Usopp merupakan salah satu karakter yang menarik dari kru Topi Jerami. Dia merupakan karakter yang kocak dan penakut, tapi dia adalah kru yang sangat setia. Dibandingkan dengan kru Topi Jerami yang lain, kekuatan Usopp sangatlah unik. Dia bisa menembak dengan tepat dari jarak yang sangat jauh. Usopp merupakan ahli menembak jitu dari kru Topi jerami

Meskipun begitu, sangat jarang Usopp terlihat bertarung dengan musuh. Usopp merupakan salah satu dari tiga kru Topi Jerami yang paling lemah, selain Nami dan Tony Chopper. Namun, setelah berlatih bersama Heracles saat timeskip selama dua tahun, kemampuan Usopp sedikit meningkat. Tapi, apakah peningkatan kekuatan Usopp hanya sampai disitu saja?

Usopp Akan Memiliki Kekuatan Buah Iblis

Kemungkinan menjelang akhir cerita One Piece, Eiichiro Oda akan memperlihatkan kepada kita bagaimana Usopp akan mengalami peningkatan kekuatan (lagi), yaitu dengan cara mengkonsumsi buah iblis. Tapi, bukan Usopp yang akan mengkonsumsi buah iblis tersebut melainkan senjata yang dipakai Usopp dalam setiap pertarungan, Kabuto.

Senjata yang mirip dengan ketapel tersebut akan “mengkonsumsi” buah iblis dan kemudian Kabuto akan menjadi sebuah senjata yang bisa hidup dengan sendirinya. Hal ini mirip seperti Napoleon yang dimiliki oleh Big Mom. Bedanya, jika Napoleon dibentuk dari serpihan jiwa Big Mom, Kabuto bisa hidup berkat mengkonsumsi buah iblis bertipe Zoan Mushi Mushi no Mi Model: Kabutomushi.

Ketika Kabuto berubah menjadi hidup, dia akan berubah mirip seperti serangga kumbang. Selain bisa menjadi senjata untuk Usopp, form tersebut juga bisa menjadi transportasi bagi Usopp dan siapapun yang menaiki Kabuto. Bagian tanduk depannya, bisa dijadikan sebagai alat untuk menembak.

Mengapa Buah Iblis Bertipe Zoan?

Alasan pertama mengapa buah iblisnya bertipe Zoan adalah karena ada hubungannya dengan Kabuto/Kabutomushi. Dalam bahasa Jepang, kabuto/kabutomushi merupakan serangga kumbang. Sering kali binatang atau hewan dalam cerita One Piece diperlihatkan memiliki kemampuan buah iblis Zoan. Contohnya yang paling jelas adalah Kaido.

Alasan lainnya adalah sedari awal memang Usopp selalu dekat dengan serangga kumbang. Contohnya ketika Luffy menemukan seekor kumbang saat berada di Jaya, orang yang paling senang ketika menemukan binatang tersebut adalah Usopp. Tidak ada lagi orang yang sebahagia Usopp. Kemudian orang-orang yang “berjasa” kepada Usopp, Heracles, adalah manusia kumbang. Binatang di pulau Boin juga sebagian besar adalah kumbang.

Alasan lainnya adalah Kabuto bisa menjadi spotter bagi Usopp. Dalam dunia militer, seorang penembak jitu biasanya beroperasi berpasangan. Satu orang sebagai penembak jitu, seorang lainnya sebagai orang yang menghitung segala detail (sudut, kecepatan angin, kemiringan, dsb). Hal ini juga bisa berlaku kepada Usopp, dimana Kabuto akan membantu Usopp untuk menghitung kecepatan angin dan pergerakan angin. Sehingga tingkat keakuratan tembakannya bisa lebih tinggi.

Dimana Usopp Menemukan Buah Iblisnya?

Lalu, pertanyaan selajutnya adalah dimana Usopp akan menemukan buah iblis Mushi Mushi no Mi Model: Kabutomushi? Ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama adalah Usopp menemukan buah iblisnya di suatu tempat. Misalnya di pulau Boin, dimana ternyata Heracles sebenarnya menyembunyikan buah iblis tersebut dari diri Usopp, karena pada awalnya dia tidak percaya kepada Usopp. Tapi, kemudian dia mulai perlahan percaya dan mempercayakan buah iblis tersebut kepada Usopp.

Kedua, Usopp kemungkinan mendapatkan peningkatan Kabuto di pulau Elbaf. Pemimpin suku raksasa (dan beberapa suku raksasa) merupakan teman baik dari Usopp. Mereka merupakan teman baik sejak arc Water Seven, dan bahkan Usopp pernah berjanji untuk mengunjungi pulau mereka suatu hari nanti. Pemimpin suku raksasa tersebut memiliki kemampuan buah iblis bertipe Zoan dengan model kumbang tanduk (Rhinoceros Beetle).

Kemudian seorang villain (entah siapapun itu) kemudian membunuh pemimpin suku raksasa tersebut. Kekuatannya kemudian menyerap buah yang ada di dekatnya, dan kemudian Usopp pun mengambil buah iblis tersebut. Usopp tidak mengkonsumsi buah iblis tersebut, tapi lebih kepada menyimpannya dan tidak boleh ada orang lain yang memlikinya, sama seperti buah Mera Mera milik Ace yang disimpan oleh Luffy.

Tapi, pada akhirnya para suku raksasa meyakinkan Usopp untuk memakan buah iblis tersebut. Sayangnya, Usopp sendiri tidak mau dan tidak yakin untuk mengkonsumsi buah iblis tersebut. Alasan pertama adalah Usopp tahu tentang efek samping pemakan buah iblis, kedua Usopp merasa dirinya tidak cukup kuat untuk menjadi pengguna buah iblis tipe Zoan.

Berkat bantuan Franky yang pernah membaca riset tentang rahasia buah iblis, akhirnya memberikan saran kepada Usopp untuk memberikan kekuatannya kepada tongkat andalannya tersebut. Dengan kekuatan tersebut Usopp kemudian mengalahkan villain yang membunuh pemimpin suku raksasa, dan menjadi pahlawan bagi masyarakat Elbaf. Dan Usopp pun akan menjadi sosok yang sangat hebat berkat hal tersebut.

FOLLOW US