Cerita One Piece sudah berjalan lebih dari dua dekade, dan tentunya hal ini menjadikan One Piece sebagai manga yang paling lama sejauh ini. Meskipun sudah lebih dari dua dekade, Eiichiro Oda nampaknya berhasil menjaga relevansi cerita meskipun terkadang alur ceritanya terasa naik ataupun turun. Ada banyak elemen yang membuat One Piece tetap menjadi manga yang digemari, seperti plot yang menarik, referensi, dan sebagainya.

Sama seperti cerita manga shonen atau cerita pada umumnya, ada berbagai momen di seri One Piece yang menjadi penyebab berubahnya jalan cerita secara keseluruhan atau menjadi titik awal sebuah peristiwa besar. Berikut adalah pembahasannya.

Hachi Ditembak Kaum Naga Langit

Hachi meerupakan seorang manusia ikan, yang dulunya merupakan bagian dari kru Arlong. Hachi memang pernah berperan sebagai villain sebelum kemudian dia berubah menjadi sosok yang lebih baik. Hachi dulu pernah menjadi budak kaum naga langit dan rasa bencinya terhadap manusia masih tersimpan sangat dalam sampai dia akhirnya dibebaskan.

Dalam arc Sabaody, Hachi sudah menjadi teman bagi kru Topi Jerami. Ketika Topi Jerami pergi ke pelelangan manusia ikan, dia kemudian melihat sosok Camie yang dijual. Mereka sempat berdebat harga untuk membeli kembali Camie, sampai akhirnya kaum naga langit membelinya dengan harga 500 juta Belly. Penyamaran Hachi akhirnya terbongkar, yang membuat salah satu naga langit akhirnya menembak lengan Hachi. Insiden itu kemudian membuat Luffy marah dan Luffy pun menghajar kaum naga langit tersebut. Tidak perlu waktu lama untuk angkatan laut dan admiral untuk datang ke tempat tersebut.

Robin Menjadi Kru Topi Jerami

Dibandingkan yang lain, Robin sebenarnya kru yang unik. Jika biasanya Luffy yang mengajak seseorang untuk bergabung, Robin justru meminta Luffy untuk mengajaknya. Tidak mudah memang, karena sebelum Robin akhirnya bisa bergabung, Luffy dan kru Topi Jerami harus bertarung mati-matian melawan anggota CP9 dan mengejar Spandam dalam arc Ennies Lobby.

Bergabungnya Robin merupakan salah satu hal yang paling besar dalam cerita ini. Karena, untuk bisa menemukan One Piece, Luffy harus mengikuti jejak Roger, dan Robin nampaknya ahli dalam hal itu. Dia ingat semua sejarah, informasi, dan yang paling penting dia menjadi satu-satunya orang di kru tersebut yang bisa membaca Poneglyph, petunjuk utama yang mengarah menuju Laugh Tale.

Mengungkapkan Identitasnya Kepada Ivankov

Mempercayakan sebuah informasi penting kepada Luffy merupakan sebuah tindakan yang bodoh, karena Luffy sepertinya terlalu polos untuk menyimpan sebuah rahasia atau informasi. Tapi, terkadang hal ini bisa menjadi keuntungan bagi Luffy apalagi ketika dia berada di situasi yang sulit. Contohnya adalah ketika dia berada di Impel Down dan berusaha untuk menyelamatkan Ace.

Bon Clay dan Luffy beruntung bertemu dengan Ivankov dan para Newkama di level 5.5 penjara Impel Down. Ivankov merupakan salah satu komandan dari Pasukan Revolusi, dan ketika Ivankov mengetahui bahwa Luffy adalah anak dari Dragon, dengan segala cara Ivankov kemudian berusaha membantu Luffy agar tetap hidup. Tanpa bantuan Ivankov dan Inazuma, mungkin peluang Luffy untuk bisa pergi dari Impel Down sangatlah kecil bahkan nol.

Kalah dan Terpecah Belah di Kepulauan Sabaody

Arc Sabaody merupakan salah satu arc terbaik dalam cerita One Piece. Memang, dibandingkan dengan arc lainnya, arc Sabaody cenderung lebih pendek tapi lebih banyak elemen penting yang bisa mengubah cerita. Salah satunya adalah ketika kru Topi Jerami harus pasrah menerima kenyataan bahwa mereka masih belum kuat untuk menghadapi dunia.

Mereka harus kalah dari Kuma, angkatan laut, dan juga Pacifista. Tapi, Kuma (yang asli) sebenarnya tidak berniat jahat. Kuma kemudian melemparkan para kru topi jerami ke berbagai tempat. Mereka kemudian “dipaksa” untuk berlatih atau mengembangkan diri mereka sebelum kembali bertemu di Sabaody dua tahun kemudian. Inilah yang kemudian dikenal sebagai timeskip, momen dimana Luffy dan kru Topi Jerami mengalami peningkatan kekuatan.

Perang Puncak (Paramount War)

Perang besar di Marineford merupakan salah satu momen paling besar sepanjang sejarah One Piece, untuk saat ini. Perang ini melibatkan dua kekuatan besar, angkatan laut dan kelompok bajak laut Whitebeard. Hampir seluruh kekuatan angkatan laut ditunjukan di perang ini, dan begitu juga dengan kelompok bajak laut Whitebeard. Ratusan orang ikut berperang dalam momen ini, dan dalam perang besar ini ada banyak sekali momen yang menyentuh, sedih, bahkan menjadi momen yang paling ikonik.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2