Falcon dan Captain America memang sering diperlihatkan sebagai rekan satu tim yang sangat kompak. Falcon sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Stan Lee dan Gene Colan dalam komik Captain America #17. Saat awal penampilannya, Falcon sudah bisa membuktikan bahwa keberanian dan kemampuannya dalam bertarung memang layak diacungin jempol. Ia sempat bertarung bersama Cap dalam melawan musuh bebuyutannya yaitu Red Skull. Duet keduanya bahkan berhasil mengalahkan Red Skull, walau dengan susah payah.

Setelah awal kerjasama mereka untuk mengalahkan Red Skull, Cap dan Falcon kembali ke America Serikat bersama-sama, tetapi mereka kemudian berpisah. Cap dan Falcon baru bekerja sama kembali dalam komik Captain America #126. Tetapi, baru dalam komik Captain America #133, Cap benar-benar meminta Falcon untuk menjadi rekan satu timnya dalam menumpas kejahatan. Sejak itulah Falcon resmi menjadi rekan satu timnya.

Bahkan dalam edisi komik berikutnya, Marvel memberikan judul baru dengan nama Captain America and the Falcon. Walau telah lama berjuang bersama Captain America, tetapi Falcon baru mendapatkan sayap ikoniknya dalam komik Captain American and the Falcon #171.

Kerjasama dari dua sosok superhero ini bahkan terus berlanjut ketika Jack Kirby mengambil alih komiknya. Tapi saat Kirby menggarap komiknya, ia menghilangkan nama Falcon dari judulnya, tetapi itu tak berselang lama karena dalam edisi berikutnya ia memasukan kembali nama Falcon.

Setelah Kirby pergi, Roy Thomas mengambil alih seri ini, tetapi ia juga menghadirkan Don Glut untuk menulis bersamanya. Dalam komik Captain America and the Falcon #217, Thomas mulai menyiapkan Falcon untuk sebuah serinya sendiri dan tidak lagi bergabung dengan Captain America. Dalam komik Captain America and the Falcon #217, Thomas dan Glut memperkenalkan SHIELD dan Nick Fury. Komik ini menceritakan saat Nick Fury meminta Cap untuk memimpin mereka, tetapi Cap menolaknya dan malah merekomendasikan Falcon sebagai pemimpin. Cap menolak tawaran Nick Fury karena ia tengah sibuk mengkhawatirkan masa lalunya dan Cap pun berpisah dengan Falcon.

Thomas selaku kreator komiknya memang sengaja membuat Cap dan Falcon berpisah. Thomas sadar bahwa sangat sedikit tentang cerita masa lalu Cap dalam komiknya, sehingga Thomas ingin jika Cap memiliki waktu sendirian (tidak bersama Falcon) untuk lebih mendalami kisah Captain America. Oleh sebab itu Thomas lebih memfokuskan Cap seorang diri, dan menghentikan sementara kerjasama antar keduanya.