One Piece sudah berjalan lebih dari 20 tahun, dan para fans masih menunggu bagaimana akhirnya dan apa yang akan terjadi selanjutnya. Cerita saat ini sendiri membuat para fans bertanya-tanya, bagaimana Luffy akan mengalahkan Kaido, apa yang akan terjadi kepada mantan Shichibukai, dan apa yang terjadi sebenarnya kepada Sabo. Apakah Sabo memang ditangkap atau terbunuh? Atau semuanya bohong?

Dengan banyaknya pertanyaan tentang apa yang terjadi selanjutnya, membuat para fans mulai melupakan tentang beberapa misteri dari masa lalu yang sampai saat ini masih belum terjawab. Berikut adalah berbagi misteri dan peristiwa yang masih belum diketahui nasibnya sampai sekarang.

Water Seven Menjadi Sebuah Kapal

Water Seven dan Ennies Lobby dianggap sebagai arc yang terbaik dalam sejarah One Piece. Kedua arc tersebut memiliki unsur drama yang kental dan membantu para karakternya mengalami peningkatan. Ada beberapa detail tentang Water Seven yang sepertinya mulai dilupakan oleh para fans, dan apa artinya bagi dunia secara keseluruhan.

Kereta laut sendiri merupakan sebuah pencapaian yang sangat luar biasa, tapi penemupan yang jauh lebih hebat dari kereta laut dan masih dinantikan keberadaannya adalah rencana dari Iceburg yang akan menjadikan kota Water Seven sebagai sebuah kapal raksasa. Hal tersebut dilakukan agar para masyarakatnya tidak perlu lagi khawatir dengan bencana yang datang. Sampai saat ini, belum diketahui sampai sejauh mana rencana tersebut.

Enel Pergi Ke Luar Angkasa

Arc Skypiea atau pulau langit merupakan salah satu arc yang penuh dengan unsur magis, elemen yang sangat jarang muncul dalam cerita One Piece. Luffy mungkin berhasil mengalahkan Enel, tapi sering kali para fans lupa bahwa di akhir cerita, Enel tetaplah juaranya. Dia berhasil menyempurnakan perahu luar angkasannya dan mampu menerbangkannya ke bulan. Selain ceritanya yang sama sekali tidak pernah disinggung di animenya (karena memang hanya muncul di cover story manganya saja), petualangan luar angkasa dari Enel tidak pernah disebutkan lagi.

Noah

Arc Pulau Manusia Ikan merupakan cerita yang pertama kali muncul pasca time-skip terjadi. Dalam arc ini bukan hanya kita diperlihatkan berbagai hal baru dari kru Topi Jerami – seperti penampilan dan juga kekuatan – tapi, arc ini juga memperkenalkan para fans pada mitologi dan misteri One Piece secara lebih dalam. Salah satunya adalah “Ship of Promise” atau perahu yang dijanjikan, yaitu Noah.

Tidak banyak diketahui tentang asal usul perahu besar yang ada di pulau manusia ikan tersebut, tapi kapal tersebut kemungkinan besar ada kaitannya dengan sosok misterius JoyB Boy. Bisa jadi kapal tersebut tadinya akan digunakan untuk mengangkut para penduduk pulau Manusia Ikan, dan kemudian raja Neptunus sendiri yang akan menariknya.

Luffy Menghancurkan Pulau Manusia Ikan

Setibanya Luffy dan Topi Jerami di Pulau Manusia Ikan, mereka sudah menimbulkan masalah. Contohnya adalah ketika Madame Sharly, yang memiliki kemampuan untuk meramal masa depan, melihat sesuatu yang mengerikan dari sosok Luffy. Menurut Sharly, Luffy akan membawa kehancuran bagi pulau Manusia Ikan, karena dalam penglihatannya dia melihat Luffy dikelilingi oleh api.

Meskipun pada akhirnya Luffy berhasil menyelamatkan Shirahoshi dari ancaman Hody Jones beserta krunya, masih belum diketahui apakah memang Luffy akan menghancurkan pulau Manusia Ikan suatu saat nanti. Belum diketahui juga apakah hal tersebut merupakan pertanda baik atau buruk.

Uranus

Senjata kuno merupakan elemen dalam cerita One Piece yang sangat jarang untuk dibahas. Senjata kuno hanya disebutkan bisa menghancurkan seluruh duna dan menjadi agenda utama dari Pemerintah Dunia untuk mencari ketiga senjata tersebut. Sejauh ini, baru ada dua senjata kuno yang sudah diketahui bentuk dan keberadaannya.

Pertama adalah Pluton, yang disebutkan adalah sebuah kapal yang memiliki daya hancur besar. Banyak yang menduga jika Franky menggunakan rancangan Pluton untuk membangun Thousand Sunny. Kemudian yang kedua adalah Poseidon, yang ternyata bukan benda melainkan orang, yaitu putri duyung alias putri Shirahoshi. Yang ketiga dan masih menjadi misteri adalah Uranus. Para fans menduga jika kemampuan Luffy untuk merangkul orang lain adalah kekuatan dari Uranus.

Voice of All Things

Sudah sejak awal diperkenalkan, Voice of All Things selalu menjadi kemampuan yang misterius yang diperkenalkan oleh Oda Sensei. Sampai saat ini, masih belum diketahui secara pasti apa sebenarnya Voice of All Things. Tapi, banyak yang mengira bahwa kemampuan ini merupakan kemampuan seseorang untuk bisa mendengarkan suara-suara aneh, misalnya suara dari dalam air atau bahkan suara dari Poneglyphs.

Hanya mereka yang dianggap memiliki mental raja, yang bisa memiliki kemampuan ini. Contohnya adalah Roger, Oden, Momonosuke, dan tentu saja Luffy. Pesan atau suara-suara yang muncul biasanya berisi suara-suara aneh yang artinya juga sangat misterius. Tapi, jika dilihat dari momen flashback Oden, suara-suara tersebut bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan.

Will of D.

Inilah yang selalu menjadi misteri, terlepas dari seringnya Will of D. disebut atau direferensikan dalam cerita One Piece. Dari sekian banyak karakter, hanya beberapa karakter saja yang memiliki huruf “D.” di tengah nama mereka. Berdasarkan para karakter-karakter tua, seperti Rayleigh atau Dr. Kureha, “D.” sendiri merupakan sebuah klan atau keluarga misterius yang sempat muncul ratusan tahun yang lalu.

Para karakter-karakter tua tersebut, bahkan menyebutkan bahwa mereka yang memiliki tekad D memiliki sebuah takdir khusus, dimana mereka kemungkinan akan kembali bangkit dan menguasai dunia. Disebutkan bahwa di Poneglyph terakhir yang ada di Laugh Tale, terdapat sebuah cerita tentang arti sebenarnya dari tekad D.

Harta Karun Mary Geoise

Pemerintah Dunia merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam cerita One Piece, tapi seluruh hal tentang sistem dan bagaimana seluruh sisterm tersebut bekerja masih menjadi sebuah misteri. Kaum naga langit dan lima tetua bintang tentunya memiliki agendanya sendiri dan juga memiliki rahasia besar yang masih belum terungkap sampai saat ini.

Dalam arc Dressrosa, Doflamingo pernah memberikan petunjuk tentang rahasia kelam yang bisa mengancam seluruh tatanan Pemerintah Dunia; dan saat pertarungannya dengan Trafalgar Law, Dofla bahkan menyebutkan bahwa dia bisa menggunakan beberapa rahasia yang ada di Mary Geoise untuk mengendalikan dunia. Sampai detik ini, masih belum diketahui apa sebenarnya rahasia harta karun yang ada di Mary Geoise, selain sebuah topi jerami raksasa.

Dragon dan Cuaca

Monkey D. Dragon merupakan salah satu karakter yang sangat misterius dalam cerita One Piece, bahkan sampai saat ini. Tidak banyak informasi yang kita ketahui tentang sosok Dragon, selain dia merupakan ayah dari Luffy dan merupakan pemimpin Pasukan Revolusi. Salah satu hal yang sering kali dispekulasikan oleh para fans adalah Dragon mampu mengendalikan cuaca.

Hal ini berdasarkan apa yang terjadi di Loguetown, di awal cerita One Piece. Ketika Luffy dan yang lain sedang dikejar oleh Smoker, dan Smoker sendiri hendak menghancurkan tubuh Luffy, Dragon kemudian muncul dan secara tidak langsung membantu Luffy membebaskan dirinya dari kejaran Smoker. Yang menarik adalah ketika Dragon muncul, selalu ada badai atau hujan deras turun di wilayah tersebut. Apakah memang Dragon memiliki kekuatan untuk mengendalikan cuaca?

All Blue

Bukan hanya para fans sepertinya sudah melupakan tentang All Blue, tapi Sanji sendiri juga sepertinya sudah tidak lagi peduli tentang All Blue. Saat berada di pulau Manusia Ikan, secara jelas Sanji mengatakan bahwa dia rela melupakan All Blue demi bisa tinggal bersama para duyung-duyung yang cantik. All Blue sendiri merupakan sebuah wilayah perairan yang menghubungkan seluruh lautan yang ada di dunia.

Karena saling terhubung, seluruh jenis ikan-ikan yang ada akan berkumpul di satu tempat tersebut. Bagi seorang koki ambisius seperti Sanji, All Blue merupakan surga kuliner yang siap untuk “dipanen”. Dengan cerita yang sudah mendekati akhirnya, mudah-mudahan Sanji bisa kembali mengingat impian masa kecilnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.