Arc Wanokuni merupakan arc yang lebih kompleks dibandingkan dengan arc lainnya, dan juga merupakan arc yang paling panjang dibandingkan yang lain. Beberapa arc sebelumnya seperti Whole Cake Island, Dressrosa, dan juga Zou memang tidak kalah menarik tapi arc Wanokuni menyimpan memiliki cerita yang menarik, contohnya tentang Oden dan bagaimana dia kehilangan kekuasaannya.

Arc Wano yang luar biasa ini membuat banyak fans berspekulasi tentang banyak hal, misalnya tentang apa yang akan terjadi disana, siapa yang tewas, bagaimana bila ada sesuatu yang terjadi, dan sebagainya. Sebagian teori atau spekulasi memang dianggap akan sangat mengejutkan bila benar terjadi, tapi sebagian diantaranya masih bisa masuk akal. Berikut adalah beberapa teori Wano yang masih dianggap masuk akal.

Zoro Berasal dari Wano

Ini merupakan salah satu teori yang memang banyak dikaitkan dengan arc Wano oleh para fans. Sejak awal diperkenalkan bahwa Wano merupakan sebuah wilayah yang penuh dengan budaya tradisional Jepang, misalnya samurai, ninja, atau bahkan Geisha, para fans langsung memunculkan teori jika Zoro berasal dari wilayah Wano. Lalu, apakah memang Zoro berasal dari sana?

Berdasarkan dari apa yang diketahui sejauh ini, Zoro memang memiliki koneksi dengan wilayah Wano tapi masih belum diketahui apakah memang dia berasal dari sana. Ada banyak petunjuk-petunjuk yang mengarah pada hal itu, misalnya adanya wilayah di Ringo yang dikuasai oleh klan Shimotsuki, desa Zoro dibesarkan. Oda sendiri pernah memberikan petunjuk jelas tentang Zoro, klan Shimotsuki, dan Wano dalam pojok SBS.

Big Mom Memberikan Kaido Keabadian

Bagaimana Kaido bisa sangat kuat? Bagaimana Kaido bisa hidup kekal, tidak mati meskipun sudah melakukan berbagai upaya agar dia sendiri bisa mati? Apakah dia memang pengguna Advanced Armament Haki sehingga dia tidak bisa mati? Itulah pertanyaan yang muncul sejak awal Kaido diperkenalkan dan sejak arc Wano berjalan sampai sekarang.

Banyak spekulasi yang muncul untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan dalam salah satu dialog juga Big Mom menyebutkan bahwa Kaido berutang besar atas keabadiannya tersebut. Hutang besar apa? Apakah Big Mom memberikan Kaido banyak nyawa sebagai cadangan? Selain memberikan Kaido nyawa cadangan, salah satu teori yang dirasa masuk akal lainnya adalah Big Mom mengambil jiwa dari Kaido.

Blackbeard Muncul di Wano

Blackbeard merupakan salah satu antagonis dalam cerita One Piece yang mulai mendapatkan perhatian banyak orang. Blackbeard memang tidak terlalu banyak diperlihatkan bertarung. Dia lebih banyak diperlihatkan “memanfaatkan” situasi yang ada, yang sudah kacau, untuk digunakan demi mewujudkan mimpinya. Contohnya adalah ketika perang besar Marineford, Blackbeard tidak ikut campur, tapi di akhir pertempuran dia muncul dan mencuri kekuatan Gura Gura no Mi milik Whitebeard.

Di arc Wano, Blackbeard sempat diperlihatkan begitu excited dengan sebuah berita di koran milik Morgan. Entah dia tertarik karena kabar tentang Sabo, atau kabar tentang aliansi Kaido dan Big Mom. Di akhir, dia mengatakan bahwa mereka harus tiba lebih dahulu sebelum ada pihak lain yang datang. Bagi Blackbeard yang selalu merusuh di akhir pertempuran, tidak aneh jika kemudian dia muncul di Wano.

Killer Jadi Jauh Lebih Kuat Dengan SMILE

Di awal pertempuran melawan Kaido, beberapa Worst Generation harus menghadapi pil pahit dimana mereka bisa dengan mudah dikalahkan oleh Kaido. Kelompok Kidd mungkin yang paling menderita, dengan krunya yang hancur lebur dan harus ditawan di penjara Udon. Selain dipenjara, Killer yang merupakan wakil dari Kidd harus merasakan hal mengerikan lainnya.

Killer “dipaksa” memakan buah iblis SMILE dengan alasan agar Kidd tidak dibunuh. Ketika Kidd mengetahui hal ini, dia semakin marah dengan kelompok bajak laut Kaido dan bahkan bersumpah akan membunuhnya karena sudah membuat Killer berubah drastis. Ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa bisa jadi buah iblis SMILE dalam diri Killer akan bangkit dan membuatnya menjadi lebih kuat.

Kanjuro Menjadi Pengkhianat 

Tidak ada yang menyangka akan ada pengkhianat di Wano, sampai kemudian mereka harus menerima kenyataan bahwa usaha mereka pergi ke Onigashima harus gagal akibat bocornya informasi yang sudah disusun. Adanya pengkhianatan ini membuat para fans terkejut, dan mulai menerka-nerka siapa sebenarnya pengkhianat diantara Red Scabbards,

Ada yang mengatakan Raizo, Kin’emon, Shinobu (memang pada awalnya Shinobu ditugaskan untuk memata-matai Oden dan membunuhnya), dan ternyata pengkhianat diantara mereka adalah Kanjuro. Meskipun Kanjuro adalah pengkhianat bagi Red Scabbards, bukan berarti dia tidak bisa mengkhianati Kaido dan Orochi. Mungkin akan ada satu momen ketika Kanjuro pada akhirnya akan mengkhianati mereka berdua.