Selain Goku, dalam series Dragon Ball Vegeta juga merupakan salah satu karakter populer dan menjadi karakter favorit para fans. Pertama kali muncul sebagai villain dalam Saiyan Saga dalam cerita Dragon Ball Z, pangeran bangsa Saiyan tersebut membuat kehadirannya dalam cerita Dragon Ball menjadi menarik untuk disimak, dengan menghadirkan berbagai pertarungan epik melawan Goku.

Dalam cerita Dragon Ball Super, Vegeta sudah mencapai sebuah level baru dimana level kekuatannya belum pernah dia raih sebelumnya dengan menghadirkan form baru dan kekuatan baru. Saat ini para fans sendiri sedang menantikan hasil jerih payahnya berlatih di planet Yadrat ketika bertarung melawan Moro. Meskipun Vegeta sudah mencapai level para dewa dalam hal kekuatan, tapi ada karakter yang belum mampu dia kalahkan.

Moro

Moro merupakan musuh utama terbaru dalam cerita Dragon Ball Super, juga menjadi salah satu antagonis yang paling sulit dikalahkan yang memaksa Vegeta dan Goku untuk kembali berlatih. Kemampuan yang luar biasa dari Moro adalah mampu menyerap energi yang membuat dia semakin kuat, dengan tanpa adanya batasan. Jadi, wajar jika Moro masih menjadi kendala dan halangan – bukan hanya bagi Vegeta tapi juga Goku.

Vegeta kemudian berlatih di planet Yadrat dengan tujuan untuk mengalahkan Moro. Tapi, kita belum tahu sudah sampai sejauh mana perkembangan kekuatan dari vegeta untuk saat ini. Sebenarnya ada juga alasan lain – selain untuk mengalahkan Moro – dari Vegeta untuk berlatih di planet Yardrat, yaitu mengimbangi kekuatan dai Goku.

Jiren

Level kekuatan dari Jiren saat Tournament of Power tentunya bukan sesuatu yang bisa dianggap remeh. Bahkan sebagian menganggap bahwa level kekuatan Jiren lebih dahsyat dari seorang dewa penghancur. Tapi, memang dia kemudian berhasil dikalahkan oleh Goku dalam turnament tersebut. Dengan Vegeta yang selalu berusaha untuk melampaui Goku, artinya Vegeta juga memiliki kesempatan untuk mengalahkan Jiren. Dan jika manga dari Super yang dijadikan patokan, kekuatan Vegeta sudah hampir setara dengan Goku yang artinya dia bisa saja mengalahkan Jiren.

Kefla

Fusion dari Caulifla dan Kale ini merupakan salah satu momen yang paling epik ketika Tournament of Power berlangsug. Momen tersebut memperlihatkan kepada kita bagaimana luar biasanya dan dahsyatnya kekuatan dari Saiyan yang bersatu dari Universe 6 tersebut. Tanpa menggunakan ultra Instinctnya yang belum sempurna, Goku bisa dengan mudah mengalahkan Kefla dari turnamen tersebut.

Level kekuatan ini mungkin belum bisa diraih oleh Vegeta, namun bukan berarti hal itu mustahil. Dengan latihan yang ketat, Vegeta mungkin ada di level yang sama dengan Goku dimana dia bisa mengalahkan Kefla dengan mudah.

Broly

Broly merupakan sebuah rintangan besar bagi Goku dan Vegeta, dimana keduanya benar-benar dibuat tidak berdaya dengan level kekuatan seorang Super Saiyan legendaris. Butuh usaha yang sangat luar biasa yaitu fusion dari kedua petarung tersebut untuk kemudian bisa menghentikan kegilaan dan kekacauan yang dibuat oleh Broly. Tapi, dengan fakta bahwa Broly tidak muncul di chapter terbaru Dragon Ball Super, ada kemungkinan jika latihan yang Vegeta lakukan di Yardrat pada akhirnya bisa membuat dia bertarung satu lawan satu dan menang.

Frieza

Frieza adalah salah satu petarung terkuat dalam cerita Dragon Ball Super, meskipun dia mungkin sudah sering kali dikalahkan. Dia selalu berhasil kembali muncul setelah dikalahkan oleh musuhnya. Meskipun begitu, bukan berarti level kekuatan dari Frieza lemah, apalagi ketika dia mengakses form Golden Frieza.

Vegeta harus menerima kekalahan saat bertarung melawan Frieza, ketika dia menduduki planet Namek. Tapi, jika pertandingan ulang dilakukan sekarang mungkin peluang Vegeta untuk menang sangatlah tinggi apalagi dia sudah mengalami peningkatan kekuatan yang luar biasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.