avatarnya. Zuko kemudian mencoba menjelaskan alasannya, tetapi akhirnya Zuko menyerah dengan kondisi yang terjadi dan menyerahkan keputusan pada Aang. Tetapi untungnya, Aang tidak membunuh Zuko dan Aang berhasil membawa perdamaian antara kerajaan api dan bumi untuk terakhir kalinya. Pertempuran berakhir dengan koloni Yu Dao yang diizinkan hidup bersama dengan kerajaan bumi.

Zuko Terus Mencari Ibunya

Kisah Zuko berlanjut dalam trilogi berjudul The Search. Di sini, Zuko meminta bantuan Azula untuk menemukan ibu mereka bernama Ursa. Azula menjadi gila setelah gagal menjadi raja api. Ibunya pun dianggap sebagai dalang dari segala hal buruk yang menimpanya. Azula sangat ingin membunuh ibunya, lain halnya dengan Zuko yang berharap agar dapat kembali dengan ibunya. Dalam komik ini, Zuko dipaksa untuk mempercayai bahwa Ozai bukan ayah kandungnya, yang jika hal itu benar, maka zuko tidak memiliki hak atas takhta. Tetapi pada kenyataannya Ozai memang ayahnya.

Akhirnya Zuko mengetahui bahwa ibunya membuat rencana pembunuhan terhadap raja api sebelum Ozai yaitu Azulon. Hal itu Ursa lakukan karena Azulon memerintahkan Ozai untuk membunuh Zuko. Ursa lantas menawarkan racun untuk membunuh Azulon. Jika Azulon mati, maka otomatis Ozai dapat menduduk takhta dan menyelamatkan nyawa Zuko. Ozai lantas menerima tawaran tersebut, tetapi Ozai membuang Ursa untuk memastikan bahwa Ursa tidak akan melakukan hal yang sama terhadapnya.

Setelah meninggalkan Ozai, Ursa lantas pergi kembali ke desa asalnya dan hidup bersama seorang pria bernama Ikem. Setelah hidup bersama, Ikem meminta roh bernama Mother of Face untuk memberinya penampilan dan identitas baru agar ia tak dikenali oleh Ozai suatu saat nanti. Setelah mengetahui hal ini, Ursa pun meminta hal yang sama, dan Mother of Face juga menghapus semua ingatan Ursa tentang pernikahannya dengan Ozai, termasuk ingatannya tentang anak-anaknya.

Pada akhirnya, Zuko dapat bersatu kembali dengan ibunya dan bertemu dengan saudara tirinya bernama Kiyi untuk pertama kalinya. Namun sayangnya cerita tak berakhir happy ending, karena suatu waktu Azula berhasil melarikan diri dan menyebabkan lebih banyak masalah bagi Zuko.

Perseteruan Zuko dan Azula Berlanjut

Setelah Yu Dao berhasil hidup berdampingan dengan kerajaan Bumi, muncul sebuah kelompok pemberontakan bernama New Ozai Society yang berencana untuk membunuh Zuko dan mengembalikan Ozai atas takhta. Dalam trilogi komik Smoke and Shadow, Zuko berurusan dengan ancaman ganda yaitu New Ozai Society dan kembalinya Azula dengan pengikutnya. Mereka mulai mencuri anak-anak dari negara api untuk membuat onar dan memaksa Zuko untuk mengambil tindakan tegas dan kejam.

Ketika Zuko akhirnya bertemu dengan Azula, Azula lantas mengungkapkan bahwa ia memiliki ambisi baru untuk memperlihatkan image kejam dan totaliter dari Zuko. Zuko menyadari bahwa dia telah melangkah terlalu jauh, dan setelah mengusir Azula pergi dan menyelamatkan anak-anak dari negara api, Zuko meminta maaf kepada rakyatnya karena telah mengecewakan mereka. Zuko berjanji untuk melakukan yang lebih baik di masa depan.

Dalam Smoke and Shadow, Zuko pun kembali bersatu dengan mantan pacarnya yaitu Mai. Keduanya telah diperlihatkan putus dalam komik The Promise setelah Mai mengetahui bahwa Zuko diam-diam bertemu dengan ayahnya, dan sejak itu Mai mendapatkan pacar baru bernama Kei Lo. Tetapi tak lama diceritakan bahwa Mai dan Kei Lo putus di akhir komik, tetapi tidak pernah terungkap apakah Mai dan Zuko berakhir bersama lagi atau tidak.

Kehidupan Terakhir Zuko di The Legend of Korra

Dalam The Legend of Korra, Zuko diceritakan memiliki seorang putri bernama Izumi yang menggantikannya sebagai raja api. Zuko juga memiliki cucu perempuan dan cucu laki laki bernama Iroh (namanya sama dengan paman Zuko), yang menjadi jendral pasukan negara api dalam The Legend of Korra. The Legend of Korra sendiri berfokus kepada generasi karakter baru, sehingga penampilan Zuko dalam seri ini terbatas.

Zuko tetap berteman di sisa hidupnya dengan Aang, Sokka, dan Katara. Zuko sendiri yang menawarkan saran kepada Korra, agar Korra mau menjadi penerus Avatar. Korra sendiri pernah mengungkapkan kepada Zuko bahwa ia bertemu dengan paman Iroh yang dicintai oleh Zuko dalam dunia roh. Sekarang Iroh telah hidup damai di antara roh-roh.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/