Semua akan mengalami akhir, bahkan para superhero Marvel dalam seri komik The End. Semua karakter yang terlibat akan menghadapi akhir kisah hidup mereka. Nah kali ini kita akan mencoba membahas satu persatu cerita akhir yang dialami oleh masing-masing karakter dalam seri The End. Nah apa aja? Simak di bawah ini ya Geeks!

Captain America

Mungkin orang-orang akan berasumsi jika akhir dari cerita Captain America akan menceritakan saat ia menghajar musuh-musuhnya dengan tameng dan kekuatan fisiknya yang luar biasa. Tetapi dalam komik Captain America: The End, nasib Captain America berakhir setelah ia memutuskan pensiun dan memberikan darahnya guna membantu menyembuhkan manusia dari virus Skull.

Ketika itu dunia telah diambang kehancuran dengan banyaknya bencana yang dialami. Di saat yang sama, Captain America juga harus menghadapi para zombie Skull yang mencoba untuk membunuhnya. Para zombie Skull tersebut awalnya adalah orang biasa, yang berubah setelah terpapar semacam virus. Setelah terus berusaha untuk menghentikan mereka semua, Captain America dan 2 orang yang tersisa tersadar bahwa darah dalam tubuh Captain America adalah obat dari semuanya. Oleh sebab itu Captain America rela memberikan darahnya untuk mengembalikan semuanya menjadi semula.

Iron Man

Dalam komik Iron Man: The End, diceritakan bahwa Tony memutuskan untuk pensiun sebagai Iron Man. Tony memutuskan pensiun karena ia sudah tidak muda lagi, dan ia mengalami masalah kesehatan yang cukup serius. Juga di saat yang sama, Tony juga harus berhadapan dengan musuh baru yang berbahaya. Tony pun lantas mencari pengganti yang tepat untuk menggantikannya sebagai Iron Man. Pilihannya jatuh kepada Nick Travis yang merupakan teman sekaligus doktor bagi Tony.

Sejak itu Nick mulai dilatih oleh Tony, sampai suatu saat ia bertemu dengan musuhnya yaitu Ultra-Dynamo yang dikendalikan oleh Arkady Vostok. Dengan segala keterbatasannya, Nick dengan armor Iron Mannya berhasil mengalahkan Ultra-Dynamo. Setelah kejadian itu, posisi Tony Stark sebagai Iron Man resmi digantikan oleh Nick. Setelah pensiun, Tony lantas memutuskan untuk tinggal di luar angkasa bersama Beth dan menghabiskan masa tuanya disana.

Punisher

Komik Punisher: The End menceritakan saat dunia tengah berada dalam sebuah perang nuklir. Di sini, Frank Castle alias Punisher menjadi seorang tahanan yang berhasil kabur dari penjara bersama dengan temannya. Frank terlihat sudah tua dan ia berencana untuk memburu orang-orang jahat yang bertanggung jawab atas perang nuklir dan korban jiwa yang masif. Orang-orang itu disebut the Coven, dan mereka berlindung di sebuah bunker yang sudah mereka siapkan sebelumnya untuk kondisi tersebut.

Punisher yang terpapar radiasi nuklir sebelumnya telah berhasil mendapatkan kode akses untuk memasuki bunker para the Coven. Di dalam bunker, Punisher berhasil menemukan seluruh penjahat yang tengah berkumpul. Salah seorang penjahat membujuk Punisher agar ia tak membunuh para orang-orang di sana, dengan menyebut bahwa orang-orang tersebut adalah harapan terakhir umat manusia. Namun Punisher menolaknya dan membunuh mereka semua. Namun di akhir cerita, sepertinya kita diperlihatkan bagaimana Punisher berjalan menuju api dan tewas karena radiasi.

Deadpool

Sebenarnya ada banyak versi kematian Deadpool dalam komik Deadpool: The End, tetapi yang kali ini kita bahas adalah kematian versi yang paling menyedihkan. Awalnya, Deadpool berniat membunuh Death yang merupakan mantan kekasihnya, sehingga dengan terbunuhnya Death maka tak ada lagi orang yang akan mati. (Death seperti malaikat pencabut nyawa). Sebenarnya Deadpool tak ingin membunuh Death, tetapi ia ingin melakukan itu untuk menyelamatkan putrinya yang sudah tua yaitu Ellie.

Harus diketahui bahwa Deadpool dikutuk untuk hidup selamanya, setelah ia membuat kesepakatan dengan iblis. Kesepakatan itu hanya bisa dibatalkan jika Deadpool membunuh putri satu-satunya yaitu Ellie. Oleh sebab itulah sekarang Deadpool jauh lebih muda ketimbang putrinya, Ellie. Dalam komik The End ini, Deadpool sangat mencintai putrinya, tapi sekarang di usia Ellie yang telah menginjak 97 tahun, Ellie tentunya akan segera mati. Deadpool tak tahan hidup di dunia tanpa putri yang ia cintai. Oleh sebab itu Deadpool ingin sekali untuk membunuh Death agar Death tak mengambil nyawa Ellie.

Doctor Strange

Pengorbanan mengejutkan kali ini datang dari sosok Doctor Strange. Menjelang akhir hidupnya, Doctor Strange menjadi satu-satunya penyihir yang hidup di dunia. Dunia kala itu berubah dengan menampilkan dunia cyberpunk masa depan, dan semua sihir telah dimusnahkah. Dalam upaya terakhirnya untuk memulihkan sihir yang ada, Strange yang sudah tua lantas mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan sosok Magik yang menjadi peran kunci.

Magik kala itu berada bersama entitas cosmic yaitu Eternity. Setelah Magik dapat terbebas, ia pun muncul ke Bumi dan bertemu dengan kepala sekolah penyihir. Di sana Magik menyadari bahwa Strange telah berhasil membawanya kembali, dan Magik mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Strange.

Fantastic Four

Mungkin diantara semua kisah akhir bagi superhero, kisah dari Fantastic Four lah yang berakhir dengan bahagia. Walau berakhir dengan bahagia, komik ini diawali dengan cerita menyedihkan di mana anak dari Sue dan Richards yaitu Franklin dan Valeria harus tewas ditangan Doctor Doom, setelah kedua anak tersebut mencoba membantu tim Fantastic Four. Setelah kejadian tersebut, anggota tim Fantastic Four sudah jarang bertemu akibat kesibukan mereka masing-masing.

Namun menjelang akhir cerita dan 20 tahun sejak kejadian itu, para anggota Fantastic Four berkumpul kembali dan mereka melawan Doctor Doom dari masa lalu. Dengan bantuan Stephen Strange, Richards dan Sue berhasil membawa Franklin dan Valeria dari masa lalu (sebelum Doctor Doom membunuh Franklin dan Valeria), ke masa depan. Dengan begitu mereka dapat berkumpul kembali bersama dan berakhir dengan happy ending.

Hulk

Dalam komik Hulk: The End, diceritakan bahwa Bruce Banner berusia lebih dari 200 tahun dan ia tengah sekarat. Dunia saat itu sudah hancur, dan hanya dialah orang yang tersisa. Saking putus asanya Bruce Banner, ia pernah mencoba melombat ke sebuah jurang, namun saya melompat, Hulk mengambil alih tubuhnya dan ia tak bisa mati. Dalam komik ini, Bruce diceritakan sangat ingin mati. Namun ia tidak pernah bisa karena ada Hulk dalam dirinya yang selalu mencegahnya.

Cerita berakhir saat Bruce Banner terkena Stroke. Ketika itu, terjadi pergulatan batin antara Banner dan Hulk sampai akhirnya Hulk benar-benar mengambil alih tubuh Banner dan memaksanya untuk secara permanen berubah menjadi Hulk. Itulah terakhir kalinya Banner terlihat, dan sepertinya Banner dapet beristirahat dengan tenang.

Wolverine

Wolverine: The End adalah sebuah komik yang menceritakan saat Wolverine yang sudah menjadi tua. Kemampuan bertarung dan healing factornya pun sudah mulai memudar. Dalam komik ini, Wolverine alias James bertemu dengan saudaranya. Dari situ Wolverine mulai mendapatkan kembali ingatan masa lalunya, seperti tentang siapa orang tuanya. Tetapi saudaranya yaitu John Howlett Jr memiliki rencana jahat untuk menghancurkan Amerika.

Dari situlah Wolverine harus menghadapi saudaranya tersebut untuk menyelamatkan Amerika dari penghancuran nuklir. Dalam akhir cerita, Wolverine berhasil menusuk saudaranya, hingga akhirnya Howlett tewas. Namun Howlett sepertinya masih menyimpan suatu rahasia tentang Rose O’Hara. Dari yang terlihat dalam ending komik tersebut, Wolverine terlihat terpukul akan kematian saudaranya.

Captain Marvel

Setelah Captain Marvel berhasil mengalahkan sosok monster hasil mutasi radioaktif dalam komik Captain Marvel: The End, ia tersadar bahwa ancaman masih belum berhenti. Orang-orang yang selamat dan hidup di bawah tanah juga harus menghadapi ancaman lain, yaitu hawa dingin yang dapat membunuh mereka sewaktu-waktu. Hawa dingin tersebut terjadi karena matahari sekarat dan akan mati. Jika mereka pergi ke permukaan, hanya ada beberapa orang saja yang akan bertahan dari hawa dingin yang menyerang, dan sisanya mungkin akan tewas.

Melihat ancaman tersebut, Captain Marvel pun tak tinggal diam. Ia lantas memutuskan untuk melakukan sebuah misi bunuh diri. Upayanya adalah dengan meledakkan dirinya sendiri dipermukaan matahari, agar ledakan tersebut dapat memicu matahari untuk menghasilkan panasnya kembali. Hal tersebut akhirnya membuahkan hasil, namun sepertinya Captain Marvel tidak akan pernah terlihat lagi setelah aksi heroiknya itu.

Miles Morales

Miles Morales diceritakan telah berumur tua dalam komik Miles Morales: The End. Namun walau gerakannya sudah mulai terbatas, ia tetap berusaha melindungi kota Brooklyn saat dunia telah mengalami kehancurannya. Ketika itu ada seorang panglima perang yang menggunakan kostum Captain America baru, di mana ia berusaha menyerang orang-orang yang telah hidup bahagia di bawah lindungan kubah. Villain tersebut lantas berhasil merangsek masuk ke dalam kubah dan mulai mengancam orang-orang di dalamnya.

Miles Morales pun tentu tidak tinggal diam dan mencoba menghentikan villain tersebut. Namun untuk menghentikannya, Miles membutuhkan seluruh kekuatannya. Pada akhirnya Miles berhasil mengalahkan villain tersebut, tetapi nyawanya harus jadi taruhannya. Yang paling menyedihkan, sebelum kematiannya, Miles sempat mengutarakan rasa penyesalannya karena hingga akhir hayatnya, Miles tidak memiliki anak, karena ia terlalu sibuk.