Tsukuyomi merupakan salah satu Genjutsu terkuat yang ada di cerita Naruto. Salah satu teknik khas dari Itachi Uchiha ini memberikannya kemampuan untuk menciptakan sebuah ilusi yang sangat kuat kepada orang lain, dan kemudian menjebak mereka di dalam sebuah dunia dimana seluruh kehidupan dan waktunya diatur oleh si pengguna.

Menurut Itachi, dia memiliki kendali penuh terhadap ruang dan waktu yang ada di dunia Tsukuyomi. Bagi yang terkena genjutsu ini, sang korban akan merasakan waktu yang sangat lama saat berada di dunia Tsukuyomi, padahal waktu yang terjadi di dunia nyata hanya terjadi beberapa detik. Tapi, meskipun Tsukuyomi adalah Genjutsu paling kuat, masih ada jutsu lainnya yang lebih kuat dari Tsukuyomi. Apa saja?

Rinnegan

Rinnegan merupakan salah satu dari tiga Doujutsu legendaris, selain Sharingan dan Byakugan. Berbeda dengan Byakugan dan Sharingan, Rinnegan merupakan sebuah Doujutsu yang sangat langka. Rinnegan hanya bisa didapatkan oleh seseorang yang pernah mendapatkan chakra dari klan Otsutsuki dan keturunannya atau menggabungkan Sharingan dengan sel Hahsirama.

Karena Doujutsu ini langka, kekuatannya pun benar-benar sangat dahsyat. Ketika penggunanya mengaktifkan Rinnegan, dia bisa menguasai lima elemen chakra, mengendalikan daya tarik bumi, dan yang paling dahsyat adalah pengguna Rinnegan bisa mengendalikan tubuh orang lain. Hal luar biasa lainnya dari Rinnegan adalah mampu membuka jalan menuju dimensi yang lain atau menyerap chakra dari tubuh musuh.

Kotoamatsukami

Kotoamatsukami merupakan kekuatan genjutsu terkuat dari Mangekyou Sharingan yang pernah dimiliki oleh Shisui Uchiha. Menurut Itachi sendiri, teknik ini diketahui sebagai Genjutsu yang peringkatnya paling tinggi, artinya teknik ini merupakan teknik Genjutsu paling kuat. Kotoamatsukami membuat penggunanya bisa mengendalikan orang lain, tanpa disadari oleh korbannya. Kemampuan dahsyat ini tentunya bisa mengalahkan Genjutsu kuat seperti Tsukuyomi yang dimiliki Itachi.

Infinite Tsukuyomi

Infinite Tsukuyomi adalah Genjutsu yang paling kuat dalam cerita Naruto. Tidak ada yang bisa menggunakan teknik milik klan Otsutsuki ini, kecuali mereka yang memiliki akses terhadap kekuatan Rinne-Sharingan. Teknik mematikan dan dahsyat ini pertama kali digunakan oleh Kaguya Otsutsuki yang merupakan villain utama di series Naruto, baru kemudian tekniknya digunakan oleh Madara Uchiha.

Jika Tsukuyomi pada umumnya hanya bisa membuat satu orang saja terjebak dalam dunia Tsukuyomi, pengguna Infinite Tsukuyomi bisa membuat satu planet atau seluruh penduduk di sebuah daerah terjebak di dalam dunia Genjutsu Tsukuyomi untuk selamanya. Hanya mereka yang memiliki kekuatan Rinnegan yang bisa lolos dari efek ini.

Expansive Truth-Seeking Ball

Expansive Truth-Seeking Ball adalah sebuah Jutsu milik Kaguya Otstsuki, villain dan karakter terkuat dalam franchise Naruto. Selain bisa menggunakan Infinite Tsukuyomi, Kaguya juga bisa dengan mudah menggunakan Jutsu ini untuk mengalahkan musuhnya. Kaguya hanya perlu mengeluarkan chakra yang dia miliki untuk membuat sebuah Truth-Seeking Ball yang akan terus membesar dan membesar ukurannya.

Menurut Zetsu, kedahsyatan dari Expansive Truth-Seeking Ball adalah bisa menghancurkan seluruh ruang dan waktu. Hal ini menunjukan bagaimana berbahayanya kekuatan dari Expansive Truth-Seeking Ball, apalagi jika seseorang atau sebuah planet terkena kekuatan ini.

Six Paths Chibaku Tensei

Jurus untuk menyegel ada berbagai macam dan Jutsu segel yang paling kuat dalam cerita Naruto adalah Six Paths Chibaku Tensei. Sejauh ini baru dua kali jurus segel ini digunakan dalam pertarungan, dan kedua-duanya digunakan untuk menyegel sosok Kaguya Otsutsuki untuk selamanya.

Butuh dua orang untuk bisa melakukan Six Paths Chibaku Tensei dan ketika jurus ini berhasil, korbannya akan menjadi target bagi Chibaku Tensei yang sangat besar. Setelah Hagoromo Otsutsuki dan Hamura Otsutsuki berhasil menyegel Kaguya untuk pertama kali, Naruto dan Sasuke kemudian sukses menyegel Kaguya untuk yang kedua kalinya dalam peristiwa perang besar ninja keempat.