Gol D. Roger disebut-sebut merupakan raja bajak laut karena berhasil sampai ke pulau terakhir dan juga berhasil mendatangi semua pulau yang ada. Tapi, sayangnya Roger kemudian harus dieksekusi oleh angkatan laut karena dia merasa semua petualangannya sudah selesai. Informasi mengenai Roger sendiri masih sangat sedikit, meskipun sudah ratusan chapter dilalui.

Hal tersebut juga berlaku terhadap Kaido, yang merupakan salah satu Yonko alias penguasa lautan. Kaido dulunya merupakan anak buah dari bajak laut legendaris, Rocks D. Xebec, yang namanya harus dihapus dari sejarah karena kekejamannya. Menjadi kru bajak laut Xebec tentunya bukan perkara sembarangan, karena hanya orang-orang terkuat yang bisa melakukannya. Kaido merupakan salah satu diantaranya, tapi dengan posisinya sekarang yang menjadi seorang penguasa lautan, siapa yang akan menang bila Kaido bertarung melawan Roger?

Kekuatan : Kaido

Seperti yang disebutkan di atas, tidak sembarangan orang untuk menjadi anak buah bajak laut Rocks. Kekuatan sebenarnya dari Kaido sendiri belum terungkap dengan, jelas karena saat pertarungannya melawan Luffy, Law, dan beberapa Worst Generations kekuatan yang dia gunakan bahkan tidak mencapai 50%. Gear 4 Luffy pun nampaknya tidak berpengaruh apa-apa terhadap Kaido, yang dikenal memiliki tubuh yang kuat.

Roger pun sama. Selain kekuatan fisik, Haki yang dia miliki pun sangat luar biasa. Contohnya ada di akhir chapter 955 kemarin dimana seluruh hewan pun merasa ketakutan. Jika bertarung secara fisik, rasanya Roger akan kalah dari Kaido. Apalagi ukuran Roger lebih kecil dibandingkan Kaido yang mirip seperti monster. Kaido juga memiliki teknik untuk mengeraskan badannya, yang pastinya sangat sulit untuk ditembus oleh Roger.

Pasukan: Kaido

Baik Roger maupun Kaido, sebenarnya sama-sama memiliki pasukan yang hebat. Tapi, untuk jumlahnya sendiri bajak laut Roger jauh kalah dibandingkan Kaido. Meskipun belum diketahui secara pasti berapa jumlah kru dari Roger, tapi total krunya kemungkinan hanya berkisar 20 – 30 orang saja. Roger sendiri tidak memiliki pasukan atau divisi lainnya, seperti Whitebeard.

Di sisi lain, Kaido memiliki banyak divisi dan pasukan. Berbicara jumlah, pasukan Kaido berjumlah lebih dari 10.000 pasukan. Rayleigh dan kru Roger lainnya mungkin sangat kuat, tapi jika harus menghadapi 10.000 pasukan sekaligus (sebelum akhirnya melawan Kaido) rasanya sangat tidak mungkin. Belum lagi Kaido pun memiliki komandan divisi yang kuat seperti tiga orang andalannya Jack, Queen, King.

Haki: Roger

Bila berbicara tentang pertarungan fisik, mungkin Kaido menang dalam poin tersebut. Dengan ukuran tubuhnya yang besar, tentunya tenaga yang dikeluarkan pun tidak main-main. Tapi, jika berbicara mengenai kekuatan Haki maka Roger memiliki peluang untuk menang dalam poin ini. Kaido sendiri sebenarnya menguasai salah satu Haki, yaitu Armament Haki yang mana membuatnya menjadi manusia yang sulit untuk dilukai.

Tapi, Geeks tentunya ingat dengan cerita tentang pedang Enma. Pedang tersebut menjadi satu-satunya senjata yang pernah melukai tubuh Kaido, dan lukanya pun masih terlihat. Pedang tersebut dialiri oleh Haki. Roger memiliki kekuatan Haki yang sangat dahsyat, dimana bahkan hewan satu pulau sampai takut di dekat Roger. Bahkan di chapter 966 diperlihatkan Roger berhasil menahan serangan Whitebeard, padahal pedang mereka belum bersentuhan. Namun, energi yang dihasilkan sangat luar biasa.

Karisma: Roger

Seorang pemimpin tentunya memerlukan karisma agar mendapatkan simpatik dari orang lain, dan terutama dari anak buahnya agar mau mengikuti perintah. Kaido sendiri memiliki puluhan ribu pasukan yang berada di bawah kekuasaannya, namun bisa jadi mereka mau mengikuti perintah Kaido karena dibawah tekanan dan rasa takut. Kaido memang diketahui memimpin pasukannya dengan sangat tegas.

Hal berbeda diperlihatkan oleh Roger, dimana hampir seluruh pasukannya dengan sukarela mau mengikuti perintah Roger. Bahkan, mereka rela mati demi melindungi Roger. Mereka juga hormat dan peduli terhadap sang kapten. Suasana yang dibangun oleh Roger lebih kepada pendekatan secara personal, dimana mereka lebih sering tertawa dan gembira dibandingkan dengan rasa takut.

Nilai Buruan: Roger

Kaido mungkin menjadi bajak laut yang memiliki nilai tinggi, berkat petualangan dan juga apa yang sudah dia lakukan di masa lalu dan masa sekarang. Dengan posisinya sebagai salah satu Yonko, wajar bila kemudian nilai buruannya diberikan angka yang besar oleh pemerintah. Tidak lupa juga bagaimana kehancuran yang sudah dia buat, membuat nilainya semakin tinggi.

Nilai buruan kaido sendiri mencapai 4 milliar belly. Tapi, ternyata nilai tersebut masih kalah dengan nilai buruan dari sang raja bajak laut yaitu Roger yang nilainya mencapai 5 milliar belly. Angka tersebut wajar, karena Roger bisa dibilang mengetahui segala seluk beluk tentang apa yang terjadi di dunia ini berkat semua informasi yang dia ketahui dari Poneglyph.

Sekutu: Roger

Sebenarnya, baik Roger maupun Kaido tidak memili sekutu yang pasti. Tapi, seperti yang kita ketahui jika Kaido menjalin kerja sama dengan Orochi untuk menggulingkan kekuasaan di Wano dan merubah Orochi menjadi penguasa. Roger sendiri tidak memiliki sekutu yang jelas, namun dia membangun hubungan “baik” dengan Whitebeard, Garp, dan Sengoku.

Bukti nyata dari hubungan baik Roger dengan Garp adalah ketika Roger menitipkan anaknya kepada Garp, karena Roger sudah menganggap Garp seperti sahabat. Kaido sendiri hanya menganggap Orochi sebatas “rekan bisnis” belaka, sehingga bukan tidak mungkin bila suatu hari Kaido membatalkan kerja sama mereka dan menghancurkan pasukan Orochi.

Senjata: Kaido

Dalam sebuah pertarungan, senjata tentunya diperlukan untuk membantu meraih kemenangan. Hal inilah yang disadari oleh Kaido, dimana dia membangun pabrik buah iblis SMILE dan juga memproduksi senjata kimia, seperti yang diperlihatkan di chapter sebelumnya dimana Luffy harus terkena racun buatan dari Queen. Kaido sadar bahwa senjata diperlukan untuk meraih kekuasaan dan domininasi dunia.

Hal berbeda terjadi kepada Gol D. Roger, dimana senjata bukan menjadi sebuah alasan khusus untuk menang baginya. Dalam pembahasan di atas, kita sudah tahu jika pertarungan fisik mungkin Kaido akan memiliki keuntungan dibanding Roger. Tapi, dia memiliki “senjata” yang lebih kuat dibandingkan senjata konvensional. Selain pedang hitam yang dia miliki, Roger tidak memiliki senjata apapun. Kaido sendiri memiliki sebuah palu dengan ujung runcing, yang bisa menghancurkan musuhnya dengan cepat.

Pemenangnya: Roger

Menjadi salah satu Yonko atau penguasa lautan memang tidaklah mudah, karena reputasi tersebut pastinya tidak didapat dalam waktu singkat. Menjadi seorang penguasa lautan juga memang butuh kekuatan yang besar, karena akan banyak saingan yang datang. Tapi, jika harus bertarung dengan seorang raja bajak laut tentunya ada beberapa faktor yang diperhitungkan.

Berdasarkan beberapa poin yang sudah disebutkan diatas, Kaidou memang memiliki keuntungan untuk beberapa hal terutama dalam masalah kekuatan fisik, persenjataan, dan jumlah pasukan. Tapi, jika berbicara mengenai Haki atau sekutu maka Roger yang memiliki keuntungan. Dengan level kekuatan tersebut, Roger menjadi salah satu karakter yang bisa mengalahkan Kaidou.