Tema tentang kiamat atau akhir dari dunia, menjadi salah satu tema yang menarik bagi industri perfilman Hollywood. Melalui film tersebut, penonton diajak untuk berimajinasi apa yang terjadi dengan dunia ini bila bumi mengalami sebuah bencana kiamat seperti yang ditunjukan di filmnya. Meskipun sebagian berisi tentang pesan untuk menjaga alam (seperti The Day After Tomorrow), sebagian lainnya murni fiksi ilmiah. Berikut adalah berbagai peristiwa kiamat yang terjadi di film.

Tidak Bisa Berkembang Biak (Children of Men)

Film Children of Men memperlihatkan kita pada sebuah cerita kelam dari manusia yang harus menghadapi kepunahan mereka sendiri. Semua penduduk bumi diceritakan tidak bisa berkembang biak, kecuali salah satu ibu yang sedang mengandung anaknya yang kemudian menjadi harapan besar bagi seluruh umat manusia. Sebenarnya masih belum diketahui apa penyebab hal itu terjadi kepada manusia (dalam ceritanya), tapi kemungkinan apa yang muncul dalam cerita diakibatkan oleh manusia yang terpapar radiasi.

Anti-Kristus (The Omen dan Left Behind)

Film-film seperti The Omen dan Left Behind memberikan gambaran tentang kiamat yang diakibatkan oleh manusia itu sendiri. Putra iblis menyusun rencana agar manusia saling membenci satu sama lainnya, saling serang yang mengakibatkan kepunahan ras mereka sendiri. Jika memang iblis atau setan berhasil menguasai dunia, tidak diragukan lagi bumi akan menjadi mimpi buruk dan neraka bagi penghuninya yaitu manusia. Dan ras manusia pun akan punah akibat ulah mereka sendiri.

Munculnya Pengganti Sosok Manusia (Invasion of The Body Snatchers, The Thing)

Dalam sebagian cerita invasi alien ke bumi, penonton selalu diperlihatkan dengan peluang kecil manusia untuk menang atau bisa membalikan keadaan melawan alien. Biasanya alien digambarkan memiliki kelemahan seperti virus, kebutaan, suara, air, dan sebagainya. Tapi, dalam skenario mengerikan lainnya alien bisa saja menyamar menjadi manusia tanpa kita sadari. Perlahan mereka mulai menggantikan posisi manusia yang asli di bumi.

Dalam film Invasion of the body Snatchers dan The Thing, kita diperlihatkan skenario dimana alien menyamar dengan baik dan membaur dengan manusia yang lain. Dalam film Invasion of the body Snatchers versi 1970an, diceritakan bahwa umat manusia sudah sangat terlambat untuk mengatasi kedatangan alien ini. Sudah tidak ada lagi harapan yang bisa dilakukan, karena mereka tidak menyadari akan hal ini.

Penghancuran Total (Annhiliation)

Dalam film dan novel Annihilation, kiamat digambarkan bisa dihindari atau dicegah. Tapi, sebuah zona besar yang disebut sebagai the Shimmer akan menghadirkan kembali berbagai realita sebelumnya dalam versi yang lebih mengerikan, dan menjadi sebuah mimpi buruk.

Kita mungkin bisa selamat ketika berada di the Shimmer, tapi apapun hal atau bentuk kita di zona tersebut itu bukanlah 100% kita. Bisa jadi hal itu merupakan bagian dari diri kita yang menyatu dengan hal lain. Bisa jadi organ yang ada di dalam tubuh seseorang tiba-tiba hidup dan memangsa tubuh orang tersebut.

Tabrakan Planet (Melancholia)

Mungkin untuk kiamat ini memang menjadi sebuah mimpi buruk bagi manusia dan seluruh isi bumi. Ketika bumi dihantam atau menghantam sebuah benda langit yang ukurannya sama dengan bumi, maka sudah tidak ada hal lain yang bisa dilakukan oleh manusia selain berdoa. Hal inilah yang coba ditampilkan dalam cerita horror karya lars Van Trier, Melancholia.

Film ini menghadirkan cerita tentang karakter utama dimana mereka sadar bahwa dalam beberapa hari kedepan, tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk menghindari tabrakan bumi. Manusia tidak bisa mengebor asteroid tersebut dengan nuklir seperti di film Armageddon. Dampak yang dihasilkan dari tabrakan tersebut akan menghapus seluruh kehidupan di bumi, bahkan menghancurkan bumi itu sendiri.  Jadi, inilah yang mungkin bisa disebut sebagai kiamat yang sebenarnya.

FOLLOW US