Beberapa tahun lalu, ayah dari Thanos pernah disebutkan dalam film Avengers: Infinity War, saat Thanos dan Gamora mengunjungi Vormir untuk mencari Soul Stone. Di sana, mereka bertemu Red Skull, dan ia memanggil Thanos dengan sebutan “Thanos, son of A’lars.” Dalam komiknya, A’lars memiliki nama lain yang lebih familiar yaitu Mentor.

Mentor alias A’lars pertama kali muncul di Marvel Comics bersama kedua putranya yaitu Thanos dan Starfox, di komik Iron Man #55 tahun 1973. Ia diperkenalkan sebagai seorang ilmuwan yang hidup di bulan milik Saturnus yaitu Titan. Setelah Thanos tumbuh dewasa, Mentor menyadari bahwa Thanos adalah seorang monster dan Mentor mencari cara untuk menghentikannya. Mentor dan ayahnya, Kronos (kakek Thanos), menggunakan teknologi sains untuk menciptakan Drax the Destroyer dengan harapan agar mereka bisa menghabisi Thanos selamanya.

Belakangan diketahui bahwa Mentor menjadi sekutu Captain Mar-Vell dan para pahlawan yang berusaha untuk mengalahkan Thanos. Mentor juga sempat dikaitkan dengan pahlawan kosmik lainnya seperti Silver Surfer tahun 1990-an. Marvel kemudian mengungkapkan bahwa Mentor dan keluarganya adalah orang-orang dari ras Eternals, tetapi Mentor berasal dari kelompok yang berbeda dari yang akan dieksplorasi di film Eternals.

Meskipun Mentor bukan berasal dari kelompok yang sama, tetapi dia terhubung dengan cerita. Dalam komik, awalnya, Mentor dan saudaranya bernama Zuras tinggal di Bumi, tepatnya di kota Titanos ribuan tahun lalu. Ketika Zuras terpilih menjadi penerus Krono, Mentor memutuskan untuk melepaskan diri dari kelompok utama Eternals dan melakukan perjalanan ke Titan, di mana ia akhirnya membentuk koloni baru di Titan. Baru setelah kepergian Mentor dari Bumi, Thanos dan Starfox lahir.

Ketika Mentor dan Zuras berpisah, itu merupakan bagian penting dalam sejarah Eternals, dan jika disesuaikan dengan MCU, hal itu dapat membantu membuktikan bahwa Eternals hidup di bagian lain galaksi dan bukan hanya di Bumi. Ketika filmnya nanti menceritakan asal-usul Eternals, dan menjelaskan mengapa mereka ada di Bumi, sebuah adegan flashback ke ribuan tahun lalu dapat memperlihatkan sosok Mentor, saat ia membawa sekelompok Eternals ke Titan.

Tinggal yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana penampilan Mentor dalam filmnya nanti. Dalam komik, Mentor berwarna ungu seperti Thanos. Tetapi penampilannya lebih mirip seperti manusia, karena Mentor memang berasal dari Bumi. Jika nanti MCU akan memperkenalkan Mentor, maka bukan tidak mungkin jika kita juga akan melihat sosok Starfox yang menjadi saudara Thanos.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/