Menurut PowerUp! Gaming, The Last of Us Part II akan menyuguhkan tingkat kesulitan tertinggi bernama Survivor. Pada tingkat ini, The Last of Us Part II akan menawarkan pengalaman bermain yang lebih ekstrim dari biasanya dan tanpa ampun. Para pemain dipaksa untuk untuk menggunakan sebaik mungkin sumber daya yang ada, dan tak segan untuk melakukan aksi brutal agar karakter Ellie yang dimainkan dapat bertahan hidup.

Namun masih belum jelas apakah para pemain dapat mekakukan kesalahan sesekali dalam tingkat ini atau tidak. Yang jelas, tingkat Survivor menawarkan sesuatu yang sangat sulit. Pada tingkat kesulitan reguler, pemain akan memiliki pilihan untuk menghabisi musuh, mulai dari menggunakan senjata jarak dekat, hingga ke senjata api. Sementara pada tingkat Survivor, kita tidak bisa sebebas seperti biasanya karena sesuai dengan nama tingkatan ini, kita harus menjadi orang selamat atau bertahan hidup (Survivor).

Dari trailer The Last of Us Part II yang rilis beberapa waktu lalu, gamenya memang akan menceritakan tentang sisi terang dan gelap seorang anak manusia yang hidup di dunia post-apocalyptic. Jelas bahwa kini Ellie telah tumbuh, dari seorang anak kecil menjadi remaja yang punya kisah cinta dan keluarga. Ia juga memiliki rasa benci dan balas dendam yang jauh lebih kompleks ketimbang game pertamanya. Sosok Ellie jelas mengalami perubahan yang signifikan.

The Last of Us Part II memang menjadi salah satu game yang paling dinantikan sepanjang masa. Game pertamanya saja sangat sukses dipasaran karena alur cerita yang menarik dan gameplay yang intens. Dari segala yang terungkap tentang proyek The Last of Us Part II, game ini telah membuat banyak orang percaya bahwa sekuelnya akan lebih baik daripada game terdahulunya. Semoga saja penantian panjang para penggemar The Last of Us terbayarkan dengan sekuelnya nanti.