One Piece merupakan series paling populer di Jepang, bahkan di seluruh dunia. Baik versi manga ataupun versi animenya, seri One Piece sama-sama meraih kesuksesan besar. Wajar jika kemudian One Piece menjadi bagian dari budaya populer yang berkembang saat ini. Dan juga tidak heran jika kemudian ada karakter One Piece yang direferensikan atau dijadikan Easter egg oleh series lainnya.

Tapi, bagaimana jika kemudian ada series lain yang direferensikan di manga One Piece? Cerita One Piece memang memiliki referensi yang sangat luas, mulai dari referensi tentang berbagai budaya tradisional Jepang sampai hal-hal dari luar Jepang. Eiichiro Oda juga ternyata mereferensikan karakter dari pengarang lainnya dalam seri One Piece, yang terlihat di chapter 980 kemarin.

Easter eggnya sendiri diperlihatkan di panel terakhir, ketika Eustass Kidd akhirnya ikut bergerak dan menghajar Scratchman Apoo. Apoo sebelumnya sudah membuat Luffy dan Zoro terluka akibat kekuatan buah iblisnya. Kidd sendiri menganggap Apoo adalah sosok pengkhianat, karena gara-gara Apoo seluruh aliansi yang mereka bangun harus hancur berantakan.

Lalu, referensi apa yang ada di panel tersebut? jika dilihat secara sekilas memang tidak akan tampak, tapi jika diperhatikan lebih baik ada salah satu monster yang muncul di aplikasi Pokemon Go yaitu Meltan. Meltan, yang memiliki bentuk tubuh seperti baut, memang nampak menyatu dengan tumpukan besi-besi lainnya ketika Kidd menggunakan jurus Punk Gibson miliknya.

Ada beberapa hal menarik dari munculnya Easter egg ini. Pertama adalah Easter egg yang
dimunculkan. Eiichiro Oda biasanya hanya menampilkan sosok ‘Pandaman’ yang selalu tersembunyi dan membaur dengan latar belakang. Tapi, kali ini Oda memasukan referensi dari kreator lainnya. Kedua adalah fakta tentang Pokemon Go dan Eiichiro Oda.

Oda Sensei merupakan penggemar berat dari aplikasi permainan Pokemon Go. Bahkan, Oda Sensei pernah mengajak Kohei Horikoshi (kreator My Hero Academia) untuk ikut bermain bersama. Bagi Oda Sensei, permainan Pokemon Go merupakan aplikasi yang melepaskan penat setelah berjam-jam duduk dan mengerjakan berbagai proyek One Piece. Pokemon Go bisa kembali mengendurkan otot-otot Oda Sensei yang kaku.

Dan biasanya Oda Sensei memainkan permainan Pokemon Go di kantornya ataupun di rumahnya. Mungkin ini bisa menjadi awal bagi Oda Sensei untuk memasukan Easter egg dari berbagai referensi karakter atau series lainnya. Meskipun sebenarnya Oda sudah sangat sering memasukan referensi atau Easter egg dari cerita atau kebudayaan lain ke dalam ceritanya. Bagaimana menurut kalian. Geeks tentang referensi ini?