Berdasarkan dari apa yang sudah diperlihatkan di film-film Marvel Cinematic Universe, ketika berbicara mengenai kekuatan maka pahlawan yang paling kuat di MCU akan merujuk kepada Captain Marvel. Tapi, hal ini tentunya bisa saja diperdebatkan oleh para fans karena masing-masing fans tentu memiliki pandangan tersendiri tentang “kekuatan”. Tapi, hal ini didukung oleh pertanyaan Kevin Feige yang menyebutkan bahwa Captain Marvel adalah Avengers terkuat.

Yang menarik adalah pernyataan dari Feige ini terkesan plinplan, karena sebelumnya Feige sendiri menyatakan bahwa Scarlet Witch adalah Avengers yang paling kuat. Jika berbicara masalah kekuatan, selain Carol Danvers dan Scarlet Witch, ada juga Avengers lainnya yang masuk dalam pilihan seperti  Thor, Hulk, dan Doctor Strange.

MCU rasanya tidak akan pernah kekurangan para pahlawan yang memiliki kekuatan luar biasa. Kekuatan Scarlet Witch bisa jadi di atas kekuatan dari Docor Strange, seperti yang diperlihatkan dalam film Avengers: Infinity War dan Endgame. Sehingga, jika berbicara mengenai kekuatan sihir maka Scarlet Witch bisa jadi juaranya.

Captain Marvel, di sisi lain, meskipun unggul dalam masalah fisik dan Carol memiliki kemampuan berdasarkan energi Photon, berbagai kemampuan lainnya membuat Carol Danvers menjadi Avengers yang tidak bisa ditandingi. Danvers merupakan satu-satunya Avengers yang bisa terbang, dan pergi ke luar angkasa tanpa pelindung dan tanpa pesawat luar angkasa. Dia bisa dengan mudah menghadang serangan misil dari kapal perang luar angkasa dan menghancurkan seluruh armada dengan mudah.

Carol mungkin tidak memiliki kekuatan fisik yang kuat seperti Thor dan Hulk, tapi dia berhasil membawa Benathar yang terombang-ambing di luar angkasa kembali ke bumi tanpa bantuan. Hal itu tentunya tidak akan bisa dilakukan oleh Avengers lainnya. Apa yang terjadi di film Infinity War dan Endgame bisa menjadi gambaran seberapa kuat sosok Captain Marvel.

Di film Infinity War sebelum Carol Danvers tiba, Doctor Strange dan Scarlet Witch tidak diragukan lagi menjadi yang paling kuat apalagi dengan berhasil menahan serangan Thanos yang memiliki 4-5 Infinity Stones. Tapi, di akhir cerita Endgame kita tahu seberapa kuat Carol Danvers ketika berhadapan dengan Thanos. Dia berhasil menghancurkan seluruh kapal perang Thanos, dia berhasil mengungguli Thanos, dan dia juga tidak mengalami luka sedikit pun akibat terkena serangan Thanos.

Captain Marvel adalah sosok yang mampu memberikan perubahan yang luar biasa, dimana kehadirannya bisa membantu para superhero lain membalikan keadaan sehingga Tony Stark bisa mencuri Infinity Stones dari Thanos. Baik Captain Marvel ataupun Scarlet Witch sama-sama mendapatkan kekuatannya dari Infinity Stones. Carol dari Space Stones dan Scarlet Witch berasal dari Mind Stone.

Sebenarnya, sejauh ini Scarlet Witch belum pernah memperlihatkan kekuatannya yang sebenarnya selain mampu menahan serangan Thanos dan hampir membunuhnya. Di komiknya sendiri Scarlet With bisa menciptakan sebuah realitas, dan hal inilah yang banyak fans harapkan bisa muncul dalam seri WandaVision. Sedangkan Captain Marvel, sejak muncul di film solonya dia sudah membuktikan diri menjadi Avengers yang terbaik dengan kekuatannya.

Jadi, kesimpulannya adalah jika dibandingkan dengan Scarlet Witch sebenarnya Captain Marvel masih menjadi yang terbaik. Dia bisa berpetualang ke seluruh universe, menjadi sinar bagi seluruh kehidupan, dan secara fisik pun dia tidak bisa dilukai dan dia  juga unstoppable.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.