Darkseid seharusnya muncul dalam film Justice League, dan menjadi villain utama yang dihadapi oleh Batman, Superman, Wonder Woman, The Flash, Aquaman, dan Cyborg. Tapi, Joss Whedon kemudian merubah sebagian besar cerita yang sebelumnya sudah dipersiapkan oleh Zack Snyder. Seperti yang kita tahu, Zack Snyder mundur sebagai sutradara film Justice League setelah putrinya meninggal, sebelum kemudian digantikan oleh Joss Whedon.

Meskipun Darkseid tidak jadi ditampilkan di film Justice League, dalam versi asli Zack Snyder Darkseid memiliki peran yang cukup signifikan dalam ceritanya. Hal ini diketahui dari penjelasan Zack Snyder sendiri yang dia bagikan di akun sosial media Vero miliknya. Di platform tersebut Zack sering mengunggah berbagai momen dari film Justice League versinya.

Selain itu, Zack juga juga sering kali menjawab pertanyaan yang terkait dengan cerita, termasuk perihal Darkseid. Dan berdasarkan dari apa yang diungkapkan sejauh ini, ada beberapa momen dimana Darkseid seharusnya muncul di film tersebut. Salah satunya adalah ketika para Justice League mempelajari tentang masa lalu Darkseid.

Zack menjelaskan bahwa Darkseid pernah menginvasi bumi dua kali. Yang pertama, ketika Darkseid masih menggunakan nama Uxas. Pada saat itu, dia diceritakan bertarung melawan Ares, sang dewa perang. Darkseid kalah dan kemudian dia kembali ke planetnya. Tapi, hal itu tidak menjadikan Darkseid menyerah untuk kembali menginvasi bumi.

Momen ini justru diganti oleh Joss Whedon dengan sosok Steppenwolf, yang sebenarnya merupakan tangan kanan Darkseid. Momen ketika mempelajari tentang Darkseid ini ada kaitannya dengan gambar yang diunggah oleh Snyder, dimana Diana berada di sebuah bangunan tua yang di temboknya terdapat mural atau ukiran yang berisi simbol dan gambar dari sosok Darkseid (Uxas).

Darkseid juga seharusnya muncul di cerita puncak filmnya, setelah Steppenwold berhasil dikalahkan oleh Justice League. Hal tersebut menyebabkan adanya perubahan cerita akhir yang kita ketahui. Dalam film Justice League versi Zack Snyder, terdapat momen kilas balik ketika Superman mengorbankan dirinya untuk mengalahkan Doomsday, seperti yang terjadi dalam film BvS: Dawn of Justice. Dan kemungkinan adegan tersebut erat kaitannya dengan momen kemunculan Darkseid, sebelum dia kembali muncul di film Justice League.

Pada intinya, kita sekarang tahu secara pasti bahwa Darkseid memang seharusnya muncul di film Justice League. Selain kemunculan karakter hero lainnya, seperti The Flash, Aquaman, dan Cyborg, sebenarnya Darkseid juga menjadi salah satu karakter yang dinantikan oleh para fans di film Justice League. Sayangnya, hal itu kemudian tidak terjadi dalam versi theatrical release.

Dengan perilisan film Justice League versi Zack Snyder, muncul sebuah pertanyaan besar: apakah Darkseid akan kembali muncul di film sekuel Justice League? Memang masih terlalu dini untuk membicarakan tentang film sekuel, meskipun peluang untuk tewujudnya tidak kecil juga. Kemudian kita juga masih belum tahu apakah Darkseid seharusnya mati di akhir filmnya atau tidak, dan apakah Zack kemudian akan memberikan perubahan adegan dalam versinya ini.

Darkseid bisa menjadi villain utama yang dihadapi oleh Justice League, seperti Thanos dalam film Avengers. Apalagi dengan rencana proyek film New Gods dari Ava DuVernay yang akan segera direalisasikan, rasanya sangat disayangkan jika Darkseid tidak lagi muncul di film selanjutnya. Dalam cerita komiknya pun Darkseid dikisahkan sering kali menginvasi bumi dan bertarung dengan Justice League, jadi bukan hal yang mustahil jika kemudian Darkseid kembali muncul di sekuel Justice League. Bagaimana menurut kalian Geeks?