Apakah Monkey D. Luffy sudah cukup kuat saat ini? Pertanyaan itu mungkin terbersit di dalam pikiran sebagian besar fans One Piece. Perkembangan kekuatan dan kemampuan Luffy saat ini memang sudah sangat pesat, apalagi jika dibandingkan dengan sebelum peristiwa Sabaody dan time-skip. Berbagai kemampuan dahsyat sudah bisa dilakukan bukan hanya Luffy, tetapi seluruh kru Topi Jerami.

Seperti yang kita tahu, di arc Sabaody kita diperlihatkan sebuah peristiwa dimana Bartholomew Kuma melemparkan semua kru Topi Jerami ke tempat yang berbeda. Ternyata tujuan utama Kuma melakukan hal itu adalah agar para kru Topi Jerami berkembang semakin lebih kuat, dengan cara berlatih atau mengembangkan diri mereka.

Peristiwa tersebut terjadi selama dua tahun, dan kemudian dikenal dengan istilah time-skip. Hasil latihan selama dua tahun memang sangatlah dahsyat, tapi dalam pertarungan melawan Katakuri, Big Mom dan juga melawan Kaido di awal arc Wano memperlihatkan bagaimana sebenarnya kekuatan Luffy masih belum cukup kuat, apalagi jika harus melawan musuh sekelas Yonko.

Kekuatan Gear 4 Luffy harus diakui sangatlah dahsyat, tapi untuk sekelas Yonko kekuatan tersebut terbukti tidak berpengaruh apa-apa. Hal ini tentunya sangatlah berpengaruh, apalagi Luffy sudah digadang-gadang sebagai Yonko kelima seperti yang dikabarkan oleh surat kabar Morgan. Saat ini, Luffy mungkin bisa mendapatkan bantuan dari berbagai pihak, tapi bagaimana dalam pertarungan besar selanjutnya?

Luffy tentu tidak bisa selalu mengandalkan bantuan orang lain. Karena itulah kekuatan Luffy rasanya harus kembali ditingkatkan. Lalu, dengan cara apa? Tidak ada cara lain dengan kembali berlatih, seperti di masa time-skip kemarin. Jika memang time-skip kedua dilakukan, Oda Sensei perlu membuat alur cerita ini secara hati-hati, karena time-skip kedua tentu akan berbeda dengan yang pertama.

Salah satu contohnya adalah dibandingkan dengan memisahkan seluruh kru Topi Jerami ke berbagai tempat, seperti dalam time-skip pertama, akan lebih baik jika mereka berada di satu tempat atau wilayah yang sama dan mereka berlatih bersama-sama. Mungkin setelah semua perang ini selesai, Luffy akan menyadari tentang kekuatannya dan di arc selanjutnya dia akan mengajak yang lainnya untuk berlatih, demi menyambut berbagai musuh atau ancaman yang lebih kuat lagi. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah time-skip kedua memang dibutuhkan atau tidak?