Superman memang menjadi superhero yang paling kuat di DC Universe. Dengan kekuatannya yang luar biasa, wajar jika para penggemar langsung menyukai karakter ini sejak debutnya. Karena digemari, banyak kreator lain yang berupaya menciptakan karakter yang mirip Superman. Karakter tiruan tersebut dibuat untuk menyaingi eksistensi Superman itu sendiri.

Bahkan karakternya, dipoles sedemikian rupa agar tidak terlalu mirip dengan Superman. Selain penampilan fisik, beberapa diantaranya malah mendapatkan kekuatan tambahan, yang membuatnya menjadi karakter tiruan yang lebih kuat dibanding Superman. Apalagi karakter tiruan ini tidak memiliki kelemahan yang mencolok seperti kelemahan akan Kryptonite.

Semua kekuatan dasar yang dimiliki oleh karakter tiruan ini, sangat mirip dengan Superman. Seperti kekuatan super, dapat terbang, dan memiliki kecepatan yang super cepat. Mungkin kalian berpikir jika karakter tiruan ini tidak dapat menyaingi eksistensi Superman, tetapi kenyataannya, beberapa diantara mereka menjadi sangat populer. Berikut adalah beberapa tiruan Superman yang sebenarnya lebih kuat dari Superman itu sendiri.

Shazam

Ketika seorang remaja bernama Billy Batson meneriakkan “Shazam!”, maka ia akan berubah menjadi superhero yang diberkahi kekuatan dewa. Superhero ini bernama Shazam. Setelah DC Comics membeli hak cipta Shazam (awalnya bernama Captain Marvel) dari Fawcett Comics, karakter ini muncul di berbagai komik DC. Di beberapa kesempatan, kita bisa melihat saat-saat di mana Shazam dan Superman saling berselisih.

Salah satu pertempuran paling terkenal antara keduanya terjadi setelah Eclipso menggunakan tubuh Superman. Khawatir bahwa Eclipso akan mendatangkan malapetaka saat menggunakan tubuh Superman, Shazam pun tak punya pilihan untuk melawan temannya tersebut. Meski Superman secara fisik lebih kuat, tapi Shazam punya kekuatan yang dapat melemahkan Superman, yaitu sihir. Oiya Geeks, ketika Shazam masih dimiliki oleh Fawcett Comics, DC Comics pernah menuntut Fawcett karena Shazam dianggap meniru Superman.

Hyperion

Hyperion adalah makhluk asing yang mendarat di Bumi dalam sebuah roket ketika dia masih bayi. Origin Hyperion diatas memang mirip seperti saat Superman tiba pertama kali di Bumi. Ketika Hyperion yang masih bayi dijemput oleh pejabat pemerintahan, mereka melakukan serangkaian tes yang membuktikan bahwa Hyperion tidak bisa dihancurkan. Ketika dia semakin kuat, pemerintah menjadi takut bahwa Hyperion bisa tumbuh menjadi seorang maniak yang akan melakukan genosida.

Karena ketakutan, para atasan Pentagon lantas memerintahkan Hyperion dicuci otak, dengan memasukan ideologi Amerika dan menyuruhnya untuk menjadi pahlawan super bernama Hyperion. Ketika Hyperion menemukan fakta bahwa pemerintah telah memanipulasinya sejak lahir, Hyperion lantas meninggalkan mereka. Untuk menunjukkan bahwa Hyperion dapat menghancurkan umat manusia jika ia mau, Hyperion pernah menabrakan diri ke Kutub Utara dengan kekuatan besar. Bahkan karena tabrakan itu, terjadi gempa berskala 10 Skala Richter.

Gladiator

Sosok yang satu ini datang dari sebuah kerajaan di galaksi yang gemar berperang dengan faksi lainnya yaitu Shi’ar. Meskipun Shi’ar terdiri dari ratusan prajurit, tetapi ada sosok yang paling menakutkan dari Shi’ar. Sosok ini adalah Gladiator. Meski memiliki kulit ungu dan rambut Mohawk, tetapi Gladiator tentu saja meniru Superman. Gladiator tidak hanya memiliki kekuatan yang sama dengan Superman tetapi kostumnya pun memiliki warna yang sama yaitu merah, biru, dan kuning.

Nama asli Gladiator adalah Kallark, yang berarti namanya adalah penggabungan nama Superman di Bumi yaitu Clark, dan nama di Krypton yaitu Kal-El. Kekuatan Gladiator memang super hebat. Dia begitu kuat dan pernah mengalahkan Thanos dengan satu pukulan. Tapi sebenarnya dia tidak benar-benar kuat. Kekuatan Gladiator terkait langsung dengan kepercayaan dirinya. Jika dia pikir dia bisa memenangkan pertarungan, dia akan menang. Ironisnya, Gladiator lebih mungkin memenangkan pertarungan jika dia tidak tahu tentang kemampuan lawannya.

Homelander

Tentunya kalian sudah tidak asing dengan sosok yang satu ini. Ia adalah Homelander yang juga muncul di serial The Boys. Sebagai pemimpin tim The Seven, Homelander jelas menirukan Superman karena memiliki keahlian dan penampilan yang hampir sama. Seperti Superman, ia menggambarkan dirinya sebagai seorang patriot dengan misinya adalah menjaga perdamaian global. Tapi ada yang sedikit membedakan yaitu bagian moralnya. Tidak seperti Superman, Homelander adalah seorang psikopat rasis.

Meskipun media menceritakan bahwa Homelander adalah makhluk asing yang datang ke Bumi ketika masih bayi, tapi nyatanya Homelander diciptakan oleh perusahaan korup bernama Vought-American. Homelander juga tidak memiliki kelemahan dari Kyptonite. Jadi bagaimana mungkin ada yang bisa mengalahkannya? Nah tentu saja ada. Vought-American sadar bahwa Homelander tidak memiliki kelemahan. Oleh karena itu mereka menciptakan versi clone tidak stabil dari Homelander, yang diberi nama Black Noir. Black Noir diprogram untuk memusnahkan Homelander jika berulah.

Supreme

Pada tahun 1992, Rob Liefield menciptakan sosok superhero paling kuat di Image Comics bernama Supreme. Diceritakan bahwa karakter ini dilahirkan pada tahun 1925 sebagai manusia biasa bernama Ethan Crane. Ia mendapatkan kekuatan super ketika ia terpapar radiasi yang disebut Supremium. Selain memiliki semua kekuatan Superman seperti dapat terbang, freeze breath, penglihatan x-ray, dan mampu mengeluarkan laser dari matanya, Supreme juga dapat menyerap energi, memanipulasi materi pada tingkat atom, bahkan membangkitkan kembali dirinya sendiri.

Awalnya Supreme digambarkan sebagai karakter sombong yang membuatnya dibenci oleh para pembaca. Tapi ketika Alan Moore mengambil alih cerita komiknya, Moore menyempurnakan kembali karakter Supreme sehingga ia mirip dengan Superman pada era Silver Age. Moore memberi Supreme banyak kesamaan dengan Superman, bahkan Moore menciptakan seekor anjing bernama Radar yang mirip seperti anjing milik Superman yaitu Krypto.

FOLLOW US