Sejak masih kecil, shinobi muda dari desa Konoha bernama Naruto harus berjuang sendirian menghadapi stigma masyarakat dan juga berjuang untuk mengendalikan monster ekor sembilan yang disegel di dalam tubuhnya. Meskipun kini sang anak, Boruto, menghadapi takdir yang berbeda tapi dia harus menghadapi situasi yang sama dengan kekuatan segel Karma yang ada di tubuhnya.

Ketika desa Konoha mencoba untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang organisasi Kara, yang mengancam desanya dan juga seluruh Shinobi, mereka ternyata menemukan berbagai fakta menarik termasuk tentang Karma. Segel Karma sendiri sudah menjadi elemen penting dalam series Boruto: Naruto Next Generation.

Dengan kekuatan Karma, Boruto menjadi salah satu shinobi terkuat dan terhebat saat ini. Segel Karma sendiri ternyata bukan hanya dimiliki oleh Boruto saja, dimana ternyata ada beberapa karakter lainnya yang juga memiliki segel atau kekuatan Karma. Ternyata kekuatan Karma ada kaitannya dengan klan yang menjadi leluhur para shinobi, yaitu klan Otsutsuki.

Seperti dijelaskan di chapter 46 kemarin, Amado mulai banyak berbicara tentang Kara, Jigen, dan juga Otsutsuki. Menurut Amado, Karma pada dasarnya merupakan “data” yang berisi kekuatan dari seorang Otsutsuki. Sebelum seorang Otsutsuki tewas atau sekarat, dia akan menyimpan seluruh kekuatannya pada segel Karma, sebelum kemudian dia “merasuki” orang lain melalui segel Karma tersebut.

Memang butuh waktu yang tidak sebentar bagi seorang Otsutsuki untuk bisa mengambil alih secara penuh tubuh dan kesadaran korbannya, melalui Karma. Contoh yang paling nyata adalah Jigen, yang seperti dijelaskan oleh Amado, Jigen sudah berada dibawah kendali penuh dari Isshiki Otsutsuki setelah bertahun-tahun berada di dalam tubuhnya.

Bagaimana dengan Boruto? Sebenarnya sudah sering kali diperlihatkan kekuatan Karma dalam diri Boruto seperti mengambil alih tubuhnya. Contoh yang paling baru adalah ketika Team 7 bertarung melawan salah satu anggota Kara yaitu Boro. Dengan kekuatan Karmanya, Boruto benar-benar menghancurkan Boro.

Meskipun Amado sudah mengungkapkan semua yang dia ketahui tentang Kara dan Otsutsuki, apakah kemudian informasi tersebut bisa membantu Konoha untuk menyusun rencana demi menghentikan apa yang dilakukan oleh Kara? Apalagi, Amado juga mengungkapkan jika Jigen sudah mempersiapkan rencana lainnya. Apakah kekuatan Karma Boruto akan membantu Konoha mengalahkan semua rencana Kara? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.