Pada April 2016 lalu, Warner Bros sempat menyatakan bahwa film animasi reboot dari Scooby Doo yang akan mereka produksi akan menjadi jalan masuk bagi berbagai karakter produksi Hanna-Barbera lainnya. Dan hal ini kemudian dibuktikan melalui film animasi terbaru Scoob! dengan menghadirkan banyak sekali karakter Hanna-Barbera yang muncul sebagai cameo.

Scoob! sendiri berkisah tentang Shaggy dan Scooby yang akhirnya berpisah dari teman-teman mereka, Daphne, Fred, dan Velma setelah dianggap kurang berguna oleh investor utama dari Mystery Inc yaitu Simon Cowell. Selain itu, filmnya juga berkisah tentang petualangan Mystery Inc dalam mencegah Dick Dastardly membuka sebuah portal yang bisa menyelamatkan sahabatnya, Muttley, serta merilis berbagai makhluk mengerikan lainnya.

Untuk mencegah hal tersebut, Shaggy dan Scooby beserta Mystery Inc akhirnya bekerja sama dengan pahlawan lainnya, seperti Blue Falcon dan Dynomutt. Juga Dee Dee Sykes serta bertarung melawan Captain Caveman. Hal ini tentunya menjadi sinyal keras dimana WB serius dengan rencana mereka untuk membangun sebuah jagat sinematik dari para karakter Hanna-Barbera.

Meskipun di post-credit scenenya tidak menampilkan petunjuk tentang film selanjutnya, namun dengan sudah dihadirkannya berbagai karakter produksi Hanna Barbera, sepertinya WB masih memiliki rencana lain untuk film ini. Hal ini dikarenakan jika WB hanya menampilkan mereka hanya sebagai fan service saja, rasanya sangat disayangkan.

Berbagai Karakter Yang Muncul di Film Scoob

Lalu, siapa saja karakter produksi Hanna-Barbera yang muncul di film ini dan apa saja Easter egg dari filmnya?

Anjing Bernama Scoob

Film ini dibuka dengan adegan yang memperlihatkan Shaggy dan Scooby bertemu di jalanan Venice Beach, California. Keduanya mulai menjadi teman dekat, setelah Shaggy menyelamatkan Scooby yang kelaparan dan terlantar. Shaggy kemudian memberi nama anjing tersebut Scooby-Doo, nama yang diambil dari kudapan kesukaan Shaggy. Desain dari Scooby yang masih kecil terinspirasi dari series A Pup Named Scooby Doo, yang mengisahkan petualangan Mystery Inc ketika mereka masih SD.

Casey’s Creation

Ada sebuah restoran yang muncul di awal cerita, yaitu Casey’s Creation. Restoran tersebut menjual berbagai macam makanan lezat seperti donat, paha ayam kalkun, pizza, hot dog, dan sebagainya. Selain memberikan referensi tentang Shaggy yang senang makanan seperti itu, nama Casey sendiri mereferensikan pada sosok Casey Kasem. Dia adalah pengisi suara Shaggy dari tahun 1967 sampai 1997 dan pada 2002 sampai 2009.

Into Klasik “Scooby Doo, Where Are You?”

Setelah menyelesaikan kasus misteri pertama mereka di film Scoob!, para anggota Mystery Inc yang masih kecil kemudian tumbuh menjadi remaja dan dewasa melalui sebuah proses musikal. Adegan ini memperlihatkan momen dari seri orisinal Scooby-Doo, Where Are You?, lengkap dengan adegan ketika Fred tidak sengaja menemukan sebuah jalan rahasia dengan memundurkan kursi dan Shaggy serta Scooby yang menabrak tong sampah dengan menggunakan sepatu roda.

Simon Cowell

Franchise Scooby Doo memang selalu menghadirkan berbagai nama-nama terkenal yang muncul pada era tersebut. Tapi, seiring berjalannya waktu dan banyak dari seri dan film Scooby Doo yang merupakan tayangan ulang, membuat banyak anak-anak tidak mengetahui siapa sosok bintang tamu yang muncul di film atau serinya tersebut. Film Scoob! masih melanjutkan tren tersebut dengan menghadirkan sosok Simon Cowell, mantan juri American Idol dan produser dari beberapa acara besar. Simon berperan sebagai investor utama dari Mystery Inc dan membantu mereka dari bidang bisnis.

Takamoto Bowl

Setelah Shaggy dan Scooby dipecat dari Mystery Inc oleh simon Cowell karena dianggap tidak begitu penting, mereka pun kemudian menumpahkan kekesalan mereka dengan makan di restoran jepang Takamoto Bowl. Nama Takamoto sendiri merupakan seorang animator legendaris asal Jepang, yang pernah bekerja untuk Walt Disney Animation pada 1945. Takamoto kemudian bergabung dengan produksi Hanna-Barbera pada 1961. Takamoto merupakan orang yang mendesain karakter Scooby-Doo, yang terinspirasi dari anjing berjenis Great Dane milik rekannya.

The Rottens

Dick Dastardly melepaskan pasukan robot drone yang disebut the Rottens untuk menculik Shaggy dan Scooby-Doo. Meskipun The Rottens memiliki mode imut, tapi ketika mereka berubah mode ke mode bertarung mereka bis sangat mengerikan. Nama Rottens sendiri sebenarnya diambil dari Really Rottens, tim penjahat yang selalu berbuat curang dalam seri Laff-A-Lympics.

Dee Dee Sykes

Setelah berhasil diselamatkan dari kejaran Dick Dastardly dan The Rottens, Shaggy dan Scooby kemudian bertemu dengan Dee Dee Sykes, pilot dari Falcon Fury dan asisten Blue Falcon.  Dee Dee Sykes adalah salah satu anggota dari Teen Angels. Dia dan dua temannya yang lain menemukan Captain Caveman yang membeku di es dan berhasil menyelamatkannya. Sayangnya, di film Scoob! dua orang Teen Angels lainnya, Taffy dan Brenda tidak muncul.

Blue Falcon dan Dynamutt

Blue Falcon merupakan karakter dalam seri animasi Dynomutt, DogWonder, yang pertama kali tayang pada 1976. Seri animasi tersebut merupakan seri animasi yang muncul “satu paket” dengan Scooby-Doo saat tayang setiap minggu pagi. Blue Falcon sendiri sebenarnya adalah seorang milyuner penjual berbagai kerajian dan kesenian, bernama Radley Crown.

Dynomutt, sidekick dari karakter pahlawan Blue Falcon, adalah robot anjing yang dilengkapi dengan berbagai peralatan canggih dan keren untuk membantu Radley memecahkan berbagai kasus. Nama lain dari Dynomutt adalah Dog Wonder. Sama seperti Scooby, Dynomutt adalah anjing yang bisa berbicara.

Dick Dastardly dan Muttley

Dick Dastardly merupakan salah satu antagonis yang populer di animasi produksi Hanna-Barbera. Dick pertama kali muncul dalam seri animasi Wacky Race, sebelum dia muncul dalam berbagai seri spinoff seperti Dastardly and Muttley in their Flying machines. Muttley sendiri merupakan anjing kesayangan dari Dick Dastardly sekaligus rekan kriminal dari Dick.

Di film Scoob! kita bisa melihat bagaimana Dick begitu merindukan sosok Muttley, dan menyimpan gambar Muttley dengan medali di dadanya. Hal ini merupakan referensi dari Dastardly & Muttley in Their Flying Machines, dimana Muttley sering kali menyelamatkan Dastadly hanya untuk medali.

Peeble’s Pet Shop

Ketika Velma, Daphne, dan Fred, mencoba untuk mencari keberadaan Shaggy dan Scooby ke Takamoto Bowl, kita akan melihat sebuah toko yang mungkin tidak asing bagi sebagian Geeks yaitu toko hewan Peeble. Toko hewan ini berasal dari seri The Magilla Gorilla Show, yang menceritakan tentang Mr. Peeble yang berusaha untuk menjual gorilla miliknya sebelum dia bangkrut. Tapi, dalam setiap akhir episode pemilik baru Magilla selalu mengembalikannya kepada Mr. Peeble dan meminta pengembalian uang. Berdasarkan tidak adanya Magilla di jendela toko, sepertinya dia sedang berada di tangan pemilik baru.

 

Squiddly Diddly

Saat Mystery Inc. mecnoba untuk mencari keberadaan Shaggy dan Scooby, mereka melewati sebuah papan reklame yang ada di sebuah taman bermain bernama Bubbleland. Dalam iklannya kita bisa melihat seekor gurita yang merupakan Squiddly Diddly. Squiddly merupakan karakter dari seri animasi The Atom Ant/Secret Squirrel Show yang tayang pada 1965. Squiddly bercita-cita ingin menjadi seorang pemusik hebat yang tampil di luar Bubbleland.

Hong Kong Phooey

Diciptakan pada 1974 sebagai respon dari menjamurnya berbagai film aksi yang menampilkan aksi Kung Fu, Hong Kong Phooey bercerita tentang seorang anjing dengan kemampuan bela diri miliknya yang mencoba untuk melindungi kota tercintanya. Hong Kong Phooey memang tidak muncul sebagai karakter, melainkan sebuah permainan yang berada di sebuah taman bermain yang terbengkalai yang dijadikan tempat pesembunyian oleh Shaggy dan Scooby ketika mereka kabur dari Dastadly dan the Rottens.

The Banana Splits Adventure Hour

Diproduksi pada 1968, seri The Banana Splits’ Adventure Hour merupakan salah satu usaha Hanna-Barbera untuk menciptakan sebuah program yang berbasis live-action. Karakter mereka bisa terlihat dalam sebuah poster yang ada di tembok tempat Shaggy dan Scooby bersembunyi dari kejaran Dick Dastardly dan The Rottens.

The Hex Girls

Pertama kali muncul pada 1999 dalam film Scooby-Doo and the Witch’s Ghost, The Hex Girls merupakan trio bintang rock yang bersahabat dengan Mystery Inc saat mereka menyelidiki rumor tentang ilmu sihir hitam di wilayah Massachussets. Selain poster konsernya, permainan arcade the Hex Girl juga bisa ditemukan di taman bermain terbengkalai tersebut.

Laff-A-Lympics

Salah satu game arcade yang sudah tidak terpakai dan dijadikan sebagai barikade oleh Shaggy dan Scooby ketika bersembunyi dari kejaran Dastardly dan the Rottens adalah Laff-A-Lympics. Seri animasi tersebut diproduksi pada 1977, yang mengisahkan tentang seluruh karakter Hanna-Barbera berkumpul dan membentuk tim untuk terlibat dalam sebuah balapan yang mirip olimpiade.

Space Stars

Selanjutnya adalah Space Stars. Space Stars merupakan sebuah seri antologi fiksi ilmiah, yang hanya berjalan satu musim pada 1981. Serinya sendiri menghadirkan petualangan baru dari karakter Hanna Barbera sepertu Space Ghost dan The Herculoids. Juga dua seri lainnya Space-Ace and the Space-Mutts juga Teen Force.

Penelope Pitstop

Pertama kali muncul dalam seri Wacky Race bersama dengan Dick Dastardly dan Muttley, Penelope Pitstop merupakan satu-satunya karakter wanita dalam kompetisi balapan tersebut. Meskipun dia merupakan seorang perempuan, tapi dia selalu berusaha untuk mengalahkan para karakter lainnya. Penelope kemudian menelurkan sebuah seri spin-off yaitu The Perils of Penelope Pitstop.

Frankenstein, Jr. dan The Impossible

Berjalan selama dua musim pada 1966, Frankenstein, Jr. and The Impossibles merupakan dua pahlawan kartun yang berbeda. Frankenstein, Jr. merupakan robot raksasa yang biasa membasmi kejahatan dengan dikendalikan oleh Buzz Conroy Jr. Dia membangun robot tersebut bersama ayahnya Dr. Buzz Conroy. The Impossible merupakan trio bintang rock yang menjalani kehidupan rahasia sebagai pahlawan super Fluid Man, Coil Man, dan Multi Man.

Taman Nasional Jellystone

Selain papan reklame yang menghadirkan Squiddly Diddly, ketika Mystery Inc sedang berada di jalan raya untuk mencari keberadaan Shaggy dan Scooby kita bisa melihat papak reklame dari taman nasional Jellystone. Taman nasional tersebut merupakan rumah bagi Yogi Bear, polisi hutan sekaligus penjaga di taman nasional tersebut. Yogi sempat memiliki film solonya pada 2010, yang kurang laris dipasaran.

Messick Mountain

Skull of Cerberus ketiga, yang dibutuhkan oleh Dick untuk membuat portal ke dunia lain, berada di puncak Messick Mountain atau gunung Messick. Nama gunung ini merupakan penghargaan atau tribute pada sosok Don Messick, yang merupakan pengisi suara asli dari Scooby Doo yang meninggal pada 1997. Selain Scooby Doo, Messick juga merupakan pengisi suara karakter Hanna-Barbera lainnya.

Captain Caveman

Captain Caveman merupakan bintang dari seri animasi klasik Hanna-Barbera lainnya yaitu Captain Caveman and the Teen Angels, yang tayang pada 1977. Tapi, ada yang berbeda dari cerita tentang Captain Cavema di film Scoob! ini. Jika seharusnya dia merupakan superherohero pertama dalam cerita Hanna-Barberam tapi dalam film ini dia adalah pelindung dari para orang-orang gua yang tinggal di Messick Mountain. Disana, dinosaurus dan manusia purba hidup berdampingan. Di akhir filmnya, Captain Caveman kemudian muncul ke permukaan dan bergabung dengan Falcon Force bentukan Blue Falcon.

The Flintstones

Meskipun keluarga Flintstones sendiri tidak muncul secara langsung, namun ada dua referensi dari keluarga pra sejarah tersebut. Pertama adalah sebuah artefak terakhir yang bernama “the Slaghhople” yang merupakan nama asli dari Wilma Flintstone sebelum kemudian dia menikah dengan Fred. Kedua adalah suara kura-kura yang digunakan oleh Captain Caveman sama dengan suara yang dikeluarkan sebagai bel untuk berhenti bekerja di perusahaan Fred.