Sebuah kabar gembira akhirnya datang, Justice League versi Snyder Cut akan segera dirilis! Setelah penantian selama 3 tahun dan petisi online yang berhasil mengumpulan banyak suara dengan title “Release the Snyder Cut” muncul, Warner Bros akhirnya bergeming dan kini tengah bersiap untuk merilis versi Justice League yang diinginkan para penggemar.

Tapi, mungkin juga ada diantara kalian yang penasaran mengapa “Snyder Cut” sangat ditunggu dan memiliki gerakan dukungan yang masif. Apa yang membuat versi ini dianggap spesial oleh para penggemar? Untuk itu, mari kita flashback ke momen saat Justice League memasuki proses pasca produksi.

Saat itu Zack Snyder, sutradara awal Justice League, mengundurkan diri dari proyek film tersebut setelah memasuki proses pasca produksi. Zack mengundurkan diri karena sebuah insiden yang mengakibatkan putrinya meninggal. Jadi bisa dibilang jika mundurnya Zack bukan karena perbedaan visi dengan studio, seperti kasus yang umum terjadi jika seorang sutradara mengundurkan diri dari filmnya. Zack kemudian digantikan oleh sutradara Avengers (2012), Joss Whedon. Segala sesuatu tampak lancar, tapi begitu film ini dirilis pada November 2017, penggemar merasa tidak puas dengan film ini yang tampak sangat ringan, lebih “komedi”, dan alur cerita yang terkesan dipaksakan untuk menjadi singkat.

Hal itu membuat sebagian penggemar berpikir bahwa kontribusi Whedon-lah yang membuat Justice League mengecewakan, apalagi setelah Whedon datang, para aktor dan aktris menjalani beberapa reshoot yang dinilai merubah visi Snyder. Setelah itu pula, beredar kabar jika visi Zack Snyder yang sebenarnya untuk film ini adalah membuat film Justice League yang lebih kompleks, dengan tone gelap dan penjajakan karakter yang lebih lengkap. Setelah Zack mengkonfirmasi bahwa hal tersebut benar, maka para penggemar memulai sebuah kampanye agar pihak studio merilis versi “Snyder Cut” yang akhirnya terealisasikan pada tahun 2021 nanti.

Namun apa sebenarnya perbedaan mendetail dari versi theaterical yang rilis November 2017 lalu dengan versi “Snyder Cut”? Jika merunut kabar-kabar yang telah lalu. Perbedaan paling mendasar adalah durasi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, film versi theaterical memiliki cerita yang terkesan dipaksakan dengan potongan disana-sini. Sedangkan menurut kabar yang beredar, versi “Snyder Cut” memiliki durasi sekitar 3,5 jam. Artinya sekitar 1,5 jam lebih lama dari versi theaterical.

Dari masalah durasi saja kita tahu bahwa ada penalaran cerita yang lebih detail yang diinginkan Snyder dalam filmnya. Setelah itu, dari durasi 3,5 jam juga kita kemungkinan disuguhkan dengan “janji” Snyder yang menyertakan beberapa karakter DC lainnya. Katakanlah seperti Martian Man Hunter, Green Lantern Hal Jordan, dan The Atom yang tujuannya memperkenalkan ekspansi DC Extended Universe ke ranah yang lebih luas.

Selain itu juga, tone dan cerita yang lebih gelap mungkin akan menampilkan versi Batman seperti yang diidamkan oleh para penggemar, juga mempertahankan tone yang telah ada dari film-film DCEU sebelumnya seperti Man of Steel dan Batman vs Superman.

Namun yang paling penting adalah cerita yang lebih berbobot dan kompleks. Pada versi theaterical, banyak keluhan mengenai penalaran cerita karakter lama dan karakter baru seperti The Flash dan Aquaman yang tidak terlalu baik. Juga dengan proses pemotongan cerita yang terkesan dipaksakan dan singkat, membuat ekspektasi banyak orang “runtuh”. Hal itu mungkin akan ditebus dengan durasi sepanjang 3,5 jam yang dijanjikan. Oh ya, ini juga termasuk dengan kehadiran “Black Superman” yang sebelumnya ditunggu-tunggu para penggemar, kemungkinan mengungkap kehadiran Knightmare di BvS, juga tease dari Darkseid yang seharusnya muncul di akhir film ini.

Nah, setelah berbagai hal itu, mungkin masih ada banyak kejutan-kejutan lain yang bisa kita temukan dari versi “Snyder Cut”, tinggal dari segi cerita, apakah versi ini akan menjawab ekspektasi kita pada Justice League dengan baik? Tentunya masih harus kita tunggu sampai 2021 nanti. Sekarang yang bisa kita lakukan adalah memantau berbagai update terbaru dari “Snyder Cut” ini. Stay tune di Greenscene.co.id karena berita terbaru mengenai “Snyder Cut” dan pop culture entertainment lainnya bisa kamu dapatkan disini Geeks!