Zoro merupakan salah satu karakter paling badass dalam cerita One Piece. wakil kapten dari kelompok bajak laut Topi Jerami ini merupakan kru paling kuat nomor dua setelah Luffy. Gaya bertarungnya yang menggunakan tiga pedang sekaligus, memberikan sesuatu yang baru dan memperlihatkan bagaimana mematikannya jurus yang digunakan oleh Zoro ketika menghadapi musuh.

Bermimpi menjadi ahli pedang paling kuat di dunia, mantan pemburu bajak laut ini sudah mengalami banyak pertarungan dalam hidupnya. Meskipun terkadang dia harus kalah menghadapi musuhnya, tapi tidak jarang juga Zoro meraih kemenangan besar. Banyak karakter yang pernah dihadapi oleh Zoro, dan berikut adalah beberapa karakter tangguh yang pernah dihadapi oleh Zoro.

Daz Bones

Daz Bones atau yang biasa dikenal dengan nama Mr. 1, merupakan petarung paling tangguh yang ada di Baroque Works. Kelompok penjahat pimpinan Crocodile ini pernah menduduki wilayah Alabasta dan membuat wilayah tersebut menderita. Sama seperti Zoro, Daz Bones dulunya merupakan seorang bounty hunter. Dia merupakan salah satu musuh utama yang dihadapi oleh Luffy dan Zoro di arc Alabasta.

Bagi Zoro, Daz Bones hanyalah sosok orang biasa yang harus dia kalahkan dalam pertarungan. Pertarungan melawan Daz Bones juga menjadi pertarungan internal dari dalam diri Zoro, karena dia sebelumnya kalah saat melawan Mihawk maka dia berjanji tidak akan lagi kalah dari siapapun. Daz Bones merupakan pengguna buah iblis Dice Dice, dimana tubuhnya bisa berubah menjadi besi. Oleh karena itulah, Zoro harus berjuang keras untuk bisa mengalahkan Daz Bones.

Fujitora

Admiral Fujitora merupakan mantan admiral angkatan laut yang kembali direkrut. Meskipun dia tidak bisa melihat, tapi Fujitora bukanlah sosok yang bisa dianggap remeh. Dia bisa merasakan apa yang ada disekitarnya dan kemampuan merasa ini lebih tinggi dari siapapun. Fujitora juga merupakan pengguna buah iblis, yaitu Zushi Zushi no Mi, dimana dia bisa memanfaatkan gaya gravitasi.

Dalam arc Dressrosa, Fujitora pernah menjatuhkan meteorit ke arah musuhnya dan saat pertarungan pertamanya melawan Zoro, dia berhasil mengalahkan Zoro dengan menguburnya di dalam reruntuhan. Dengan keahlian pedang yang luar biasa, kekuatan buah iblis yang juga dahsyat, dan dipadukan dengan Observation Haki membuat Fujitora menjadi lawan yang sangat tangguh bagi Zoro.

Kizaru

Kizaru alias Borsalino merupakan salah satu admiral terkuat angkatan laut, bersama Greenbull dan Fujitora. Kizaru merpakan pengguna buah iblis bertipe Logia yaitu Pika Pika no Mi. Buah iblis tersebut membuat Kizaru memiliki kemampuan yang berdasarkan cahaya, seperti menembakan laser dahsyat yang bisa menghancurkan pohon di Sabaody, atau bahkan bisa membunuh Zoro.

Sebelum time-skip terjadi, Zoro pernah bertarung melawan Kizaru dan hasilnya bisa ditebak yaitu Zoro tidak berkutik melawan Kizaru. Dia bisa bergerak secepat cahaya, dan Zoro ataupun yang lain tidak bisa menyerang Kizaru, kecuali jika menggunakan Haki. Mungkin untuk pertarungan sekarang hasilnya bisa berbeda, tapi yang pasti Kizaru merupakan lawan tanggung bagi Zoro.

Ryuma

Sang dewa pedang Ryuma, merupakan pemilik asli dari pedang hitam Shushui. Dia merupakan salah satu samurai dan ahli pedang legendaris dari wilayah Wano. Kabarnya, Ryuma pernah memotong kepala naga terbang dengan menggunakan Shusui. Meskipun Ryuma yang pernah Zoro lawan di Thriller Bark bukanlah sosok Ryuma yang asli, tetap saja dia merupakan karakter yang tangguh.

Zombie Ryuma dimasukan bayangan dari Brook dan dibangkitkan kembali dengan Kage Kage no Mi. Meskipun dia merupakan zombie, Ryuma mampu menghadapi Zoro dan memberikan Zoro sebuah pengalaman yang luar biasa. Bahkan, bisa dibilang Zoro hampir saja kalah. Mungkin jika sosok Ryuma yang asli muncul, Zoro bisa saja kalah.

Mihawk

Dracule Mihawk adalah sosok ahli pedang terkuat di dunia One Piece. Tidak ada seorang pun yang bisa menandingi kekuatan seorang mihawk, kecuali Shanks. Mihawk merupakan sosok karakter kuat yang pertama Zoro lawan dan kalah. Bahkan, saat melawan Zoro Mihawk tidak menggunakan Yoru melainkan sebuah pedang kecil.

Yang menarik Kuma mengirim Zoro ke Thriller Bark, dimana Mihawk berada. Zoro kemudian meminta untuk diajari bagaimana cara berpedang yang baik kepada Mihawk. Dan hasilnya setelah dua tahun berlatih, Zoro mengalami peningkatan yang sangat luar biasa. Kemampuan berpedang Zoro semakin dahsyat, terbukti dia pernah menghancurkan sebuah kapal bajak laut hanya dengan satu tebasan saja.