Sony telah mengkonfirmai bahwa akan ada dua game gratis di PlayStation Plus. Kedua game tersebut adalah Call of Duty: WWII dan Star Wars: Battlefront II. Kedua judul itu memang masih cukup populer dan keduanya adalah game besar ketika rilis di tahun 2017. Call of Duty:WWII secara teknis sudah ditawarkan secara gratis saat ini dan pemain akan dapat mengunduhnya hingga 6 Juli mendatang. Sementara Battlefront II baru akan tersedia pada 2 Juni hingga bulan Juli.

Call of Duty: WWII menjadi game yang sempat mendapat pujian, karena seri Call of Duty kembali menceritakan perang dunia secara sederhana. Sebelumnya banyak yang mengkritik seri Call of Duty karena mereka selalu berfokus kepada tema perang futuristik. Beberapa merasa bahwa ceritanya generik, tetapi pada akhirnya gamenya mendapat respons positif.

Sementara Battlefront II pada awal kemunculannya mendapat kritikan pedas karena mengusung sistem microtransaction yang tidak sehat. Tapi seiring berjalannya waktu, mereka mulai mengilangkan sistem tersebut dan kini Battlefront II menjadi sedikit lebih baik. Tentu ini menjadi upaya dari EA Games agar Battlefront II tidak ditinggalkan oleh para pemainnya. Dan perubahan tersebut terbukti membuat Battlefront II masih bertahan hingga saat ini.

Digratiskannya Call of Duty: WWII dan Battlefront II menjadi bukti bahwa Sony benar-benar serius bersaing dengan Microsoft dengan memberikan layanan game gratis. Bulan ini, Microsoft Xbox Games Pass dan Games With Gold cenderung memberikan game yang lebih besar kepada para pemainnya. Seperti yang kita ketahui bahwa Microsoft mengratiskan game Red Dead Redemption 2, Halo 2, dan Final Fantasy 9. Padahal di bulan yang sama, Sony hanya memberikan game Cities: Skylines dan Farming Simulator 19.

Fakta bahwa Microsoft cenderung memilih game yang lebih besar dan populer untuk digratiskan mungkin menjadi alasan mengapa Xbox Games Pass saat ini lebih populer daripada PlayStation Plus.