Dalam adegan terakhir Star Wars Episode VI: Return of the Jedi, ada sebuah adegan yang memperlihatkan saat Anakin Skywalker bergabung dengan Obi-Wan Keno dan Yoda sebagai Force Ghosts. Yang menjadi pertanyaan terbesar adalah bagaimana Anakin alias Darth Vader dapat menggunakan kekuatan Force Ghost? Padahal, Darth Vader telah memilih bagian Dark Side dan ia terkenal sebagai Sith.

Menurut teori baru yang beredar di Reddit, keseimbangan dari kekuatan the Force menjadi alasan utama. Teori ini menunjukkan bahwa Dark Side dan Light Side tidak membuat kesimbangannya sendiri. Sebaliknya, keseimbangan sejati hanya dapat dicapai melalui Living Force dan Cosmic Force.

Musim keenam dari serial Star Wars: The Clone Wars secara singkat membahas hal ini. Ketika itu Yoda mendengar suara Qui-Gon Jinn. Seperti yang pernah dijelaskan oleh Qui-Gon Jinn, dua perwujudan the Force yaitu Living Force dan Comic Force dapat bercampur bahkan setelah kematiannya. Itulah sebabnya Qui-Gon Jinn dapat berkomunikasi dengan dunia yang hidup.

Karena itu, terlepas dari kesetiaannya pada Dark Side, keseimbangan kekuatan the Force miliknya memungkinkan Anakin mengeluarkan kekuatan Force Ghost. Atau bisa jadi bahwa Anakin kembali ke sisi Light Side ketika ia berupaya membunuh (mendorong) Palpatine. Besar kemungkinan Anakin mati bukan sebagai Darth Vader, tetapi ia kembali sebagai Jedi yang awal hidupnya dikenal baik.

Dengan lebih dari sepuluh film, puluhan video game, ratusan buku komik, dan cerita, tentunya misteri tentang kekuatan the Force sangatlah banyak. Tapi justru misteri itulah yang membuat cerita Star Wars menjadi sangat menarik. Lucasfilm pun sejauh ini jarang  memberikan penjelasan terkait hal-hal yang ada di dunia Star Wars. Mungkin Lucasfilm ingin agar para penggemarnya berpikir sendiri dan mengeluarkan teori-teori liar mereka.

FOLLOW US