Setelah sempat dirumorkan akan mundur sebagai Superman beberapa waktu yang lalu, Henry Cavill kemungkinan dijadwalkan akan muncul dalam film-film DC sebagai Superman. Dalam laporan yang dirilis beberapa hari lalu, Cavill memang dikabarkan akan kembali berperan sebagai Superman tapi bukan sebagai bintang utama. Melainkan sebagai cameo atau pemeran pendukung.

Hal ini terjadi kemungkinan setelah Warner Bros. memutuskan untuk merilis film Justice League versi Zack Snyder yang akan tayang di HBO Max. Jika hal ini terjadi, maka bintang-bintang lama di film tersebut, termasuk Henry Cavill, harus ikut kembali untuk berbagai keperluan produksi. Nah berikut ini adalah berbagai film produksi DC mendatang yang bisa menampilkan sosok Superman.

Black Adam

Film DC pertama yang akan muncul dalam beberapa tahun kedepan adalah Black Adam, yang direncanakan dirilis pada Desember 2021 mendatang. Film yang dibintangi oleh Dwayne Johnson ini bisa menjadi film pertama untuk kemunculan (kembali) Henry Cavill sebagai Superman. Dwayne akan berperan sebagai Black Adam, yang merupakan karakter villain sekaligus anti-hero.

Meskipun Black Adam merupakan musuh bebuyutan dari Shazam (Captain Marvel), tapi Superman dan Black Adam juga pernah  beberapa kali bertarung dalam cerita komiknya. Jadi, bukan tidak mungkin jika Superman muncul di film ini dan bertarung melawan Superman. Black Adam merupakan sosok yang sangat kuat, setidaknya bisa mengimbangi kekuatan Superman. Sehingga pertarungannya akan seimbang.

Lagipula ada banyak sekali fanart yang tersebar di internet, memperlihatkan pertarungan antara Superman dan Black Adam. Artinya para fans memang ingin melihat pertarungan tersebut benar-benar terwujud di layar lebar. Tapi, semuanya kembali ke pihak DC dan WB tentang bagaimana mereka ingin menggambarkan sosok Black Adam. Jika digambarkan sebagai anti-hero, maka rasanya tidak perlu ada pertarungan melawan Superman. Juga, Superman yang berubah menjadi jahat akan lebih tepat masuk dalam cerita Knightmare Justice League yang dibangun oleh Snyder.

The Flash

Film The Flash mungkin bisa menjadi tempat yang pas untuk kemunculan Superman. Filmnya sendiri dikabarkan akan mengadaptasi cerita Flashpoint, salah satu cerita di DC Comics yang menampilkan kisah ketika Barry Allen pergi ke masa lalu untuk menyelamatkan ibunya. Tapi, tanpa disadari oleh Barry justru hal itu mengubah timeline yang terjadi di masa sekarang.

Jika memang cerita Flashpoint akan diadaptasi, maka DC dan WB akan memiliki banyak pilihan karakter untuk ditampilkan di filmnya. Misalnya adalah Thomas Wayne, Martha Wayne, Batman dan Joker. Dalam cerita Flashpoint, Aquaman dan Wonder Women diceritakan saling berperang. Superman pun ditahan dan dijadikan kelinci percobaan bagi pemerintah Amerika. Tapi, pada akhirnya Superman bisa lolos dari sekapan pemerintah Amerika dan bergabung dalam peperangan.

Tapi, sayangnya belum diketahui bagaimana peran yang akan diberikan kepada Cavill jika memang Flashpoint adalah patokan utamanya. Andy Muschietti sendiri mengatakan bahwa Flashpoint versinya akan sangat berbeda dengan versi komik, jadi kemungkinan ada perubahan peran Superman dalam ceritanya.

Shazam 2

Henry Cavill hampir saja muncul dalam film Shazam! pada 2018 kemarin, dengan rumor yang beredar bahwa Cavill akan menjadi cameo di film tersebut. Sayangnya, rencana tersebut gagal ketika Cavill bermasalah dengan pihak WB. Cavill sendiri bahkan mengatakan dirinya sudah melakukan proses pengambilan gambar untuk muncul sebagai cameo di film tersebut.

Superman pada akhirnya memang muncul di post-credit scene film Shazam! tapi “uniknya” adalah kita tidak diperlihatkan bagian kepala dari sosok Superman tersebut. Sosok aktor pemeran Superman yang muncul pun kemungkinan besar bukanlah Cavill. Dan sekarang peluang Henry Cavill untuk benar-benar muncul terbuka lebar, dengan adanya proyek film Shazam 2 yang direncanakan dirilis pada 2022.

Superman bisa saja memiliki peran kecil lagi di film Shazam 2, misalnya dengan menjadi cameo seperti di film pertama. Tapi, jika WB ingin memberikan peran yang lebih besar, mungkin Superman dan Shazam bisa bertarung bersama melawan musuh yang memang harus dilawan bersama. Misalnya adalah Black Adam.

Aquaman 2

Aquaman 2 bisa menjadi kesempatan lainnya bagi Henry Cavill kembali berperan sebagai Superman. Aquaman 2 sendiri dijawalkan dirilis pada 16 Desember 2022 mendatang. Tapi, sejauh ini di DCEU, sangat jarang Aquaman berhubungan dengan Superman. Sebagian besar cerita Aquaman 2 juga kemungkinan terjadi di bawah laut, jadi bila memang Superman muncul dalam cerita filmnya, peran Superman tidak akan terlalu besar.

Sama seperti film pertama, film Aquaman juga kemungkinan akan menghadirkan adegan ketika Arthur Curry berada di daratan. Pada momen itulah Arthur kemudian dibantu oleh Superman, yang bisa menjadi momen yang pas untuk kemunculan kembali sosok Superman.

Film DC Lainnya

Selain film-film yang sudah disebutkan di atas, DC dan WB juga memiliki rencana untuk membuat film lainnya yang akan semakin memperluas DCEU. Saat ini mereka memiliki berbagai proyek film yang masih dalam tahap pengembangan dan belum memiliki jadwal rilis. Bukan tidak mungkin jika Superman muncul dalam proyek Green Lantern Corps yang ditulis oleh Geoff Johns dan akan tayang di HBO Max.

Mungkin Cavill juga bisa muncul di berbagai sekuel lainnya, misalnya adalah Black Adam 2 atau Shazam 3. Atau bisa jadi bila film Justice League versi Zack Snyder sukses besar di pasaran, Warner Bros akan menghadirkan rencana untuk membuat sekuel filmnya dan Henry Cavill akan kembali sebagai Superman.