Series Boruto: Naruto Next Generation akhirnya menjelaskan beberapan misteri besar yang menyelimuti cerita mereka sejak lama. Meskipun sudah hadir selama beberapa tahun ada perbedaan yang cukup mencolok antara versi anime dan manga, terutama dari segi cerita. Di animenya, sebagian besar diisi oleh filler atau cerita sampingan, dan banyak yang berpendapat jika cerita Boruto baru dimulai ketika Kara pertama kali diperkenalkan.

Lain halnya dengan versi manga, dimana cerita tentang Kara suda dikembangkan sejak lama, dan masih terus muncul sampai saat ini. Menurut ceritanya, Kara merupakan kelompok ninja teroris yang menggunakan teknologi canggih dalam menjalankan aksinya. Mereka juga berusaha untuk mengembangkan sebuah “wadah”. Wadah tersebut adalah seorang anak bernama Kawaki.

Karena Konoha memberikan perlindungan kepada Kawaki, dan menyadari akan potensinya, akhirnya Konoha pun bertarung melawan Kara, sampai saat ini. Misteri besar lainnya tentang kara ada kaitannya dengan pemimpin mereka Jigen. Tapi, kemudian terungkap bahwa Jigen sebenarnya adalah sebuah wadah bagi salah satu anggota klan Otsutsuki yang belum diketahui wujudnya, bernama Isshiki Otsutsuki.

Jigen dan Boruto sebenarnya memiliki kesamaan, dimana mereka memiliki tanda segel Karma yang menandakan bahwa ada kekuatan Otsutsuki di dalam diri mereka. Namun, untuk Jigen sendiri masih belum diketahui sampai sejauh mana kekuatan Karma tersebut berpengaruh terhadap kemampuannya. Di chapter sebelumnya, Konoha kemudian kedatangan sosok ilmuwan Kara, Amado.

Amado kemudian membeberkan semua rahasia yang dia ketahui, baik tentang Kara ataupun tentang Jigen. Amado kemudian mengkonfirmasi bahwa Jigen memang merupakan wadah bagi Otsutsuki. Hal ini mengkonfirmasi apa yang selama ini dicurigai oleh Sasuke. Isshiki sendiri pernah bertarung melawan Kaguya Otsutsuki, musuh utama di series Naruto, dan dia kalah dari Kaguya.

Hampir mati, Isshiki kemudian menemukan mankhluk hidup terdekatnya seorang biksu bernama Jigen. Isshiki kemudian menggunakan kekuatan terakhirnya untuk mengecilkan tubuhnya dan masuk ke dalam tubuh Jigen melalui telinganya. Setelah sekian lama berada di tubuh Jigen, perlahan Isshiki mulai memakan chakra milik Jigen dan kemudian menggantinya dengan chakra miliknya.

Hasilnya adalah Jigen sekarang berada di bawah kendali penuh dari Isshiki. Tapi, karena saat itu dipilih secara acak, Jigen sebenarnya bukanlah sosok wadah yang tepat untuk Isshiki, akibat kekuatan Otsutsuki yang dimiliki oleh Isshiki. Oleh karena itulah dia mengincar nyawa Kawaki, untuk menjadi wadah yang tepat bagi Isshiki.

Amado juga menjelaskan tentang tanda segel Karma yang ada ditubuh Jigen. Sama seperti yang ada di tangan Boruto, tanda segel Karma tersebut berisi data DNA dari seluruh klan Otsutsuki. Sebelum seorang Otsutsuki tewas, dia akan menyimpan “data-datanya” untuk kemudian berpindah ke wadah yang lain. Setelahnya, Otsutsuki tersebut akan menggunakan data-data miliknya dan mengambil alih wadah tersebut. Hal inilah yang membuat seorang Otsutsuki bisa hidup abadi.

Untuk saat ini, masih belum diketahui bagaimana cara untuk menghentikan prosesnya tanpa membunuh si pengguna Karma tersebut. Hal ini artinya Boruto suatu hari nanti memang akan menjadi milik atau berada di bawah kendali penuh Momoshiki Otsutsuki. Cerita tentang Karma, Jigen, dan Otsutsuki perlahan mulai terungkap di seri Boruto.

Seri Naruto sempat dikritik, karena di cerita akhirnya semua hal tentang Otsutsuki tidak terlalu banyak dibahas. Perlahan tapi pasti, Boruto mulai mengisi peran dan tugas tersebut untuk menceritakan semua hal tentang Otsutsuki, Karma, dan sebagainya secara detail dan menarik tentunya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.