Spongebob SquarePants merupakan karakter kartun ciptaan Stephen Hillenburg yang sangat fenomenal dan populer, sejak pertama kali tayang pada 1999. Dengan sudah lebih dari dua dekade, perubahan besar tentu banyak diberikan kepada para karakter yang ada di dalamnya termasuk Spongebob. Hal inilah yang memunculkan sebuah teori yang berkembang di kalangan para fans, yang bahkan sempat ditanggapi oleh mendiang Stephen Hillenburg.

Meskipun menjadi seri kartun yang paling populer, sayangnya sekarang kualitas tayangan seriesnya mulai menurun. Hal inilah yang membuat para fans meyakini bahwa Spongebob yang muncul saat ini, bukanlah Spongebob yang dulu muncul di musim perdana. “Penurunan kualitas” dari series Spongebob dimulai sejak musim keempatnya, musim terbaru setelah film Spongebob SquarePants Movie yang pertama.

Musim tersebut menjadi musim pertama juga bagi series Spongebob tanpa adanya campur tangan Stephen Hillenburg (serta tim produksi di awal series). Menurut teori yang berkembang di kalangan para fans, Spongebob Squarepants yang asli sudah tewas di musim keempat tersebut akibat kemunculannya di film pertama Spongebob.

Spongebob memang merupakan sosok yang kekanak-kanakan diantara para karakter lainnya yang dewasa (kecuali Patrick). Tapi, hal itu tetap membuatnya ceria dan lucu sejak awal kemunculannya.  Tapi, ketika seriesnya mulai mengalami perubahan karakter Spongebob justru berubah drastis. Dia bukan lagi sosok yang lucu dan kekanak-kanakan, tapi justru semakin bodoh.

Seluruh humor yang diselipkan pun mulai tidak lagi secerdas di awal series. Humor yang ditampilkan lebih kepada humor fisik dan yang menampilkan hal yang dianggap menjijikan. Perubahan dari sikap dan perilaku Spongebob inilah yang kemudian membuat para fans memunculkan teori, jika sebenarnya Spongebob yang asli sudah tewas. Sosok Spongebob yang asli dianggap sudah tewas di film pertamanya.

Mereka juga beranggapan bahwa Spongebob bisa berkembang biak sendiri, seperti makhluk laut lainnya, yang kemudian menjelaskan mengapa Spongebob selalu terlihat muda. Hal tersebut dikarenakan yang muncul merupakan hasil kloning dirinya. Stephen Hillenburg kemudian pernah mengatakan bahwa mulai musim keempat, semua episodenya akan menceritakan prekuel Spongebob, sebelum tiga musim pertama dan filmnya.

Pernyataan Hillenburg juga bisa menjadi penjelasan mengapa tidak ada kelanjutan cerita tentang apa yang terjadi di filmnya. Contohnya, kita tidak tahu apa yang terjadi dengan Krusty Krab 2. Sosok Spongebob yang lebih muda dibandingkan dengan versi yang tampil di awal kemunculannya, bisa menjadi alasan yang baik tetang perubahan sikap dan perilaku ini. Tapi, teori tentang Spongebob yang mati juga bisa menjadi penjelasan yang menarik. Bagaimana menurut kalian Geeks?