Arc Wanokuni sebentar lagi akan segera memasuki fase klimaks di babak ketiga ini, dengan Luffy dan aliansi bajak lautnya yang sudah berada di Wano dan bahkan keributan sudah pecah. Padahal pada awalnya, mereka akan menyusup sampai ke istana Kaido. Tapi, Luffy dan Zoro sudah memulai “pesta” terlebih dahulu dengan menyerang anak buah Kaido.

Di chapter sebelumnya kita melihat bahwa posisi Luffy dan Zoro akhirnya ketahuan, dan akhirnya memaksa mereka berdua bertarung melawan Scratchmen Apoo. Tanpa diduga, ternyata Apoo merupakan sosok yang kuat dengan bisa membuat Luffy sempat tidak sadarkan diri dan juga membuat Zoro terluka akibat sayatan serangan musik yang dia keluarkan.

Lalu, apa yang akan terjadi di chapter selanjutnya? Pertama adalah kondisi Apoo setelah terkena serangan Punk Gibson milik Kidd. Di panel akhir pada chapter 980 kemarin, kita melihat bagaimana Kidd akhirnya ikut menyerang setelah dia melihat sosok Apoo. Kidd sangat dendam kepada Apoo setelah apa yang dia lakukan di awal arc Wanokuni dengan mengkhianati aliansi yang mereka buat.

Di chapter 981 terungkap bahwa Apoo selamat dari serangan Kidd tersebut, tapi sayangnya dia terluka sangat parah. Kidd sendiri kemudian mengolok-olok Apoo karena mau menjadi anak buah Kaido dan mau diperintah olehnya. Akhirnya Apoo dan Kidd pun kembali melanjutkan pertarungan mereka. Di chapter ini pun kita akhirnya tahu bagaimana cara melawan Apoo.

Killer menjelaskan bahwa jarak serangan Apoo tidaklah terbatas. Selama seseorang masih bisa mendengakan suara atau musik yang dikeluarkan oleh Apoo, maka serangan itu masih akan efektif. Kemudian sosok Numbers muncul, bernama Hatcha. Hatcha tertawa dengan suara “Hachacha.” Di sisi lain, salah satu Flying Six, Who’s Who mempersiapkan diri bersama anak buahnya untuk mencari Yamato.

Sial bagi kelompok Kin’emon ternyata mereka harus berhadapan dengan Big Mom, setelah mereka melewati wilayah tempat tinggal Black Maria yang ternyata tidak ada orang lain disana. Chopper berada di dalam tank bersama Usopp, Nami, dan Carrot, dan di chapter ini Chopper juga melihat sosok Big Mom. Big Mom dan Chopper pun akhirnya saling melihat satu sama lainnya.

Kejutan besar muncul di akhir cerita, dimana Marco muncul dan berusaha untuk menghentikan anak buah Big Mom yang tertahan di luar wilayah Wano untuk naik ke air terjun terluar Wano. Selain Marco, Izo,dan Nekomamushi juga terlihat muncul di momen tersebut. Hal ini membuktikan bahwa teori tentang Marco yang akan ikut bertempur bersama Luffy di perang puncak Arc Wanokuni benar adanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.