Yonko merupakan salah satu kekuatan besar dalam cerita One Piece, selain angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Yonko merupakan bajak laut yang paling kuat dan penguasa lautan dalam cerita One Piece. Ada empat orang saat ini yang mengisi posisi Yonko yaitu Blackbeard, Big Mom, Kaido, dan Shanks. Bisa dibilang merekalah yang kekuatannya hampir mendekati sang raja bajak laut.

Masih belum diketahui bagaimana sistem kekuatan Yonko ini dibentuk, apakah memang sudah ada sejak dahulu atau baru dibentuk. Sebenarnya, sejauh ini ada enam orang Yonko (mungkin lebih pas disebut ‘Rokko’) jika Whitebeard dan Luffy dihitung. Selain dari segi kekuatan, mereka memiliki strukturisasi kru yang hampir mirip satu sama lainnya. Tapi, di satu sisi, sistem tersebut berlainan. Apa maksudnya?

Big Mom dan Kaido

Big Mom dan Kaido sama-sama memiliki armada yang sangat besar dan hampir semua kru dari kedua Yonko ini memiliki kekuatan buah iblis. Jika kru Kaido berfokus pada buah iblis bertipe Zoan, sedangkan kru Big Mom sebagian merupakan pengguna buah iblis Paramecia dan sebagian lainnya adalah Logia. Yang unik adalah jika Kaido bertema binatang buas, Big Mom bertema makanan.

Perbedaan paling besar diantara keduanya adalah bagaimana mereka “menganut” pemahaman tentang kekuasaan. Kaido menganut pemahaman meritokrasi, atau memberikan kesempatan kepada siapapun, tidak peduli itu bawahan yang paling rendah sekalipun. Jika memang dia mampu menggeser posisi di atasnya, Kaido merasa bahwa itu tidak masalah. Contohnya ketika All Stars menantang Flying Six.

Lain halnya dengan Big Mom, yang menganut pemahaman nepotisme. Hal ini terbukti dengan para komandan pasukannnya adalah anak-anaknya. Tidak boleh ada orang lain yang memerintah mereka, selain anak-anaknya, terlepas dari kuat atau lemahnya anak-anaknya. Jika kita ingin membangun aliansi dengan Big Mom, pernikahan harus dilakukan. Seperti Bege, Aladine, dan Germa.

Blackbeard dan Whitebeard

Kedua kru kelompok bajak laut ini dibagi menjadi beberapa “divisi” dengan ada seorang komandan divisi di masing-masing divisinya. Di kelompok Whitebeard, beberapa nama kuat seperti Ace, Marco, Jozu, dsb, merupakan kepala dari beberapa divisi yang ada di kru bajak lautnya. Blackbeard mungkin tidak memiliki kru sebesar Whitebeard, tapi mereka memiliki 10 orang terkuat yang disebut Ten Titanic Captains, yang memiliki kapalnya sendiri.

Whitebeard memiliki sistem kru yang berbeda dengan Blackbeard. Whitebeard menganggap seluruh krunya sebagai anaknya atau saudaranya. Jika satu orang disakiti, maka yang lain akan marah. Hal ini dilakukan oleh Whitebeard setelah pengalamannya di kapal Rocks, yang sama sekali tidak memiliki kedekatan satu sama lainnya antar kru.

Lain halnya dengan kapal Blackbeard, yang berisi para kriminal dan penjahat. Sama seperti di kapal Rocks, tidak ada “persaudaraan” diantara mereka. Tidak ada kesetiaan, tidak ada kepercayaan, mereka bisa saja saling bunuh satu sama lainnya. Hal ini kemungkinan sama dengan apa yang terjadi di kapal Rocks dulu. Sangat berlawanan dengan konsep keluarga yang diterapkan Whitebeard.

Luffy dan Shanks

Perbandingan yang terakhir adalah Luffy dan Shanks. Brannew menjelaskan kelompok bajak laut Shanks sebagai kelompok bajak laut “baru,” yang meraih titel Yonkonya sekitar enam tahun yang lalu. Kemudian Brannew juga menjelaskan bila kelompok Shanks adalah kelompok yang paling seimbang di semua sisi kekuatan, dengan berbagai krunya yang juga tidak kalah kuat seperti Ben Beckman, Yasopp. Lucky Roo, dan sebagainya.

Hal ini sedikit memiliki kesamaan dengan kru Topi Jerami, yang memiliki kekuatan seimbang di hampir semua lini. Juga, seluruh kru Topi Jerami sangat mempercayai kaptennya yaitu Luffy. Jumlah kru mereka pun saat ini hampir sama. Di Marineford, jumlah anggota Shanks berkisar 10 orang, dengan Rockstar menjadi rekrutan baru. Jadi, total kru Shanks kurang lebih ada 11 orang.

Kru Topi Jerami saat ini memiliki jumlah kru yang sama dengan Shanks, sekitar 10 orang dengan bergabungnya Jinbei kemarin. Sebenarnya belum terlalu banyak informasi tentang Shanks yang bisa digali, sehingga perbandingan antara Luffy dan Shanks sendiri hanya bisa diukur dari sedikit sisi saja. Mudah-mudahan Oda Sensei kedepannya mengungkapkan berbagai hal lainnya tentang Shanks.