Setelah kesepakatan dengan 20th Century Fox selesai, akhirnya Marvel Studios bisa mendapatkan hak cipta untuk berbagai karakter mutan mereka, seperti X-Men dan Fantastic Four. Berbicara tentang Fantastic Four, apakah Tony Stark bertanggung jawab atas terbentuknya Fantastic Four versi MCU? Sejak pertama kali MCU dibentuk pada 2008 silam, Marvel Studios tidak bisa menghadirkan tim Fantastic Four ke dalam timeline mereka.

Permasalahan hak cipta menjadi hal yang tidak bisa diganggu gugat. Hak cipta untuk Fantastic Four dan X-Men sebelumnya berada di tangan rumah produski 20th Century Fox, tapi sekarang semuanya sudah “diselesaikan.” Kevin Feige pun sudah mengkonfirmasi bahwa tim Fantastic Four akan muncul di MCU.

Kemunculan Mr. Fantastic, Human Torch, The Thing, dan Invisible Woman di MCU merupakan sesuatu yang sudah lama dinantikan oleh para fans. Banyak teori kemudian bermunculan yang menyebutkan bahwa Stark/Avengers Tower akan dibeli oleh tim Fantastic Four dan akan menjadi tempat tinggal mereka.

Teori lain juga menyebutkan jika keempat pahlawan tersebut selama ini terjebak di dalam dunia Quantum dan akan kembali muncul ke dunia nyata dengan kekuatan super mereka. Ada kemungkinan juga jika tim Fantastic Four akan bergabung dengan organisasi SWORD. Tapi, teori yang juga tidak kalah menarik adalah Tony Stark merupakan orang yang bertanggung jawab atas kekuatan tim Fantastic Four.

Koneksi Tony Stark dan tim Fantastic Four muncul dalam film Captain America: Civil War. Di awal filmnya, Stark mempresentasikan teknologi Binarily Augmented Retro-Framing atau teknologi untuk mereka ulang adegan atau momen yang ada di dalam otak kita. Tony juga mengatakan kepada salah satu mahasiswa bahwa dia akan membiayai seluruh biaya riset dan uji cobanya.

Tanpa sepengetahuan Tony, dia bisa saja sebenarnya sudah membiayai biaya penelitian seorang Reed Richards. Proyek tersebut akan membawa Richards pergi ke luar angkasa, dan kemudian terpapar radiasi kosmik dan mendapatkan kekuatan super. Bisa juga Richards kemudian melakukan sebuah eksperimen dengan teknologi dimensional dan kemudian mendapatkan kekuatan supernya.

Meskipun cerita masa lalu dari Reed Richards versi MCU masih belum diketahui, teori bahwa sebenarnya Reed Richards merupakan mahasiswa yang bertanya kepada Tony Stark merupakan sesuatu yang masuk akal, apalagi di komiknya pun Reed Richards memang diperlihatkan pernah menjadi mahasiswa.

Hal ini tentunya akan semakin memperkuat konektivitas antar film di MCU dan juga semakin memperkuat karakter seorang Tony Stark. Sebelumnya, di film Spider-Man: Far From Home ada sebuah adegan yang mengungkapkan dimana Quentin Beck alias Mysterio ada disaat presentasi BARF tersebut. Beck bahkan mengungkapkan bahwa dia dan timnyalah yang menemukan BARF.

Jika Tony bisa, secara tidak sengaja, menciptakan seorang supervillain maka bukan hal yang tidak mungkin juga jika Tony Stark secara tidak sengaja menciptakan salah satu pahlawan terhebat Marvel. Jika memang teori ini benar adanya, maka Marvel Studios benar-benar melakukan sesuatu yang sangat luar biasa dengan timeline mereka.

Meskipun riset yang dilakukan oleh Reeds dilaksanakan pada 2016 silam, tapi butuh bertahun-tahun untuk Reeds agar seluruh risetnya berjalan dengan lancar. Decimation yang dilakukan oleh Thanos juga bisa menjadi alasan mengapa proyek Reeds harus tertunda lama. Ketika mereka kembali, tim Fantastic Four kemudian mulai mempelajari ancaman yang dilakukan oleh Thanos.

Akhirnya hal inilah yang membuat mereka pergi ke luar angkasa melakukan penelitian, dan menjadi awal terciptanya tim Fantastic Four. Dalam skenario ini, tidak hal yang terjadi tanpa adanya kata-kata motivasi Stark yaitu “reframe the future” atau membangun ulang masa depan yang diucapkan Tony Stark saat melakukan presentasi BARF.

Perlu diingat ya Geeks ini hanyalah teori semata, tapi bukan berarti hal ini tidak mungkin terjadi. Skenario ini memungkinkan Marvel untuk membawa kembali sosok Robert Downey Jr. meskipun hanya sebagai cameo ketika dia bertemu dengan Richard Reeds. Masih kita tunggu apakah Marvel akan mengikuti skenario ini, atau mungkin juga mereka memiliki skenario lainnya. Film Fantastic Four kemungkinan baru akan dirilis pada 2023 mendatang, jadi mohon sabar menunggu ya Geeks!

FOLLOW US