Meskipun sudah pernah mengalahkan banyak musuh, tapi sepanjang dia menjadi shinobi Naruto dia hanya pernah membunuh satu orang saja. Dengan setting dunia ninja yang kelam dan memiliki ketergantungan terhadap kekuatan, adegan kekerasan dan darah memang menjadi sesuatu yang biasa, meskipun adegan kekerasan tersebut tidak dalam tahap ekstrem dan eksplisit.

Sebagai protagonis seriesnya, Naruto mau tidak mau harus terlibat dalam berbagai macam pertempuran. Dan dalam pertempuran tersebut, dia pasti bertarung melawan berbagai macam orang. Sebagian besar lawan yang dikalahkan Naruto biasanya hanya luka ringan, jika tidak luka parah. Dan bagi salah satu karakter, dia harus menerima takdir tewas di tangan Naruto.

Sebagian besar cerita memang memperlihatkan Naruto sebagai sosok yang pemaaf, dan justru mengajak orang yang menyerangnya untuk kembali melakukan hal baik. Tapi, bagi Yura dari desa Sunagakure, Naruto sepertinya memberikan pengecualian. Pada awalnya Yura dipercaya sebagai salah satu anggota persekutuan yang bisa dipercaya, tapi kemudian terungkap jika Yura bekerja untuk Akatsuki.

 

Ingatan Yura kembali diaktifkan ketika Sasori dan Deidara tiba di desa Suna untuk menculik Gaara. Setelah tugasnya selesai, Yura kemudian berubah menjadi kloning Itachi Uchiha atas perintah Pain. Ketika menyamar menjadi Itachi, Yura harus menghadapi para shinobi kuat Konoha seperti Naruto, Kakashi, Sakura, dan Chiyo. Tapi berkat Giant Rasengan Naruto, akhirnya Yura bisa dihentikan. Ketika dia sudah tidak berdaya (dan tewas) barulah terungkap bahwa itu bukanlah Itachi asli, melainkan Yura yang menyamar.

Yura mungkin satu-satunya karakter yang dibunuh oleh Naruto dalam versi canon, tapi jika kita berbicara mengenai filler dan cerita lainnya yang bukan bagian dari canon seriesnya, ada beberapa contoh yang bisa disebutkan. Misalnya Raiga dari desa kabut, yang tewas akibat serangan Rasengan Naruto dan membuat dia terjatuh dari tebing.

Tapi, sebenarnya Raiga dari awal sudah memutuskan untuk menghakhiri hidupnya sambil terjatuh, jadi hal itu tidak sepenuhnya salah Naruto. Naruto juga pernah membunuh Urashiki Otsutsuki. Villain dari klan Otsutsuki ini pergi ke masa lalu Naruto dalam filler series Boruto, untuk menyerang Naruto yang masih kecil. Namun kemudian, Naruto membuat serangan yang kemudian membunuh Urashiki.

Kematian Yura sebenarnya menjadi pengecualian dan tidak bisa disebut sebagai kematian yang brutal, karena Naruto tidak mengetahui bahwa itu adalah Yura. Yang diketahui Naruto pada saat itu bahwa dia adalah Itachi. Tapi, jika kemudian hal ini bisa diperbaiki akan lebih baik jika Yura dibunuh oleh Pain dibandingkan oleh Naruto. Bagaimana menurut kalian Geeks?